Menyulap Tanaman Hias Menjadi Bonsai

Jepang adalah negara pertama yang memperkenalkan seni “mengkerdilkan” pohon agar terlihat lebih indah dan unik. Untuk bisa membuat sebuah tanaman bonsai dengan bentuk yang unik tidaklah mudah, memerlukan sebuah keterampilan serta keahlian khusus. Hal inilah yang menjadikan harga sebuah tanaman bonsai bisa mencapai hingga ratusan juta rupiah, tergantung keunikan bentuk dan usia dari tanaman tersebut.

Di Indonesia sendiri bonsai merupakan jenis tanaman yang dijadikan sebagai dekorasi eksterior dan interior yang bernilai seni. Sehingga tanaman bonsai dianggap dapat menambah kesan eksotis jika diletakkan di suatu ruang atau tenpat tertentu. Ada banyak jenis varian bonsai yang biasa ditanam di Indonesia, diantaranya yaitu bonsai Beringin, Bonsai Kelapa, Bonsai Serut, dan masih banyak varian lainya.

Namun tidak semua jenis tanaman bisa dibuat atau dibentuk menjadi tanaman bonsai. Biasanya tanaman yang cocok untuk dibuat menjadi bonsai adalah jenis tanaman yang mempunyai masa usia panjang, memiliki batang kayu yang keras, serta berdaun lebat. Selain ciri-ciri tersebut, tanaman yang akan dibentuk menjadi bonsai haruslah mempunyai bentuk dasar yang indah serta dapat dikembangkan melalui cara rekayasa vegetatif ataupun stek.

Diperlukan sebuah perawatan khusus untuk merawat tanaman bonsai agar tumbuh dengan baik dan indah seperti yang telah saya bahas di artikel sebelumnya yaitu Cara Mudah Merawat Sendiri Tanaman Bonsai di Rumah. Seperti yang telah saya kemukakan di awal bahwa di Indonesia sendiri ada banyak tanaman hias yang bisa dijadikan sebagai tanaman bonsai. Berikut ini akan saya bahas beberapa jenis tanaman yang sangat cocok dan bagus jika dijadikan sebagai tanaman bonsai.

1. Asam Londo

Tanaman asam londo sekilas sangatlah mirip dengan tanaman asam Jawa. Yang membedakannya yaitu bahwa asam londo merupakan tanaman import yang berasal dari luar negeri sedangkan asam Jawa merupakan tanaman asli Indonesia. Tanaman asam londo ini sengaja didatangkan khusus dari luar negeri sebagai rekayasa vegetatif untuk membuat tanaman bonsai.

Adapun kelebihan dari pohon asam londo yaitu memiliki masa umur yang panjang, batangnya berupa kayu yang kokoh, serta memiliki bentuk yang unik. Oleh karena itu tanaman ini sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai tanaman bonsai.

2. Beringin Karet

Tanaman yang satu ini sangat unik karena memiliki batang kayu yang mudah untuk dibentuk. Hal ini dikarenakan batang pohon beringin karet memiliki karakteristik yang sangat lentur seperti layaknya karet. Pohon beringin karet mempunyai bentuk yang sangat bagus serta menarik sehingga sangat cocok sekali jika dibuat menjadi tanaman bonsai. Selain itu pohon beringin karet juga memiliki daun yang begitu lebat sehingga memenuhi syarat untuk dibentuk menjadi bonsai, yang tentu saja akan sangat unik dan menarik. Pohon beringin karet umumnya banyak ditanam di sekitar pekarangan rumah untuk dijadikan sebagai tanaman hias sekaligus sebagai naungan untuk berteduh.

3. Cemara Duri

Cemara duri merupakan tanaman hias yang memiliki karateristik tekstur batang kayu keras serta bentuk serat kayu yang melingkar. Pohon ini masa hidupnya sangatlah lama, bahkan bisa mencapai hingga ratusan tahun. Oleh karena itulah sangat cocok sekali jika pohon ini dijadikan sebagai tanaman bonsai.

Pohon cemara duri memiliki bentuk daun yang runcing dengan jumlah yang sangat banyak. Walaupun batang pohon cemara duri bertekstur kayu keras, namun masih sangat mudah untuk dibentuk sehingga cocok untuk dijadikan tanaman bonsai. Dan biasanya hasil bonsai dari tanaman cemara duri ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

4. Santigi

Di negara Taiwan tanaman santigi sangatlah populer dan bisa untuk dijadikan bonsai. Sedangkan di Indonesai sendiri, tanaman santigi masih belum banyak dikenal masyarakat. Hal ini mungkin karena santigi tergolong baru dalam varian tanaman bonsai, atau masih sedikit orang tahu bahwa tanaman ini bisa dijadikan sebagai bonsai. Ada dua jenis tanaman santigi, yaitu santigi gunung dan santigi laut. Sesuai dengan namanya, maka jenis santigi gunung hidup di habitat dataran tinggi atau pegunungan, adapun jenis santigi laut memang hidupnya di habitat dataran rendah atau lebih dekat dengan pesisir pantai.

Ciri lainnya yaitu santigi gunung bentuk bunganya lebih besar dengan warna merah cerah. Sedangkan santigi laut mempunyai karakteristik pohon yang pendek atau kerdil yang tentunya cocok jika dibentuk menjadi bonsai.

5. Bunga Bougenville

Daya tarik dari varian bonsai yang satu ini yaitu terletak pada bentuk bunganya yang sangat indah. Karena kita semua tahu bahwa bunga bougenville mempunyai warna yang sangat cerah serta mempesona. Apalagi bonsai yang dihasilkan dari jenis tanaman ini pastinya akan dipenuhi dengan bunga begitu lebat, akan tampak semakin indah, karena bougenville memiliki banyak variasi warna pada bunganya, seperti ungu, merah, jingga, dan putih.

6. Azalea

Azalea adalah tanaman dengan karakteristik bunga yang sangat indah. Pohon ini memiliki keunikan dengan warna-warna cerah pada bunganya yang sangat menawan. Tanaman ini berasal dari negara China, dan di negara asalnya tanaman ini banyak dibuat sebagai bonsai. Warna merah pada bunga azalea sangatlah dominan, dan merah adalah warna yang sangat disukai oleh kebanyakan etnis China, karena merah melambangkan hoki atau keberuntungan menurut kepercayaan mereka. Oleh sebab itu bonsai jenis azalea begitu populer di negara China, namun di Indonesia sendiri masih belum banyak orang yang membudidayakannya.

Itulah sekilas bahasan mengenai beberapa tanaman yang bisa dijadikan sebagai bonsai. Anda dapat memilihnya sesuai selera serta ketersediaan varian yang ada. Mudah-mudahan sedikit membantu Anda para pecinta tanaman hias yang hobi menanam bonsai.

Selamat berkreasi…

Menyulap Tanaman Hias Menjadi Bonsai | MicroSiv | 4.5