Tips Cara Mengembangkan Keahlian Fotografi

Di Fotografi

Apakabar sobat Tips Dani semua? Saya sudah sering membuat artikel tentang berbagai macam tips seputar kehidupan sehari-hari. Namun di website ini saya belum pernah membahas tips seputar dunia Fotografi. Karena seperti kita semua tahu bahwa Fotografi saat ini sudah menjadi hobi berbagai kalangan dari usia muda hingga orang dewasa. Dan rupanya Fotografi akhir-akhir ini menjadi trend bahkan dijadikan sebagai gaya hidup bagi sebagian kalangan.

menguasaienglish

Pada tips Fotografi kali ini saya akan nenbahas tentang cara mengembangkan keahlian Fotografi yang ada di setiap diri kita. Mudah-mudahan artikel pertama tentang Fotografi kali ini bisa mudah dipahami dan bermanfaat bagi Anda semua.

Sebelum lebih jauh membahas tentang artikel Fotografi ini, saya ingatkan terlebih dahulu bahwa di dunia ini tidak ada sesuatu yang instan. Begitu juga dengan tips yang saya bagikan kali ini, dalam rangka meningkatkan kualitas dan kemampuan Fotografi Anda juga butuh proses yang tidak sebentar.

Terkadang seseorang yang sedang belajar menggunakan kamera atau yang sudah berpengelaman sekalipun dalam dunia Fotografi, saat memotret adakalanya seperti kehabisan ide atau inspirasi. Padahal di dunia Fotografi, inspirasi atau ide sangat memegang peranan penting.

Sebelum meneruskan membaca tips meningkatkan keahlian Fotografi ini, ada baiknya Anda perlu memahami dulu bahwa salah satu cara mencari sumber inspirasi dalam dunia Fotografi terkadang Anda harus meluangkan waktu untuk sekedar membuat pikiran Anda rileks.

Adapun tips untuk meningkatkan keahlian Fotografi secara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Mempelejarinya lewat manual user yang terdapat pada pembelian kamera

Banyak sekali orang yang membeli peralatan Fotografi tapi mereka malah malas untuk membaca buku manual user yang mereka dapat saat membeli sebuah kamera. Padahal dengan membacanya, Anda tentunya akan lebih paham terhadap peralatan Fotografi yang sedang Anda gunakan.

Pelajarilah berbagai fitur yang ada pada kamera Anda beserta cara penggunaanya. Percuma saja jika Anda membeli kamera mahal namun tidak memanfatkan fitur yang ada pada kamera tersebut dikarenakan tidak tahu cara menggunakannya.

2. Belajarlah dari majalah Fotografi atau dari di Internet

Jika Anda membaca majalah Fotografi dalam atau luar negeri, maka Anda dapat tahu perkembangan Fotografi dari berbagai teknik. Serta Anda pun akan semakin tahu perkembangan peralatan Fotografi terbaru hingga cara-cara dan tips menggunakan kamera dari para fotografer professional.

Selain itu Anda juga bisa belajar Fotografi melalui internet dengan cara mengunjungi website-website Fotografi untuk melihat karya-karya Fotografer dunia. Saat ini sudah banyak sekali website seputar dunia Fotografi yang dapat membantu Anda untuk belajar.

3. Bergabunglah dengan komunitas Fotografi

Jika Anda tergabung ke dalam sebuah komunitas Fotografi, maka Anda bisa banyak mendapat pengalaman berharga dari sesama anggota komunitas tersebut. Anda bisa banyak belajar  dari member yang sudah berpengalaman untuk mendapat tips terbaik seputar Fotografi.

4. Ikutilah workshop-workshop Fotografi

Dengan mengikuti workshop Fotografi maka ilmu Fotografi Anda akan semakin bertambah. Anda juga akan mendapatkan banyak teman baru sesama pecinta Fotografi, yang dapat membantu Anda jika sewaktu-waktu mengalami masalah tentang teknik Fotografi. Selain itu juga bisa sebagai salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan Fotografi yang telah Anda miliki.

5. Sesekali lakukan Photography Hunting Trip

Dengan mengikuti acara hunting trip, maka Anda dapat bepergian bersama ke lokasi-lokasi eksotis yang sangat cocok untuk melakukan Fotografi. Karena tidak semua orang dapat menemukan spot yang bagus untuk melakukan Fotografi, maka Photography Hunting Trip adalah sebuah cara yang biasa dilakukan oleh para Fotografer professional.

6. Bacalah dan belajarlah dari buku-buku Fotografi terkenal

Selain belajar dari majalah Fotografi, Anda juga bisa belajar dengan banyak membaca dan mengoleksi buku Fotografi. Di era seperti saat ini untuk mendapatkan buku Fotografi sangatlah mudah serta banyak pilihannya. Pilihlah buku Fotografi yang sesuai dengan teknik yang ingin Anda pelajari.

7. Biasakan untuk sering memotret kapan dan dimanapun Anda berada

Bawalah kamera kemanapun Anda pergi, dan biasakan untuk selalu menggunakannya di saat Anda mendapatkan momen-momen menarik. Dengan membiasakan diri Anda sering memotret, maka lama-lama Anda akan semakin terbiasa dengan kamera. Refleks Anda akan semakin terlatih dalam setiap jepretan gambar yang Anda ambil. Dan nantinya kemampuan teknik Fotografi Anda akan semakin baik dalam menangkap setiap momen menarik yang ada di sekitar Anda

Demikian Tips pertama tentang Fotografi yang bisa saya sharing kali ini. InsyaALLOH saya akan membahas seputar dunia Fotografi ini di artikel selanjutnya. Karena bahasan tentang dunia Fotografi sangatlah banyak dan akan semakin menarik.

Jangan pernah takut gagal saat Anda mulai belajar teknik Fotografi, serta cobalah untuk berani mengikuti setiap lomba Fotografi jika memang ada. Jangan pernah takut kalah, karena semakin banyak jam terbang dan pengalaman Fotografi Anda, maka Anda akan segera menjadi seorang Fotografer profesional.

menguasaienglish

author
Penulis: 
No related post!
  1. author

    nailil huda3 minggu yang lalu

    terimakasih artikelnya sangat menarik dan untuk referensi artikel tentang fotografi, silahkan kunjungi dan dibaca di http://www.fotografi.blog.gunadarma.ac.id

    Balas

Tinggalkan pesan "Tips Cara Mengembangkan Keahlian Fotografi"

Baca Juga×

Top