Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Bisnis Penjualan

Pemasaran adalah suatu kegiatan dalam bidang perekonomian yang tujuannya untuk membantu menentukan nilai ekonomi, dimana nilai ekonomi yang dimaksud yaitu berupa harga suatu barang dan jasa. Penentuan dari nilai harga barang dan jasa tersebut sangatlah dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu produksi, pemasaran serta konsumsi. Oleh karena itu strategi pemasaran menjadi jembatan penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.

Hehehe… ketawa dulu ah… ribet ya bro… karena gak biasanya saya bikin bahasan seribet ini. Biasanya saya cuman memberikan tips sederhana yang mudah dimengerti oleh kalian. Tapi kali ini kita rada keren-kerenan sedikit bro…, karena bahasan tentang ekonomi seperti ini banyak gunanya untuk kita dalam mengarungi era ekonomi global seperti sekarang ini.

Oke sobat Tips Dani…, saya teruskan dulu bahasannya sedikit lagi, rada ribet santai aja karena nanti juga kalian akan mengerti dan akan tersambung dengan apa yang saya bahas kali ini, jadi disimak aja dulu dengan santai ya bro…

Adapun pengertian yang lain dari pemasaran adalah beberapa aktivitas yang saling berkaitan serta dirancang untuk mengidentifikasi seluruh kebutuhan konsumen yang tujuannya untuk mengembangkan distribusi, promosi, dan penetapan harga serta pelayanan untuk memuaskan seluruh kebutuhan konsumen.

Pemasaran bisa dikatakan sebagai salah satu kunci keberhasilan sebuah perusahaan atau bisnis. Kualitas dalam setiap produk yang dihasilkan juga harus ditetapkan dengan baik agar dapat disusun strategi pemasarannya dengan baik pula. Dalam membuat strategi pemasaran tentunya diperlukan informasi produk serta pengamatan terhadap permintaan.

Untuk meningkatkan bisnis penjualan misalnya, saya akan memberikan tips strategi yang dapat meningkatkan penjualan kalian. Karena pada jaman sekarang ini banyak sekali para pelaku bisnis yang memilih berjualan baik secara offline maupun online. Berjualan sepertinya sudah menjadi sebuah trend baru saat ini. Namun masih banyak juga yang belum berhasil dalam berjualan karena belum tahu strateginya. Jika kamu adalah mungkin salah satu dari sekian banyak yang memilih bisnis berjualana, namun masih kurang begitu mengerti, maka ikuti tips berikut ini:

Lakukan promosi

Kenalkan hasil produkmu kepada konsumen dengan cara yang lebih kreatif agar produk kamu menarik di mata para konsumen. Misalnya kamu bisa mengenalkan produkmu melalui media cetak seperti koran, majalah, pamflet, selebaran atau brosur. Atau kamu juga bisa melakukan promosi lewat media elektronik seperti iklan tv, internet, atau media sosial contohnya google adwords, facebook adss, twitter, instagram, dsb.

Selain itu kamu juga harus cari tahu cara promosi yang dilakukan oleh kompetitormu agar kamu tidak kalah bersaing. Kamu juga bisa menarik hati para konsumen dengan cara memberikan diskon atau potongan harga yang menarik agar para konsumen banyak yang tertarik dengan produkmu.

Pilih lokasi yang strategis untuk bisnis kamu

Pemilihan lokasi adalah faktor yang sangat penting dalam memasarkan sebuah produk. Pilihlah lokasi untuk bisnis kamu yang mudah dijangkau oleh orang-orang. Dan pastikan juga lokasi yang kamu pilih ramai serta mudah utnuk ditemukan agar calon pembeli tau dimana tempat produk yang kamu jual.

Kenali setiap calon pelanggan

Tentukanlah target pasar yang akan kamu pilih untuk memasarkan produkmu. Contohnya, jika kamu punya usaha pakaian dengan model atau Korean Style (K-Pop), maka kamu harus memasarkan produkmu kepada kalangan remaja sebagai target pasarnya.

Atau misalnya jika kamu memilih bisnis di bidang kuliner seperti restoran mewah, maka yang menjadi target pasar kamu haruslah orang-orang yang mempunyai kemampuan finansial yang cukup baik.

Setelah kamu melakukan identifikasi secara tepat, maka haslnya dapat mempermudah kamu dalam proses menyusun alur strategi pemasaran yang lebih efektif dan tentunya akan lebih menghemat biaya serta waktu.

Gunakan internet marketing

Kamu bisa mempromosikan produk usaha kamu melalui website, blog, facebook, dsb, dengan cara memasang foto-foto produkmu yang sekiranya dapat menarik hati para calon konsumen.

Dengan menggunakan teknik internet marketing, maka kamu juga dapat melakukan interaksi secara langsung dengan para calon konsumen tanpa harus bertatap muka.

Bikin semua konsumenmu puas dengan produk yang kamu tawarkan

Ada pribahasa bahwa “pembeli adalah raja”, jalinlah sebuah hubungan yang erat dan baik dengan para konsumen. Hubungi mereka sewaktu-waktu untuk sekadar membuat testimoni mengenai produk usaha yang telah kamu jual kepada mereka. Selain itu kamu juga harus menginfomasikan setiap produk baru yang akan kamu keluarkan, dan memberikan informasi promo yang sedang berjalan agar semua konsumen menjadi loyal terhadap produkmu.

Bagaimana…, sudah mengerti kan sekarang…?, bahasannya gak ribet koq…, cuman awalnya aja tadi yang seolah ribet dan terlalu baku dibacanya. Intinya adalah bahwa jika kamu berniat utnuk melakukan bisnis di bidang perdagangan, maka susuanlah strategi yang baik agar usahamun bisa berjalan dengan lancar.

Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Bisnis Penjualan | MicroSiv | 4.5