Tips Cara Menggunakan Fitur Dasar di WhatsApp Messenger

Di Android

Tahukah Anda sobat Tips Dani bahwa aplikasi WhatsApp ternyata memiliki fitur yang tidak banyak diketahui orang. Sejumlah fitur ini bersifat tersembunyi, namun sebenarnya fitur ini dapat diakses oleh siapa saja jika mengetahui caranya.

menguasaienglish

Berikut ini akan saya berikan sedikit ulasan tentang beberapa fitur tersembunyi di WhatsApp, yang bisa Anda gunakan pada gadget yang Anda miliki, sbb:

  1. Last Seen
    WhatsApp telah memberikan izin kepada setiap pengguna untuk masing-masing bisa saling melihat waktu online terakhir. Namun jika Anda merasa fitur ini akan mengganggu privasi Anda, maka Anda dapat menonaktifkan fitur “last seen” tersebut.
    Caranya adalah pilih menu “Setting”, pilih tab “Account and Privacy”. Maka pada tampilan di layar Anda selanjutnya akan dibawa ke sebuah bilah menu “Last Seen”. Pilih tab tersebut, lalu akan tampil pilihan lain berupa pop-up.
    Selanjutnya, silahkan Anda pilih “Everybody” agar semua orang bisa melihat “Last Seen” Anda tersebut, atau pilih “My Contact” jika Anda hanya ingin agar orang yang berada dalam buku kontak saja yang bisa melihatnya, atau juga Anda bisa memilih “Nobody” jika ingin tidak seorang pun yang bisa melihat informasi Anda tersebut.
  1. Backup
    Saya yakin sewaktu-waktu Anda pasti butuh untuk  membuat cadangan data percakapan sehingga pada saat Anda akan berganti ponsel, maka semua hisori percakapan yang telah Anda lakukan sebelumnya tidak akan hilang atau bisa dipulihkan kembali.
    Caranya cukup mudah, yaitu dengan masuk ke menu pengaturan atau “Settings”, lalu carilah tab yang bertuliskan “Chat” dan “Chat Backup”. Maka di dalam menu tersebut Anda akan diberikan pilihan pengaturan untuk menyimpan cadangan data percapakan Anda ke dalam Google Drive.
    Cukup dengan memasukkan alamat akun Gmail Anda, dan mengatur agar aplikasi secara otomatis melakukan backup dalam durasi waktu tertentu sesuai keinginan Anda.
  1. Block
    Mungkin suatu hari Anda pernah merasa kesal karena sering mendapatkan pesan spam dari orang yang tidak dikenal? Jika ya jangan ragu untuk memblokir orang tersebut, maka selesailah masalah Anda tersebut. Dalam hal ini WhatsApp telah menyediakan fasilitas blokir kontak yang tak Anda inginkan dengan sangat mudah.
    Caranya adalah, silahkan Anda buka percakapan dengan orang yang hendak Anda blokir tadi. Lalu sentuh menu titik tiga di bagian kanan atas dan pilihlah tab yang bertuliskan “More”. Maka Anda akan menemukan pilihan “Block” di antara beberapa menu yang ada. Langsung klik, dan proses pemblokiran pun telah berhasil Anda lakukan terhadap kontak yang tidak Anda inginkan tersebut.
  1. Mention
    Istilah mention atau yang biasa orang sebut dengan mencolek adalah sebuah cara yang dilakukan oleh para pengguna social media atau instant messenger untuk membuat tautan terhadap sebuah nama akun atau identitas pengguna yang bertujuan untuk mendapatkan perhatian dari akun yang telah kita mention tersebut
