Tips Mengubah Gaya Hidup Anda Agar Lebih Hemat

Setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk bisa memiliki uang yang banyak. Namun terkadang kebiasaan serta gaya hidup sehari-harilah yang membuat keinginan Anda itu sulit untuk menjadi sebuah kenyataan.

Padahal jika mau hidup banyak uang seperti itu, maka Anda harus mulai merubah kebiasaan dan gaya hidup, khususnya dalam menggunakan uang untuk berbelanja, seperti mengelola uang yang akan digunakan secara baik dan tepat, sehingga memungkinkan kondisi keuangan Anda akan sangat baik dari sebelumnya.

Berikut ini ada beberapa tips dan saran dari saya yang bisa Anda terapkan  tentang cara menghemat pengeluaran uang, sehingga hidup Anda akan menjadi lebih baik:

1. Menghentikan kebiasaan konsumtif

Ketika Anda merasakan adanya dorongan untuk membeli sebuah barang, sebaiknya pikirkanlah dan tanyakan kembali pada diri Anda, apakah Anda benar-benar memerlukan barang tersebut? Jika sudah mendapatkan jawabannya dan ternyata Anda memang sangat membutuhkan barang tersebut, maka silahkan untuk membelinya. Tetapi jika tidak perlu atau hanya sekedar ingin, lebih baik jangan dibeli.

Intinya adalah mulai untuk membangun kesadaran diri bila ada dorongan untuk membeli sesuatu, dan yakinkan bahwa keinginan untuk membeli itu hanyalah efek dari kebiasaan Anda saja. Serta mulailah berpikir secara rasional, karena hal ini akan membantu Anda untuk membuat keputusan yang jauh lebih baik dan Anda pun akan lebih menyadari dampak dari menghamburkan uang secara percuma.

2. Belanjalah secara cerdas

Dengan banyaknya informasi yang Anda terima di jaman sekarang ini, maka akan banyak pula kesempatan bagi Anda untuk dapat berbelanja secara lebih cerdas. Misalnya seperti membeli barang melalui online shop yang bisa langsung diantar ke tempat Anda, atau sekedar mencari diskon di internet sebagai bahan referensi Anda ketika akan berbelanja.

Contoh lain seperti membeli bahan makanan di suatu tempat yang harganya jauh lebih murah, seperti di pasar tradisional, membeli barang sekaligus dalam jumlah besar sehingga Anda akan mendapatkan harga yang murah, dsb.

3. Jangan pernah percaya iklan

Segala jenis pemasaran dan iklan biasanya sangat lihai dalam hal meyakinkan publik untuk membeli produknya, karenanya mulailah berpikir secara bijaksana, bangunlah kesadaran diri Anda agar Anda tidak gampang termakan iklan serta dapat menahan diri dari godaan iklan yang selalu membuat Anda merasa tertarik untuk membelinya.

4. Belajarlah untuk menanam sayuran sendiri

Jika Anda memiliki halaman atau taman yang cukup luas dan memungkinkan untuk menanam sayuran, maka tidak ada salahnya untuk sekedar menanam sayuran atau tumbuh-tumbuhan di halaman rumah Anda.

Hal ini bukan hanya membuat Anda bisa dekat dengan alam, tapi juga Anda akan tahu dari mana makanan Anda berasal, dan cara seperti ini pastinya akan membuat hidup Anda lebih sehat serta menghemat pengeluaran Anda.

5. Berjalan atau gunakanlah sarana transportasi umum

Mulailah merubah kebiasaan menggunakan kendaraan pribadi saat akan bepergian dengan berjalan atau menggunakan transportasi umum. Jika memang jarak yang akan ditempuh tidak terlalu jauh, maka akan lebih baik jika Anda berjalan kaki. Selain akan lebih sehat, tentu akan lebih hemat karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya transportasi

Saat ke kantor juga biasanya Anda mungkin mengendarai mobil, maka mulai sekarang cobalah untuk menggunakan transportasi umum. Penghematan dengan cara ini setidaknya bisa membantu Anda menghemat uang untuk membeli bbm, parkir kendaraan, biaya masuk tol, dsb.

6. Hapus anggaran bulanan yang tidak penting

Jika selama ini setiap bulan Anda mengeluarkan biaya bulanan untuk langganan atau keanggotan seperti gym, fitness, Koran, atau tv kabel yang tidak begitu penting. Maka mulai bulan depan cobalah untuk tidak lagi memakai semua layanan tersebut, karena tentu saja jika masih Anda lanjutkan maka hanya akan membuang-buang uang Anda dengan percuma.

Demikian tips sederhana yang dapat saya berikan untuk Anda. Sebenarnya masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi kreatif dan lebih hemat agar hidup Anda jadi lebih nyaman. Mulailah berpikir secara rasional saat Anda akan mengeluarkan uang, dan gunakanlah hanya untuk yang benar-benar Anda butuhkan dan bersifat penting saja.

Dan satu hal yang lebih penting adalah bahwa hidup hemat bukan berarti pelit. Perbanyaklah shodaqoh, infak, dan ber-wakaf, karena tidak akan berkurang harta Anda dengan memberi, malah akan lebih mendatangkan lagi rizki yang berlimpah serta halal.

Jazakallohu khoir…

Tips Mengubah Gaya Hidup Anda Agar Lebih Hemat | MicroSiv | 4.5