Mengembalikan Battery Time Remaining Mode macOS Sierra 10.12.2

Haloo sobat Tips Dani khususnya para pengguna macOS…, jika kamu sekarang menggunakan macOS Sierra 10.12.2, pastilah sangat tahu dengan sebuah fitur yang kini hilang, yaitu mode Battery Time Remaining pada ikon baterai di bagian Menu Bar sebelah kanan atas. Langkah ini kabarnya dilakukan Apple karena banyaknya komplain dari para pengguna yang mengatakan bahwa fitur tersebut tidak akurat. Sementara itu di pihak lain, banyak juga pengguna yang masih merasa bahwa fitur tersebut sangatlah diperlukan.

Lalu apakah kamu termasuk dari salah satu pengguna yang ingin mendapatkan kembali fitur Battery Time Remaining ini di macOS Sierra 10.12.2? Jika memang iya, maka jangan khawatir, kamu masih bisa mengembalikan fitur tersebut dengan menggunakan beberapa cara atau aplikasi tambahan, sbb:

CARA MENGEMBALIKAN BATTERY TIME REMAINING MODE

1. GUNAKAN APLIKASI ACTIVITY MONITOR

Aplikasi Activity Monitor yang berfungsi untuk mencatat semua proses yang sedang dilakukan CPU, RAM, dan juga koneksi internet ini ternyata mempunyai detail informasi baterai juga! Silahkan kamu buka aplikasi ini dari menu Finder > Application > Utilities > Activity Monitor. Kamu juga bisa mendapatkannya melalui bantuan Spotlight secara lebih cepat.

Masuklah ke tampilan Activity Monitor, lalu ke tab Energy. Tampilan Time Remaining mode ada di bagian bawah seperti terlihat pada gambar di atas. Selain itu terdapat juga informasi untuk Remaining Charge atau persentase baterai yang tersisa, serta Time on Battery yaitu durasi penggunaan baterai.

2. LAKUKAN INSTAL APLIKASI TAMBAHAN

Ada beberapa jenis aplikasi tambahan yang dapat kamu install untuk menampilkan informasi baterai lebih lengkap. Beberapa aplikasi yang menarik contohnya seperti Apple Juice, iStat Menus, atau Coconut Battery. Semua aplikasi ini bisa kamu download dan di-install dengan mudah serta dapat dikelola sesuai kebutuhan dari Menu Bar.

Contohnya aplikasi Apple Juice, di dalamnya ada pengaturan notifikasi setiap baterai sesuai kondisi seperti hampir habis (5%, 10%, 15%, 20%) serta tampilan pengingat saat baterai dalam kondisi penuh. Sedangkan untuk iStat Menus terdapat pengaturan yang sangat lengkap yaitu CPU indikator, kecepatan rotasi putar kipas di CPU, jumlah penggunaan RAM, serta daftar aplikasi mana saja yang menggunakan banyak energi.

3. MENGEMBALIKAN FILE BATTERY MENU DARI MACOS VERSI LAMA

Kamu juga bisa mengembalikan fitur Battery menu berikut informasi Time Remaining dengan cara yang cukup mudah. Caranya yaitu copy dokumen Battery menu dari macOS Sierra 10.12.1 atau versi yang sebelumnya dan gantilah dengan dokumen yang sama di macOS Sierra 10.12.2 melalui Finder atau Terminal.

Letak dokumen ini ada di dalam folder /System/Library/CoreServices/Menu Extras/ yang bisa kamu telusuri. Kamu juga bisa mengambilnya dari komputer Mac lain atau bisa dengan cara membuat backup terlebih dahulu sebelum melakukan update ke macOS Sierra 10.12.2 agar lebih mudah. Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara meng-install aplikasi Battery Monitor yang fungsinya untuk me-Restore fitur tersebut dengan beberapa langkah mudah.

APAKAH KAMU SELALU MENGGUNAKAN FITUR BATTERY TIME REMAINING?

Saya sendiri sangat jarang melihat indikator Time Remaining baterai di komputer MacBook, apalagi jika dalam kondisi sedang digunakan. Namun kondisi ini bisa jadi berbeda dengan kamu yang terbiasa menggunakan komputer Mac dalam mobilitas tinggi seperti kerja di luar ruangan, nongkrong di café, atau beragam outdoor lainnya yang tidak memungkinkan utnuk membawa MagSafe setiap saat.

Semoga tips ini bermanfaat.

Mengembalikan Battery Time Remaining Mode macOS Sierra 10.12.2 | MicroSiv | 4.5