    Fitur mention di WhatsApp bisa Anda gunakan khususnya jika Anda tergabung dalam sebuah grup tertentu, yaitu dengan cara membubuhkan atau menekan karakter “@” (tanpa tanda petik). Setelah Anda mengetik simbol “@” di sebuah kolom percakapan, maka semua deretan nama kontak yang telah tergabung dalam grup akan dimunculkan di layar, maka Anda dapat memilih salah satu dari daftar kontak yang dimunculkan oleh WhatsApp tersebut.
  1. Starred Messages
    Jika Anda ingin menyimpan atau mencatat sebuah informasi penting, contohnya seperti alamat rumah, no rekening, dsb. Anda bisa melakukannya dengan memberikan tanda bintang pada setiap percakapan yang ada di WhatsApp tersebut.
    Caranya adalah pilih pesan yang ingin Anda tandai, sentuh lalu tahan selama beberapa detik. Kemudian akan muncul tanda bintang pada bagian header WhatsApp, atau tepat berada disamping ikon delete, dan pilihlah tanda bintang tersebut.
    Jika suatu saat Anda ingin melihat semua pesan yang sudah ditandai bintang tadi, maka Anda cukup klik menu titik tiga yang berada di sudut kanan atas. Kemudian pilih tab menu yang bertuliskan “Starred messages”.
  1. Read Receipts
    Seperti kita tahu bahwa setiap pesan yang masuk dari lawan chat Anda di WhatsApp ketika Anda telah membacanya maka lawan chat Anda akan diberikan notifikasi berupa tanda centang “ü” berwarna biru atau biasa disebut dengan “read”. Namun jika sekiranya Anda tidak menginginkan lawan chat Anda tersebut mengetahui status pesan yang masuk ke WhatsApp Anda apakah statusnya sudah dibaca (“read”) ataukah belum. Maka Anda bisa menyembunyikan tanda “ü” atau “read” tersebut pada percakapan WhatsApp Anda.
    Caranya sangat mudah untuk menyembunyikan tanda “ü” atau “read” tersebut. Silahkan masuk ke menu pengaturan atau “Settings”, “Accounts” dan “Privacy”. Maka di dalamnya Anda akan menemukan tab menu bertuliskan “Read Receipts”. Hapuslah tanda centang pada bilah tersebut untuk menonaktifkannya.
  1. Bold, Italic, and Strike Through
    Baru-baru ini WhatsApp telah meluncurkan sebuah fitur baru, yaitu setiap karakter huruf atau teks percakapan bisa ditampilkan dalam format “Bold” (tebal), “Italic” (miring), dan “Strike Through” (dicoret).
    Cara untuk menghasilkan tulisan dengan karakter tersebut adalah sebagai berikut:
    – Bold
    Gunakan tanda bintang (*) diantara kata yang ingin Anda tebalkan.
    Contoh: *tipsdani.com*
    – Italic
    Gunakan tanda bintang (_) diantara kata yang ingin Anda miringkan.
    Contoh: _tipsdani.com_
    – Strike Through
    Gunakan tanda bintang (~) diantara kata yang ingin Anda coret.
    Contoh: ~tipsdani.com~

 Demikan bahasan kali ini semoga ada guna dan manfaat khususnya bagi Anda para pengguna WhatsApp. Sampai jumpa di tips yang lain, Jazakallohu Khoir…

menguasaienglish

author
Penulis: 
Cara Screenshot Oppo Neo 7
Cara Screenshot Oppo Neo 7
Bagi kalian pngguna smartphone tentunya sudah terbiasa
Cara Melindungi Data dari Pencurian pada Aplikasi Perangkat Android
Cara Melindungi Data dari Pencurian pada Aplikasi Perangkat Android
Tanpa disadari, ternyata ada banyak aplikasi yang
Cara Mudah Mengatasi Bootloop Pada Smartphone Berbasis Android
Cara Mudah Mengatasi Bootloop Pada Smartphone Berbasis Android
Apakah smartphone Android Anda mengalami bootloop, mati

Tinggalkan pesan "Tips Cara Menggunakan Fitur Dasar di WhatsApp Messenger"

Baca Juga×

Top