Tips Rahasia Untuk Menjadi Seorang Hacker Profesional

Pasti kamu sudah sangat sering mendengar kata “hacker” kan? Banyak sekali loh orang di dunia maya ini yang bercita-cita menjadi seorang hacker profesional, mungkin termasuk kamu diantaranya. Tapi, sebelum kita memperlajari bagaimana cara menjadi seorang hacker yang profesional, lebih baik kita pahami dulu apa itu yang dimaksud dengan hacker?, dan apakah seorang hacker kerjanya hanya bisa merusak sebuah sistem?

Banyak pendapat di masyarakat, khususnya orang yang masih awam, pasti mengira bahwa seorang hacker hanyalah orang yang jahat yang kerjanya hanya merusak sistem serta melakukan pencurian terhadap data-data penting milik orang lain. Padahal pada kenyataannya tidaklah seperti itu. Sebenarnya mereka yang kerjanya hanya bisa merusak sebuah sistem disebut sebagai “cracker”. Untuk itu silahkan kalian simak ulasan tips saya mengenai “hacker” dan “cracker” agar kamu lebih paham dan tidak tertukar.

Aliran Black Hat atau istilah yang sering orang sebut sebagai cracker adalah sebuah jenis profesi seorang hacker yang menggunakan keahlian IT-nya hanya untuk merusak sebuah sistem lalu melakukan pencurian terhadap data yang ada di dalamnya hanya demi kepuasan yang bersifat pribadi. Sementara itu, White Hat adalah istilah kebalikan dari Black Hat. Seorang hacker yang beraliran White Hat akan menggunakan keahlian IT-nya hanya untuk sesuatu yang berguna dan biasanya mereka cenderung untuk memberikan ilmu serta informasi yang bermanfaat untuk dipelajari.

Nah, sekarang kalian sudah tahu tentang perbedaan definisi antara hacker dan cracker kan? Jika saat ini kalian tertarik untuk menjadi hacker profesional? Jika iya, maka saya akan melanjutkan bahasan ini, yang akan memberi tahu kamu cara menjadi seorang hacker profesional.

Menguasai beberapa bahasa pemrograman

Syarat pertama untuk menjadi seorang hacker adalah harus memahami serta menguasai dulu beberapa bahasa pemprograman. Di dunia IT terdapat banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang harus dipejari jika kalian benar-benar serius ingin menjadi hacker profesional, sebagai contoh misalnya kamu harus menguasai PHP, Javascript, HTML, CSS, dsb.

Kalian mesti memahami dengan baik bahasa pemrograman tersebut, mulai dari struktur kodenya yang ada di dalamnya, hingga smua fungsi dari kode-kode tersebut. Untuk bisa menguasai hal tersebut, maka kalian harus rajin-rajin membaca dari berbagai buku, serta sumber refrensi, seperti dari internet misalnya banyak sekali situs-situs yang memberikan pelajaran gratis tentang berbagai bahasa program, dan pelajarilah dengan sungguh-sungguh.

Mampu mengoperasikan berbagai software

Jika kamu sudah menguasai beberapa bahasa pemrograman, maka selanjutnya adalah kamu harus mahir menggunakan software tertentu khususnya yang berhubungan dengan sistem. Tujuannya tidak lain agar bisa menemukan sebuah celah untuk bisa masuk ke dalam sebuah sistem yang menjadi target hacking kamu.

Menguasai teknik jaringan komputer

Selain bahasa pemrograman dan software, kalian pun harus memahami dan menguasai tentang jaringan sebuah sistem komputer. Hal ini sangat berguna untuk mencari celah yang ada pada sebuah sistem agar kamu bisa leluasa memasuki sistem tersebut. Terdapat banyak sekali jenis protocol jaringan yang harus kalian kuasai, seperti IP/TCP, FTPs, HTTPS, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Gunakanlah untuk kebaikan yang sifatnya bermanfaat

Jika kamu merasa sudah sangat mahir, maka mulailah untuk beraksi dengan cara menyerang serta memasuki sebuah sistem milik orang lain yang telah menjadi target kamu. Tapi ingat…!!! gunakanlah keahlianmu ini hanya untuk hal-hal yang bernilai kebaikan dan jangan sampai merugikan orang lain karena hukumnya dosa.

Semua orang bisa saja menjadi seorang hacker, termasuk kamu apabila memang memiliki niat yang kuat, serta selalu konsisten dalam belajar, tekun dan pantang menyerah. Perlu kalian ketahui, bahwa seorang bisa tergolong jahat atau baik tergantung dari niat orang tersebut. Sebenarnya banyak sekali hal baik, bermanfaat, serta maslahat yang bisa kamu kerjakan jika kamu menjadi hacker profesional, contohnya seperti membantu pemerintah dalam memberantas kejahatan di dunia maya atau cyber crime.

Tips yang terpenting adalah bahwa semua perbuatan yang kamu lakukan aka nada resiko serta tanggung jawabnya di dunia maupun di akhirat kelak. Jadi bijaksanalah ketika kalian melakukan sesuatu dengan keahlian yang dimiliki, lebih baik digunakan untuk membantu orang lain, selain akan bermanfaat maka kamu juga akan mendapatkan pahala.

Tips Rahasia Untuk Menjadi Seorang Hacker Profesional | MicroSiv | 4.5