Tips Pengetahuan Dasar Memilih Inline Skate Yang Benar Untuk Pemula

Di Inline Skate

Pada dasarnya saya memberikan tips kali ini berdasarkan pengalaman saya pribadi ketika hendak membeli dan ketika sudah membeli sebuah Inline Skate. Seperti kita tahu bahwa olahraga Inline Skate akhir-akhir ini banyak sekali digemari oleh anak-anak, remaja, bahkan dewasa. Setelah di tahun 90-an jenis olahraga Inline Skate ini sempat booming, kemudian vakum, dan sekarang booming kembali.

menguasaienglish

Namun banyak orang yang keliru dalam memilih Inline Skate, contohnya seperti anak-anak menginginkan sebuah Inline Skate type Speed ber-diameter roda 110 mm dengan kecepatan rata-rata antara 40-70 km/jam. Tapi kenyataannya mereka belum pernah meluncur diatas Inline Skate sekalipun. Contoh lain yaitu ada anak kecil yang memakai Inline Skate type Hockey yang ia digunakan di area Skate Park, dan ini benar-benar sangat salah fungsi. Oleh sebab itu, saya tertarik untuk membuat artikel ini sebagai bentuk berbagi pengalaman dengan Anda yang mungkin saat ini tertarik dengan Inline Skate.

Jika Anda adalah seorang pemula, maka sebelum Anda membeli sebuah Inline Skate ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:

Apa tujuan anda membeli Inline Skate?

Pertanyaan yang paling mendasar untuk seorang pemula ketika hendak membeli Inline Skate adalah “Mau dipake untuk apa Inline Skate-nya?” atau “Type Inline Skate seperti apa yang Anda inginkan?”. Karena kebanyakan orang hanya membeli Inline Skate tanpa tahu fungsinya. Oleh karena itu Anda harus tahu dulu berbagai macam type Inline Skate beserta fungsinya, sbb:

  •  Fitness/Recreational
    yaitu type Inline Skate yang digunakan untuk sekedar olahraga ringan atau lari-lari jogging.
  • Trainning & Semi Race
    yaitu type Inline Skate yang digunakan untuk sekedar berlari dan latihan mengendurkan otot-otot kaki.
  • Speed Indoor & Outdoor
    yaitu type Inline Skate yang digunakan untuk sebuah event lomba balap lari
  • Dirt
    yaitu type Inline Skate yang digunakan di area permukaan yang kasar, seperti tanah atau rumput.
  • Hockey
    yaitu type Inline Skate yang digunakan untuk pertandingan olahraga Hockey pada lapangan outdoor dengan area permukaan yang halus.
  • Aggressive
    yaitu type Inline Skate yang digunakan untuk olahraga Extreme dan Freestyle, seperti Grind, Backflip, Airgrab, dsb.
  • Freestyle/Urban
    yaitu type Inline Skate gabungan antara type Fitness dan type Aggressive yang digunakan untuk aksi Freestyle di jalanan, namun tidak bisa digunakan untuk Grind.
  • Slalom
    yaitu type Inline Skate yang digunakan oleh para Balerina untuk melakukan aksi meliuk-liuk pada tari balet.

 Sesuaikan dengan tingkat kemampuan Anda

Pertanyaan selanjutnya “Apakah anda sudah pernah menggunakan Inline Skate sebelumnya?”. Jika memang belum pernah, maka ada baiknya Anda mulai untuk belajar dasar-dasar dari Inline Skate terlebih dahulu. Tujuannya yaitu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada saat Anda bermain Inline Skate. Tingkat kemahiran seseorang dalam bermain Inline Skate terbagi ke dalam beberapa kelompok sbb:

  • Newbie
    adalah orang yang baru mulai bermain Inline Skate, dan belum pernah menggunakan Inline Skate sebelumnya.
  • Beginner
    adalah orang yang sudah mulai bisa bermain Inline Skate, namun masih dalam tahap belajar.
  • Medium
    adalah orang yang sudah lama bermain dan telah belajar banyak tentang Inline Skate.
  • Expert
    adalah orang yang sudah ahli dalam bermain Inline Skate dengan berbagai style-nya
  • Pro
    adalah orang yang sudah sangat mahir dan berpengalaman dalam bermain Inline Skate, bahkan sudah terbiasa menggunakan berbagai jenis type Inline Skate dengan segala kondisi lapangan yang berbeda, serta dapat menciptakan trick dan style baru yang unik.

Hasil apa yang Anda inginkan dalam bermain Inline Skate?

Pertanyaan berikutnya “Apakah anda hanya iseng bermain Inline Skate?” atau “Apakah anda ingin menjadi seorang atlet Inline Skate profesional?”. Jika memang tujuan Anda adalah menjadi seorang atlet Inline Skate profesional, maka Anda harus serius menjalani proses latihan secara rutin.

Berapa budget yang Anda dimiliki untuk membeli Inline Skate?

Pertanyaan yang gak kalah penting yaitu “Berapa budget yang Anda dimiliki untuk membeli Inline Skate?”. Jika Anda masih tergolong seorang pemula, maka saya sarankan untuk membeli Inline Skate type Fitness/Recreational, yaitu type Inline Skate yang digunakan untuk sekedar olahraga ringan atau lari-lari jogging dengan harga yang sangat terjangkau.

Berapa ukuran sepatu yang biasa Anda gunakan?

Pertanyaan terakhir adalah “Berapa ukuran sepatu yang biasa Anda gunakan?”. Jika Anda berniat membeli Inline Skate, usahakan untuk segera langsung dicoba seperti layaknya Anda membeli sebuah sepatu. Pilihlah ukuran Inline Skate yang pas dan nyaman di kaki Anda.

Oke sobat Tips Dani…, segitu dulu tips mengenai dasar Inline Skate yang harus Anda tahu, terutama untuk para pemula yang baru ingin membeli Inline Skate. Semoga bermanfaat, dan tentunya bermainlah Inline Skate dengan hati-hati di area yang semestinya aman untuk bermain.

menguasaienglish

author
Penulis: 
No related post!

Tinggalkan pesan "Tips Pengetahuan Dasar Memilih Inline Skate Yang Benar Untuk Pemula"

Baca Juga×

Top