Tips Cara Memilih Kartu Kredit Bagi Pemula

Mungkin sebagian dari Anda kini banyak yang membutuhkan kartu kredit. Peminatnya pun semakin banyak, terlihat sejak tahun lalu pengguna kartu kredit telah melonjak hingga 16,5 juta orang. Namun dalam memilih menggunakan kartu kredit tentu saja dibutuhkan pengetahuan yang lebih mendalam.

Masih banyak pengguna yang memanfaatkan kartu kredit tidak dibarengi dengan pengetahuan dan informasi yang cukup, khususnya bagi Anda para pemula. Tentunya setiap pengguna membutuhkan jenis kartu berbeda-beda, sesuai dengan cashback, rewards, dan promonya. Tetapi mesti diingat, kartu kredit dibayar belakangan, sehingga jika Anda berurusan dengan sejumlah utang, maka Anda akan langsung berurusan dengan pihak bank.

Oleh sebab itu Tips Dani akan membagikan tips cara memilih kartu kredit bagi pemula yang dapat Anda pelajari sbb:

1. Dasar pemakaian

Kartu kredit adalah sebuah instrumen cara pembayaran non-tunai, yang pada umumnya hampir semua bank akan menawarkan produk kartu kredit disertai dengan aneka promo yang menggiurkan, seperti diskon pada saat Anda makan di sebuah restoran atau berbelanja di toko tertentu, dsb.

Pada dasarnya, kartu kredit merupakan sebuah alat pembayaran yang memberikan fasilitas kemudahan dalam pembayaran dengan menggunakan sistem cicilan atau bayar di belakang.

Sebelum Anda mengajukkan penggunaan kartu kredit ke bank, maka ada baiknya Anda harus mengetahui dasar-dasar, prosedur pemakaian, keunggulan, dan kerugian yang dimiliki setiap produk kartu kredit, agar kesempatan untuk memaksimalkan penggunaan kartu kredit Anda semakin besar. Anda bisa juga mengetahui informasi tersebut dari panduan di internet.

2. Buatlah tujuan yang jelas

Pikirkanlah, mengapa Anda harus memiliki sebuah kartu kredit?, apa tujuan Anda ingin membuat kartu kredit?, apakah karena Anda suka berbelanja?, karena jika memang Anda suka berbelanja, maka carilah kartu kredit yang menawarkan banyak promo, diskon, dan cashback di merchant-merchant perbelanjaan. Apakah Anda suka bepergian atau travelling?, maka carilah kartu kredit yang memberikan promo potongan harga saat menginap di hotel atau saat membeli tiket pesawat.

3. Cek limitasinya

Sesuaikan limit kartu kredit yang akan Anda pilih dengan pendapatan bulanan Anda. Perlu diingat bahwa kartu kredit bukanlah uang tambahan. Jadi Anda tetap tidak bisa berbelanja barang dengan harga yang melebihi limit dari kartu kredit tersebut.

Sebagai contoh, jika kartu kredit Anda memiliki limit sebesar 6 juta rupiah, maka Anda hanya bisa memakai kartu kredit tersebut untuk berbelanja di bawah limit yang telah ditentukan. Limitnya haruslah cukup, karena setiap nilai transaksi belanja Anda akan dipotong langsung dari limit kartu kredit tersebut, dan Anda akan membayarnya dengan cara mencicil belakangan. Sehingga jika Anda membeli sebuah laptop seharga 4 juta rupiah, dan pada saat kartu kredit Anda digesek, maka limit akan berkurang menjadi 2 juta rupiah. Ketika akhir bulan tagihan datang, maka angka yang tertulis akan menunjukkan hasil dari 4 juta rupiah dibagi 12 bulan. Jika record pembayaran Anda lancar, atau dengan kata lain tidak pernah telat membayar, maka pihak bank akan segera menghubungi Anda untuk menaikkan limit kartu kredit Anda.

4. Suku bunga rendah

Hal inilah yang biasanya dicari pertama kali oleh para calon pemegang kartu kredit, yaitu jumlah suku bunga yang rendah atau di bawah 2,95% seperti 2,75% atau 2,85%. Jika memang ada bank yang menawarkan kepada Anda kartu kredit dengan bunga seperti ini dan telah ada jalinan kerjasama dengan berbagai merchant untuk memberi cicilan kepada Anda hingga 0%, maka segera pilihlah kartu kredit ini.

5. Periksa kelengkapannya

 Ketika kartu kredit pada akhirnya telah berada di tangan Anda, sebaiknya janganlah melakukan aktivasi dalam bentuk apapun sebelum Anda memeriksa secara menyeluruh terhadap kelengkapan dan ketepatan data yang ada. Misalnya apakah nama Anda yang tercetak telah sesuai dengan KTP, SIM, atau Paspor Anda? Karena jika tidak maka akan menyulitkan Anda di kemudian hari karena Anda harus menghubungi kembali pihak bank, dan tentu ini akan membuang waktu Anda yang sangat berharga.

Hal yang juga penting untuk digaris bawahi adalah bahwa bank tidak akan pernah langsung mengambil kartu kredit yang bermasalah ke rumah Anda. Dengan demikian maka secara otomatis sistemlah yang akan menonaktifkan kartu Anda tersebut.

Demikian tips yang bisa saya bagikan untuk Anda, dan kiranya Anda harus benar-benar memperhatikan tips-tips di atas. Pilihlah kartu kredit yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda, serta pilih layanan terbaik yang diberikan kepada Anda, jangan pernah memilih kartu kredit yang banyak kelemahannya, pelajari juga cara penggunaannya.

Tips yang terpenting yaitu gunakanlah kartu kredit Anda dengan bijaksana.

Tips Cara Memilih Kartu Kredit Bagi Pemula | MicroSiv | 4.5