Perbaiki Sendiri Keyboard Laptop yang Rusak dengan Cara Ini

Di Komputer

Pernahkan kamu ketika sedang bekerja dengan laptop tiba-tiba huruf A dalam keyboardmu tidak bisa berfungsi, atau mungkin semua fungsi tombol keyboard tidak berfungsi sebagaimana mestinya? Pasti hal tersebut sangat mengganggu pekerjaanmu dan membuatmu kesal. Sabar dulu…, karena berikut ini saya akan memberikan beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri jika tiba-tiba tombol keyboardmu rusak.

menguasaienglish

Mengecek kotoran pada Keyboard

Miringkan laptopmu 45 hingga 75 derajat, lalu goyang perlahan-lahan. Bisa saja terdapat kotoran kotoran sisa snack yang kamu makan sebelumnya masuk di sela sela keyboard kamu. Biasanya masalah seperti ini terjadi pada laptop type lama, tapi juga masih mungkin terjadi pada laptop baru.

Jika kamu mempunyai vacuum cleaner portable untuk keyboard, maka kamu bisa membersihkan sisa-sisa kotoran tadi dengan sangat mudah. Jika terdapat satu atau dua tombol yang rusak karena tumpahan soda, maka kamu bisa mengeringkannya menggunakan kain atau tisu. Kamu bisa juga menggunakan pengering rambut untuk membuatnya menjadi lebih kering. Jika tumpahan soda tadi telah mengering, maka kamu harus segera membersihkannya dengan menggunakan kain yang telah dibasahi terlebih dahulu dengan air. Usapkan pada bagian yang telah mengering hingga tumpahan tersebut menghilang. Atau jika keyboardmu terkena tumpahan minuman yang lumayan banyak maka sebaiknya bukalah tutup tombol keyboardmu lalu keringkan dengan menyeluruh.

Lakukan restart pada laptopmu

Melakukan restart pada laptop dapat juga memperbaiki berbagai masalah yang terjadi pada laptopmu. Apabila kamu mengalami beberapa masalah pada keyboard, tekan saja tombol power pada laptopmu, lalu tahan selama 10 sampai 15 detik hingga laptopmu mati atau shutdown. Jika setelah dinyalakan keyboard laptopmu tetap saja tidak bisa digunakan, maka kamu sebaiknya mencoba cara lainnya yang akan saya jelaskan berikut ini.

Mungkin driver komputermu bermasalah

Masalah ini muncul biasanya ketika kamu menginstall driver dari pihak ketiga atau third party yang mungkin saja software driver yang kamu gunakan tidak support dengan sistem operasi pada komputermu, atau terdapat update yang baru.

Periksalah Driver Manager pada laptopmu, dan jika terdapat tanda berwarna kuning atau ikon keyboardmu tidak muncul pada layar, maka kamu harus segera men-download driver yang asli dari web official memproduksi laptopmu untuk mendapatkan update driver keyboard yang paling baru.

Keyboard eksternal

Jika semua yang telah kamu lakukan tetap tidak bisa membuat keyboardmu kembali bekerja secara normal, akan tetapi kamu harus menyelesaikan pekerjaanmu sesegera mungkin, maka solusi yang terbaik adalah kamu harus segera mencari keyboard ekseternal yang biasa digunakan pada PC atau desktop. Walaupun memang kelihatanya kurang begitu elegan, tetapi kamu tetap bisa menyelesaikan tugasmu dengan baik dan tepat waktu. Lalu setelah semua pekerjaanmu selesai, maka kamu bisa mulai memperbaiki kembali keyboad laptopmu yang rusak tadi.

Bad connection

Terkadang keyboard mungkin mengalami kerusakan pada sambungan antara motherboard dengan tombol keyboard laptop, sehingga membuat tombol keyboardmu tidak bisa berfungsi sama sekali atau mungkin beberapa tombol telah mengalami kerusakan. Kamu bisa membuka penutup pada keyboard lalu sambungkan kembali kabel keyboard dan motherboard jika memang ada yang terlepas. Namun jika kamu ragu untuk melakukannya, maka kamu bisa membaca manual user yang terdapat pada paket pembelian laptopmu atau melalui website resminya untuk sekedar mengetahui cara membuka dan menyambungkan kembali konektor antara keyboard dan motherboard. Apabila kamu benar-benar memang sangat tidak mengetahui cara membuka laptop, sebaiknya kamu mendatangi servis center resmi yang terdekat.

Keyboard bermasalah

Jika laptop yang kamu miliki masih dalam masa garansi atau mungkin kamu memiliki perpanjangan masa garansi, cobalah untuk menanyakan kepada pihak servis center yang resmi sebagai solusinya. Jika ternyata memang kondisi keyboard yang ada di laptopmu telah rusak dari pabriknya, maka  kamu bisa meminta penggantian ke service center terdekat yang memang tanpa biaya atau gratis. Sebelum kamu menyerahkan laptopmu ke pihak service center, sebaiknya kamu melakukan backup data terlebih dahulu agar data-data penting yang kamu miliki tidak hilang. Dengan cara memindahkannya ke harddisk cadangan yang kamu miliki. Tindakan ini wajib kamu lakukan sehingga apabila terjadi penggantian produk yang membutuhkan waktu cukup lama, maka kamu masih bisa tetap bekerja dengan data yang berada di dalam hardisk cadanganmu.

menguasaienglish

author
Penulis: 
Cara Merawat USB Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak
Cara Merawat USB Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak
Siapa yang tidak kenal dengan USB Flashdisk,
Cara Mengembalikan Data yang Terformat di Flashdisk/Hardisk
Cara Mengembalikan Data yang Terformat di Flashdisk/Hardisk
Anda tidak perlu panik jika mengalami data

Tinggalkan pesan "Perbaiki Sendiri Keyboard Laptop yang Rusak dengan Cara Ini"

Baca Juga×

Top