Tips Cara Menambah Berat Badan Secara Efektif

Memiliki berat badan dan tinggi yang ideal, merupakan dambaan semua orang. Tetapi, apabila berat badan Anda berlebih atau juga kurang, dapat membuat Anda menjadi kurang percaya diri. Terutama untuk para kaum pria, karena wanita biasanya lebih menyukai pria yang badannya berisi dan tidak terlalu gemuk.

Tubuh yang terlalu kurus memang terlihat kurang menarik. Menambah berat badan dapat dimulai dengan mencukupi seluruh kebutuhan kalori dalam tubuh dan dalam jumlah yang lebih dari kebutuhan, seperti mengkonsumsi makanan yang dapat menambah berat badan dalam konsumsi yang banyak. Anda dapat mencoba cara menambah berat badan seperti berikut ini.

Tingkatkan porsi makan dengan makan lebih sering

Cara yang satu ini sudah banyak orang lakukan untuk menambah berat badan. Dengan meningkatkan porsi makan, maka tubuh akan mendapatkan lebih banyak lagi asupan untuk membentuk tubuh yang berisi. Anda harus makan lebih sering, jika sebelumnya makan hanya 3 kali sehari dan dalam porsi kecil, maka sekarang Anda harus makan menjadi 4-5 kali.

Perbanyaklah minum air putih

Minum air putih mungkin bagi sebagian orang dianggap sepele. Banyak orang yang tidak begitu mementingkan minum air putih, dan mereka biasanya lebih memilih untuk minum minuman bersoda atau minuman suplement tubuh dan sebagainya. Padahal mengkonsumsi minuman bersoda secara tidak langsung akan merusak tubuh, karena di dalam minuman bersoda banyak terdapat zat kimia yang mungkin dapat berbahaya bagi tubuh. Mulai dari sekarang Anda harus terbiasa untuk minum air putih terutama di pagi hari. Semakin banyak Anda mengkonsumsi air putih, maka tubuh Anda akan semakin sehat dan pada akhirnya proses pencernaan dalam tubuh Anda pun akan membaik sehingga dapat lebih menyerap semua gizi makanan secara sempurna. Tetapi disarankan untuk tidak terlalu berlebih dalam mengkonsumsi air putih, cukup 8 gelas saja sehari untuk mencegah dehidrasi.

Perbanyaklah mengkonsumsi karbohidrat

Ada berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat, seperti terdapat pada buah-buahan, sayuran, nasi merah, serta makanan yang berbahan dasar gandum, contohnya sereal dan roti. Makanan berbahan dasar gandum adalah makanan yang kaya akan kandungan serat serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Cukupilah kebutuhan protein harian

Berbagai sumber protein yang sehat dapat diperoleh dari daging ayam, ikan, dan kacang-kacangan yang dapat mencukupi kebutuhan protein harian Anda, serta pastinya sangat diperlukan oleh tubuh.

Mengunyah makanan hingga halus ketika makan

Mengunyah makanan hingga halus mungkin terlihat sepele. Akan tetapi mengunyah makanan sampai halus bisa membantu penambahan berat badan Anda, hal ini dikarenakan dapat mempermudah sistem tubuh dalam proses mencerna makanan. Apalagi jika makanan yang dimakan agak keras, sehingga akan sulit untuk dicerna oleh tubuh Anda.

Cukupi kebutuhan mineral tubuh Anda

Sumber mineral dapat Anda peroleh dari berbagai buah-buahan, susu, keju, sayuran, daging merah, serta berbagai kacang-kacangan untuk mencukupi kebutuhan mineral yang diperlukan oleh tubuh Anda.

Cukupi semua kebutuhan vitamin

Sumber dari segala vitamin dapat Anda peroleh dari berbagai aneka buah-buahan segar, seperti stroberi misalnya yang mengandung vitamin C ataupun pisang yang kaya akan kandungan vitamin E.

Mencukupi kebutuhan lemak sehat

Adapun sumber lemak sehat terdiri dari asam lemak tak jenuh ganda, omega-3, dan omega-6. Sumber lemak omega-3 misalnya dapat Anda peroleh dari ikan dan kacang kenari. Sedangkan sumber lemak omega-6 dapat Anda peroleh dari minyak sayur, kelapa, minyak biji matahari, serta jagung.

Demikian tips kali ini semoga bisa membantu sobat Tips Dani yang badannya masih kurus, agar lebih terlihat sedikit atletis.

Tips Cara Menambah Berat Badan Secara Efektif | MicroSiv | 4.5