Tips Cara Gampang Menaikan Limit Kartu Kredit

Di Finansial

Salah satu dari kemudahan yang dapat dirasakan masyarakat di jaman sekarang yaitu kemudahan dalam urusan berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Bank menerbitkan kartu kredit sebagai sarana pembayaran yang dapat memudahkan para nasabahnya untuk bertransaksi dan melakukan pembelian suatu barang dengan sejumlah dana pinjaman dalam kartu kredit.

menguasaienglish

Dana pinjaman pada kartu kredit dikenal dengan istilah limit atau batas nominal. Nilai limit dari sebuah kartu kredit jumlah nominalnya sangatlah beragam. Sebagai contoh misalnya ada kartu kredit yang mempunyai limit 15 juta rupiah, 40 juta rupiah, 80 juta rupiah, atau bahkan ada yang mencapai diatas 100 juta rupiah. Nilai limit dalam sebuah kartu kredit tergantung daripada penawaran pihak bank yang menerbitkan kartu kredit tersebut. Dan aturan yang pasti adalah bahwa Anda tidak dapat menggunakan kartu kredit melebihi dari nilai limit-nya.

Jika Anda menggunakan kartu kredit melebihi dari nilai limit-nya, maka yang terjadi adalah kartu kredit tersebut tidak akan dapat digunakan lagi atau istilahnya over limit. Namun taukah Anda bahwa jumlah nilai limit pada sebuah kartu kredit bisa ditambah atau dinaikkan? Misalnya untuk beberapa urusan finansial tertentu, mungkin suatu saat Anda butuh untuk menaikkan jumlah nilai limit pada kartu Anda, agar kartu kredit tersebut bisa dipergunakan dalam nilai transaksi yang lebih tinggi tentunya.

Nah sobat Tips Dani…, meneruskan bahasan saya tempo hari tentang Tips Cara Memilih Kartu Kredit Bagi Pemula, maka Tips Dani kali ini akan membahas sebuah tips bagi Anda yang berminat untuk menaikkan nilai limit dari sebuah kartu kredit. Silahkan Anda simak beberapa tips berikut ini agar pengajuan kenaikan limit kartu kredit Anda disetujui oleh pihak bank.

1. Menghubungi pihak bank

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengajukan permohonan kenaikan limit kartu kredit yaitu menghubungi pihak bank penyedia kartu kredit Anda. Lalu ajukanlah permintaan Anda untuk menaikan limit kartu kredit milik Anda. Pihak bank tentunya akan menanyakan apa alasan Anda ingin menaikan limit kartu kredit tersebut? Jika memang demikian, mala jawablah pertanyaan dari pihak bank dengan jujur. Misalnya Anda bisa menjawab dengan alasan untuk keperluan modal usaha, atau kepentingan lainnya yang sifatnya penting.

2. Gunakanlah limit kartu kredit Anda semaksimal mungkin

Secara tidak langsung penggunaan limit dari kartu kredit Anda akan berpengaruh pada sikap bank untuk menyetujui pengajuan kenaikan limit yang Anda minta. Artinya bahwa Anda harus menggunakan limit kartu kredit yang Anda miliki semaksimal mungkin, bukan berarti sampai limit-nya habis, tetapi gunakanlah hanya dalam batas wajar pemakaian. Sebagi ilustrasi, jika misalnya limit kartu kredit Anda 15 juta rupiah, maka sebaiknya Anda menggunakan kartu kredit tersebut hingga di kisaran 12 juta rupiah saja. Maka dengan begitu pihak bank akan menilai bahwa Anda adalah seorang pengguna kartu kredit yang bersifat aktif dan hampir melewati limit yang telah diberikan. Dengan asumsi tersebut akan memudahkan Anda mendapatkan persetujuan kenaikan limit dari pihak bank.

