Tips Memilih Hosting Untuk Membangun Toko Online Professional

Berjualan di dunia maya atau istilah kerennya secara online melalui media internet dapat meningkatkan potensi pendapatan Anda. Dengan kemajuan teknologi saat ini, maka jangkauan terhadap para konsumen menjadi sangat lebar, atau bahkan tidak tertutup kemungkinan menjangkau pasar global.

Adapun para pelaku bisnis penjualan secara online saat ini rata-rata hanya menggunakan sosial media seperti facebook, instagram, twitter, dsb. Padahal jika saja mereka mau mencoba untuk membangun sebuah website pribadi, maka akan lebih lengkap rasanya bahkan jika dioptimasi secara baik, maka penjualan mereka pun sangat berpotensi untuk berkembang lebih besar lagi dibanding hanya dengan menggunakan sosial media saja. Hal ini dimungkinkan karena adanya peranan dari search engine atau mesin pencari seperti google yang mayoritas pada jaman sekarang setiap orang jika mencari sebuah informasi termasuk barang, maka mereka akan selalu menggunakan search engine google.

Nah…, ketika Anda memutuskan untuk mulai membangun sebuah toko online sendiri seperti website khusus yang akan digunakan sebagai online shop dari produk-produk yang akan Anda jual, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyewa sebuah layanan hosting yang bisa diandalkan.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan menyewa sebuah layanan hosting untuk toko online Anda agar lebih professional, diantaranya adalah :

  1. Layanan hosting yang Anda pilih harus bersifat “reliable”, atau adanya jaminan bahwa layanan hosting tersebut minim dari bermacam gangguan, serta mudah ketika Anda akan melakukan migrasi ke layanan lain.
  1. Harus memiliki kecepatan akses yang sangat besar, sehingga berapapun trafik situs toko online Anda nantinya, server hosting tersebut haruslah mampu untuk meng-handle-nya. Sekarang ini banyak sekali para penyedia layanan hosting yang menawarkan berbagai macam fitur. Maka untuk hal ini sebaiknya Anda memperhatikan perusahaan hosting yang menawarkan fitur-fitur penting seperti: akses kecepatan data transfer yang tinggi, unlimited space, serta unlimited bandwidth. Perlu diingat juga bahwa toko online Anda pastinya akan menyimpan banyak file berupa gambar, image, ataupun foto.
  1. Fitur layanan server yang memadai, telah suport terhadap berbagai programming tools serta aplikasi server misalnya seperti: MySQL, .php, Pearl, SSL, E-Mail, serta database lainnya.
  1. Jaminan keamanan server yang sangat kuat dari berbagai serangan para hacker, ataupun dari berbagai kejahatan cyber crime lainnya.
  1. Tersedia banyak pilihan script untuk CMS yang siap pakai, seperti: WordPress, Joomla, Drupal, Magneto, .NETframework, CodeIgniter, DBForum, Openchart, dsb.
  1. Melayani dukungan teknis dan memiliki customer service yang siap melayani 24 jam non-stop, cepat tanggap serta terpercaya. Jangan sampai ketika terjadi gangguan pada website Anda yang seharusnya berada dalam tanggung jawab penyedia layanan hosting, malah justru pihak penyedia layanan hosting tidak mampu menyelesaikan masalah dan tidak bertanggungjawab atas masalah yang sedang terjadi.
  1. Harga yang ditawarkan haruslah sepadan dengan fitur yang akan Anda terima. Banyaknya penyedia layanan hosting terkadang membuat bingung para pemula yang berencana ingin membangun sebuah website toko online, oleh karena itu Anda harus pintar dalam memilih.
  1. Support terhadap berbagai payment gateway, maka akan lebih memudahkan Anda ketika akan memilih layanan apa yang ingin Anda gunakan untuk membayar biaya sewa hosting tersebut. Misalnya sebuah perusahaan hosting haruslah support dengan payment gateway seperti: PayPal, Visa, Master Card, serta berbagai bank lokal yang terdapat di Indonesia, contohnya: BCA, Mandiri, BRI, BNI, dsb.
  1. Perusahaan hosting yang Anda pilih haruslah perusahaan yang telah credible, jika memang memungkinkan Anda harus juga mengenal secara personal dengan penyedia layanan hosting tersebut agar lebih meyakinkan.
  1. Domisili kantor layanan penyedia hosting tersebut haruslah jelas dan diketahui jika ada di dalam negeri. Tapi jika Anda memilih layanan penyedia hosting dari luar negeri, maka minimal Anda harus mengetahui dimana letak kantornya, bahkan lebih baik lagi jika Anda mengetahui dimana letak server hosting tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika Anda ingin menyewa layanan hosting untuk membangun sebuah website toko online secara professional.

Tips Memilih Hosting Untuk Membangun Toko Online Professional | MicroSiv | 4.5