Ternyata Berhenti Merokok itu Sangat Mudah!

Untuk kamu para perokok berat, berhenti dari kebiasaan merokok tentunya menjadi hal yang sangat berat bahkan mustahil untuk dilakukan. Karena bagi para perokok akut, merokok sudah merupakan kebutuhan dan kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan. Ibaratnya mungkin sama seperti makan nasi, maka bagi mereka merokok pun sama pentingnya seperti makan. Lebih parah lagi jika kamu diberi pilihan antara makanan atau rokok, dan ternyata yang kamu pilih malah rokok, berarti itu tkamunya bahwa kamu sudah menjadi perokok akut.

Tapi tenang aja…, semua tergantung niat dari dalam hati kamu sendiri, serta sejauh mana keseriusan serta usaha yang akan kamu lakukan. Jika memang kamu berniat untuk berhenti total dari yang namanya rokok, dan kamu benar-benar ingin menjauhinya, maka berikut ini saya berikan tips dan cara agar kamu bisa berhenti merokok, yang sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan.

Oke langsung saja kamu simak beberapa cara berikut ini, dan cobalah untuk langsung kamu praktekkan setelah kamu membacanya.

Niatkan keinginanmu untuk berhenti merokok

Mulailah berniat dengan sungguh-sungguh untuk berhenti merokok, dimulai dari diri sendiri lalu ceritakan kepada keluarga dan teman-temanmu, agar jika suatu saat kamu melanggarnya maka akan ada orang yang mengingatkanmu. Mintalah dukungan kepada mereka agar selalu mengingatkanmu serta memberikan support untuk berhenti merokok. Dan yang paling penting adalah meminta keluarga, teman, dan orang-orang terdekatmu agar tidak merokok dekat denganmu dan tidak menyisakan bekas rokok disekitarmu.

Tentukan target waktu untuk berhenti merokok

Menentukan target waktu antara 2 sampai 3 minggu sejak kamu berniat untuk berhenti merokok adalah hal yang baik. Untuk berani menjalani komitmen ini, maka perlu usaha yang sungguh-sungguh agar kamu tidak stress dan bisa dengan mudah untuk menjalaninya. Pada tahap awal cobalah untuk membatasi jumlah batang rokok yang kamu hisap secara bertahap, kurangi sedikit demi sedikit sampai target yang sudah kamu tentukan tercapai, yaitu benar-benar 100% lepas dari yang namanya rokok.

Mulailah dengan hal yang mudah

Cobalah untuk sedikit merenungi kapan waktu yang paling sering kamu gunakan untuk merokok? Apakah pada saat kamu dalam keadaan bosan, kesepian, santai, ngopi, begadang, ngobrol, bekerja, dsb. Berikan penilaian dengan angka, misalnya mulai dari angka 1 hingga angka 5 dengan kriteria sbb:

1 = kondisi dimana kamu merokok layaknya seperti kereta api atau sangat sering.

2 = kondisi dimana kamu sering merokok

3 = kondisi dimana kamu merokok biasa

4 = kondisi dimana kamu sesekali saja merokok

5 = kondisi dimana kamu tidak merokok sama sekali

Dari hasil penilaian kamu tadi, maka carilah kondisi ketika kamu merokok layaknya kereta api atau sangat sering, dan cobalah untuk berhenti secara bertahap pada kondisi tersebut dengan cara merubah levelnya dari kondisi 1 turun ke kondisi 2 hingga sampai di kondisi 5, yang artinya kamu sudah bisa untuk tidak merokok sama sekali.

Hindari kebiasaan yang menimbulkan keinginan untuk merokok

Ketika kamu sudah berada pada tahap berhenti merokok, maka usahakan untuk selalu menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa menimbulkan keinginanmu untuk kembali merokok. Contohnya seperti setelah makan, ketika minum kopi, nongkrong santai, ketika begadang sambil nonton bolsa, serta kebiasaan-kebiasan lainnya. Apabila kamu tetap merasa kesulitan untuk menghindarinya, maka kamu bisa mengganti keinginan untuk merokok tersebut dengan meminum susu, atau makan sayur dan buah. Karena menurut hasil penelitian dengan mengkonsumsi susu, sayur, serta buah-buahan maka akan memberikan efek rasa yang tidak enak ketika merokok.

Cari kesibukan yang bersifat positif

Pada saat awal kamu mencoba untuk berhenti merokok, maka carilah kesibukan yang bernilai positif, misalnya seperti berolah raga, bermain musik, atau bermain game. Hal ini dimaksudkan agar fokus pikiranmu teralihkan, serta mencegah timbulnya keinginan untuk kembali merokok.

Konsumsi air mineral yang cukup

Cobalah untuk minum air lebih banyak, karena air berguna untuk menghilangkan racun atau toksin rokok yang ada di dalam tubuhmu. Dengan banyak mengkonsumsi air maka dengan sendirinya akan membersihkan tubuhmu dari zat adiktif rokok yang akan menghilangkan keinginan untuk merokok selamanya.

Nah…, itu dia cara untuk berhenti dari kebiasaan merokok, yang kata orang-orang tidak mudah. Namun saya pribadi berpendapat bahwa semua itu sangatlah mudah, karena hanya tergantung kepada niat kamu, seberapa serius, dan seberapa kuat niatmu itu untuk berhenti merokok. Saya sendiri memang bukanlah seorang perokok, namun sekali lagi bahwa intinya adalah niat yang kuat serta berani untuk memulai saat ini juga.

Ingat…!!! Bahwa merokok itu sama sekali tidak ada manfaatnya, bahkan sebaliknya merokok akan merusak kesehatanmu. Maka dari itu sayangilah kesehatanmu, karena sehat itu anugerah yang tak ternilai harganya, dan hanya kamu yang bisa menyayangi dirimu sendiri bro…

Hidup sehat tanpa rokok mulailah detik ini juga…!!!

Ternyata Berhenti Merokok itu Sangat Mudah! | MicroSiv | 4.5