3. Buatlah sebuah kartu kredit lainnya sebagai nilai tambah

 Cara yang satu ini bisa menjadi cara paling efektif agar kenaikan limit kartu kredit Anda disetujui. Anda dapat membuat sebuah kartu kredit baru dari pihak bank lain untuk melakukan pancingan agar limit kartu kredit Anda bisa dinaikan. Sebagai ilustrasi, jika kartu kredit pertama Anda dari bank A dengan limit 9 juta rupiah, maka Anda bisa melakukan pembuatan kartu kredit yang lain dari bank B dengan nilai limit yang tentunya lebih tinggi dari bank A. Jadikanlah limit pada kartu kredit yang sebelumnya sebagai parameter kartu kredit yang baru dengan nilai limit yang lebih tinggi. Cara ini juga dapat membuat Anda memiliki lebih dari sekedar 1 kartu kredit, dan itu berarti bahwa limit penggunaan kartu kredit Anda pun akan bertambah tentunya.

4. Bayarlah kartu kredit Anda secara tepat waktu

Ketepatan waktu ketika membayar tagihan kartu kredit Anda tentunya akan menjadi perhatian pihak bank dalam memberikan persetujuan kenaikan limit kartu kredit kepada Anda. Biasakanlah untuk tidak telat setiap Anda membayar tagihan kartu kredit setiap bulannya, dan bayarlah secara tepat waktu.

5. Sesekali jangan dulu membayar lunas kartu kredit anda

Membayar lunas tagihan kartu kredit adalah kewajiban setiap pemegang kartu kredit, namun apa jadinya jika seumpama Anda tidak membayar lunas semua tagihan? Apakah hal ini akan merusak kepercayaan bank terhadap Anda? Atau justru malah sebaliknya membuat citra Anda baik di mata pihak bank? Jawabannya ternyata dengan tidak membayar secara lunas sekaligus tagihan kartu kredit Anda, maka pihak bank sebenarnya akan diuntungkan dari perolehan bunga tagihan yang dibebankan kep[ada Anda. Hal ini tentunya membuat Anda mendapatkan perhatian lebih dari pihak bank, karena mereka menganggap bahwa Anda adalah nasabah yang sangat menguntungkan bagi mereka. Namun saya sarankan janganlah terlalu sering melakukan trik ini, karena di sisi lain Anda akan mengalami kerugian akibat membayar bunga kepada pihak bank.

6. Pergunakanlah kartu kredit Anda minimal 1 tahun

Jika Anda memakai kartu kredit selama 1 tahun, maka pihak bank akan beranggapan bahwa Anda adalah nasabah yang aktif. Dengan begitu secara otomatis jika Anda meminta pengajuan kenaikan limit kartu kredit, maka pihak bank akan segera mempertimbangkannya.

7. Ajukan kenaikan limit kartu kredit jika memang sangat dibutuhkan

Kesimpulan dari semua tips yang telah saya berikan adalah bijaklah dalam setiap melakukan pengajuan kenaikan limit kartu kredit. Anda harus mempertimbangkannya dengan sangat bijaksana jika hal tersebut memang dirasa sudah sangat perlu dan menyangkut kepentingan hidup Anda. Akan tetapi jika memang dirasa kurang perlu atau hanya untuk sekedar nafsu konsumtif Anda, maka sebaiknya menaikkan limit kartu kredit tidak perlu Anda lakukan.

Demikian tips tentang menaikkan limit kartu kredit yang bisa saya bahas kali ini. Saya menyarankan akan sangat lebih baik jika Anda hidup secara sederhana saja. Banyaklah bersyukur, dan nikmati rizki Anda sekecil apapun. Mempunyai kartu kredit sebenarnya merupakan masalah baru, terlebih akan membebani ekonomi Anda di kemudian hari. Tips ini hanya boleh dilakukan jika Anda memang sangat membutuhkannya, dan Anda adalah orang yang mampu secara finansial dengan segala bentuk tagihan yang akan Anda bayar di kemudian hari.

Semoga bermanfaat…

menguasaienglish

author
Penulis: 
Tips Cara Memilih Kartu Kredit Bagi Pemula
Tips Cara Memilih Kartu Kredit Bagi Pemula
Mungkin sebagian dari Anda kini banyak yang
Belajar Cara Menggunakan Kartu ATM Dengan Aman
Belajar Cara Menggunakan Kartu ATM Dengan Aman
Kartu ATM adalah salah satu fasilitas perbankan
Tips Mengubah Gaya Hidup Anda Agar Lebih Hemat
Tips Mengubah Gaya Hidup Anda Agar Lebih Hemat
Setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk bisa

Tinggalkan pesan "Tips Cara Gampang Menaikan Limit Kartu Kredit"

Baca Juga×

Top