Tips Cara Memilih Sepatu Futsal yang Berkualitas

Olahraga futsal sudah bukan lagi hal baru di telinga masyarakat Indonesia. Mayoritas masyarakat pasti suka dengan yang namanya sepakbola, dan futsal adalah salah satu olahraga alternatif terbaik yang bisa memenuhi passion para penggemar sepakbola.

Sekedar flashback saja, bahwa pada saat futsal pertama kali diperkenalkan di Indonesia, dalam hal penyebutan namanya saja masih simpang siur. Maklumlah namanya juga olahraga yang masih terbeilang baru, ada yang menyebutnya dengan sebutan futsal, mini soccer, atau ada juga yang menyebutnya dengan sebutan sepakbola indoor.

Masuknya olahraga futsal di dunia sepakbola Indonesia juga masih dalam tahap adaptasi. Maka tidak heran jika untuk pemilihan sepatu saja kadang masih seadanya, karena ketersediaannya yang masih sangat langka. Jika dulu ada yang memakai sepatu untuk badminton, dan ada juga yang menggunakan sepatu lari untuk sekedar bermain futsal.

Berbeda sekali dengan sekarang, dimana olahraga futsal telah semakin ramai digemari oleh masyarakat, maka banyak dari para produsen alat olahraga mulai memproduksi sepatu futsal dengan berbagai varian. Dan pada tips kali ini, saya akan sedikit sharing tentang tips cara memilih sepatu futal yang berkualitas.

Bagi penggemar olahraga futsal, sepatu futsal ibarat sebuah senjata tempur yang wajib dimiliki. Dan terutama bagi para pemula, memilih sepatu futsal tidak boleh secara sembarangan. Dikarenakan ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan pada saat memilih sepatu futsal yang berkualitas, seperti dari bahannya, bentuk sepatunya, hingga jahitannya pada sepatu tersebut, yang kesemuanya itu dapat mempengaruhi kenyamanan serta performa saat dipakai bermain futsal di lapangan.

Berikut ini saya jelaskan tips cara memilih sepatu futsal yang berkualitas, sbb:

  1. Jenis bahan sepatu

    Bahan sepatu adalah hal yang paling mendasar untuk diperhatikan pada saat Anda memilih sebuah sepatu futsal. Biasanya terdapat 4 pilihan bahan yang biasa digunakan untuk membuat sebuah sepatu futsal, yaitu kulit, karbon, kain, ataupun imitasi. Dan bahan sepatu futsal yang terbaik adalah terbuat dari bahan serat karbon, karena akan membuat penggunanya nyaman, ringan, dan juga kuat. Sedangkan bahan yang harus dihindari adalah yang terbuat dari bahan imitasi, karena akan mudah sekali rusak dan juga sedikit kurang nyaman untuk dipakai.
  1. Desain bagian atas sepatu
    Bentuk bagian atas dari sebuah sepatu futsal sangatlah penting, karena sangat menentukan power Anda saat menendang bola futsal. Maka pastikan Anda memilih sepatu futsal yang nyaman di bagian depannya saat digunakan. Perhatikan juga bentuknya, mulai dari bahan, jahitan, hingga bagian pelapis yang ada di dalamnya.
  1. Desain bagian belakang sepatu
    Tumit adalah bagian kaki yang sangat rentan untuk cedera jika Anda melakukan kesalahan saat berpijak. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih sepatu futsal yang di bagian tumitnya memiliki lapisan yang sangat baik, kuat, dan tidak mudah untuk tertekuk, serta memiliki lapisan sol yang lembut, tapi cukup tebal untuk menahan beban kaki Anda saat berlari main futsal.
  1. Bentuk jahitan dan sol
    Karakter sepatu yang baik umumnya menggunakan bahan yang lembut untuk pelapis bagian telapak kakinya, kuat, serta bersifat menyerap keringat. Bagian sol juga haruslah cukup tebal untuk meredam benturan agar terhindar dari cedera saat kaki bergerak. Jahitan pun haruslah terlihat rapi dan kuat agar sepatu tidak cepat rusak.
  1. Jenis sol yang digunakan
    Bagian sol sepatu haruslah disesuaikan dengan jenis lapangan yang akan Anda gunakan saat bermain futsal. Saat ini di Indonesia, lapangan futsal masih menggunakan jenis rumput sintetis, maka pilihlah sepatu futsal yang dilengkapi dengan pull, ataupun yang menggunakan bahan material keras.

Oke sobat Tips Dani…, kayaknya sudah cukup nih sharing infonya tentang cara memilih sepatu futsal yang berkualitas versi Tips Dani, semoga sedikit membantu ya…, dan sampai jumpa di tips berikutnya.

Tips Cara Memilih Sepatu Futsal yang Berkualitas | MicroSiv | 4.5