Masker Alami Untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Umumnya wanita menganggap kulit berminyak sebagai suatu masalah yang sangat ditakutkan. Padahal jenis kulit dengan jumlah minyak yang tinggi dapat dikatakan sebagai sebuah anugerah. Hal ini karena minyak pada kulit memiliki kemampuan untuk menunda proses penuaan dini pada kulit seperti kerutan halus atau keriput. Justru jenis kulit dengan jumlah kandungan minyak yang sedikit seperti kulit normal atau kering akan lebih cepat mengalami gejala penuaan dini.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa kulit berminyak kerap menimbulkan beberapa masalah kecil. Seperti wajah yang terlihat begitu mengkilap, makeup yang mudah luntur serta masalah jerawat yang sering muncul.

Jika kamu mengalami masalah-masalah seperti tadi, jangan khawatir karena berikut ini akan saya bagi tips untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Yuk, sobat Tips Dani silahkan disimak, karena saya akan membahas masker alami untuk mengatasi kulit berminyak yang bisa kamu buat sendiri di rumah sbb:

Lidah buaya dan oat meal

Tahukah kamu bahwa lidah buaya atau aloe vera dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit semenjak ratusan tahun yang lalu? Hal ini karena lidah buaya memiliki kandungan zat yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan peradangan pada kulit. Selain itu, lidah buaya juga bisa membantu mengontrol kulit berminyak serta dapat mengatasi masalah yang muncul karenanya seperti jerawat. Selain itu juga, zat anti peradangan di dalamnya sangat ampuh untuk menyembuhkan luka atau infeksi pada kulit.

Ambillah dua sendok makan oat meal masukkan ke dalam mangkuk. Setelah itu tambahkan lidah buaya yang telah dikupas sebelumnya lalu aduk hingga tercampur rata. Kemudian gunakan sebagai masker pada wajah menggunakan jari dengan gerakan seperti memutar searah dan berlawanan jarum jam selama 3 hingga 5 menit. Lalu diamkan hingga 15 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini minimal seminggu sekali untuk hasil yang sempurna.

Apel dan madu

Sejak dulu madu dipercaya memiliki kemampuan untuk membuat kulit menjadi lebih halus, sedangkan buah apel banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan bersinar cerah secara alami. Apel juga kaya akan berbagai vitamin seperti A, B dan C yang berfungsi sebagai toner akami, pembersih dan pelembab yang alami pada kulit kamu.

Caranya yaitu haluskan sebuah apel, lalu tambahkan dengan 3 sdt madu kemudian aduk hingga rata. Setelah itu gunakan sebagai masker pada wajah kamu, dan diamkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air. Lakukankah perawatan ini secara rutin minimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu dan ucapkan selamat tinggal pada kulit berminyak.

Pisang, susu dan oat

Buah pisang ternyata memiliki banyak kandungan dan manfaat dalam mengatasi masalah yang ditimbulkan kulit berminyak. Pada buah pisang terdapat kandungan vitamin A, B dan E serta zat potassium yang dapat membantu menjaga kelembaban tanpa dengan cara mengurangi kandungan minyak berlebih. Adapun susu sebagai pelembab alami yang dapat memberikan nutrisi pada kulit kamu. Tidak hanya itu, susu juga dipercaya memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta dapat membersihkan komedo.

Haluskan satu buah pisang lalu campurkan dengan 1 sdm susu dan 2 sdm oat. Kemudian aduk perlahan hingga rata. Gunakan sebagai masker pada wajah dengan cara digerakkan memutar searah jarum jam, lalu bergantian berlawanan jarum jam tiap 6 menit. Setelahnya diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan muka kamu dengan menggunakan air hangat.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, lakukan perawatan ini minimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Adapaun hal yang harus diperhatikan adalah jangan menggunakan masker ini pada area kulit yang terdapat jerawat karena pada sebagian orang yang kulitnya sensitif mungkin saja dapat menyebabkan iritasi.

Pisang, lemon dan madu

Khasiat pisang dan madu dalam memutihkan wajah sekaligus memerangi minyak berlebih pada kulit sudah tidak perlu diragukan lagi. Adapun lemon berfungsi sebagai pembersih alami yang sangat efektif dalam mengurangi jumlah minyak pada kulit serta membuat kulit tampak lebih cerah bersinar dan dapat menghilangkan komedo pada wajah.

Haluskan satu buah pisang, lalu tambahkan 1 sdt madu dan 1 sdt perasan air lemon. Setelah itu gunakan sebagai masker pada wajah lamu, lalu diamkan selama 20 menit hingga mengering. Kemudian bersihkan dengan menggunakan handuk hangat lalu basuh wajah kamu dengan menggunakan air. Lakukan perawatan ini secara teratur sekurang-kurangnya 2 atau 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kuning telur

Kuning telur berkhasiat untuk mengencangkan kulit serta dapat mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah kamu. Karena di dalam kuning telur banyak mengandung nutrisi yang sangat tinggi contohnya seperti protein, vitamin dan mineral yang bermanfaat dalam membantu merawat kesehatan dan kecantikan kulit kamu secara alami.

Ambil satu butir telur, pecahkan, kemudian pisahkan antara bagian putih dan kuningnya. Setelah itu aduk-aduk perlahan kuning telur tersebut, dan gunakan sebagai masker pada area wajah dengan intensitas minyak yang berlebih seperti area hidung, dagu, pipi serta kening dengan menggunakan cotton bud. Biarkan selama 10 menit hingga mengering dan bersihkan dengan air. Lakukan treatment ini secara teratur minimal 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Ok sobat Tips Dani…, itulah caranya mengatasi kulit yang cenderung berminyak dengan membuat masker wajah dari bahan yang sederhana dan mudah didapat. Semoga bermanfaat untuk kamu semua.

Masker Alami Untuk Mengatasi Kulit Berminyak | MicroSiv | 4.5