Hidup Sehat Dengan Mengkonsumsi Infused Water

Di Kesehatan

Pernahkah Anda melihat seseorang menenteng botol air mineral yang diisi dengan potongan lemon atau buah-buahan lainnya? Seperti itulah yang namanya dengan infused water. Infused water terbuat dari sebotol air mineral yang ditambah dengan bebrapa potong buah segar ke dalamnya. Setelah diaduk rata, botol segera ditutup lalu disimpan di dalam lemari pendingin untuk selama sekitar dua jam agar rasa dan sari buah menyatu dengan air. Biasanya setelah buah direndam di dalam air untuk waktu yang cukup lama, potongan buah akan menjadi sedikit lembek dan akan dibuang karena teksturnya yang kurang enak untuk dimakan.

menguasaienglish

Berbagai klaim mengenai Manfaat Infused Water

Akhir-akhir ini infused water sangat populer sekali serta menjadi bagian dari trend gaya hidup karena dipercaya mendatangkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Padahal klaim-klaim tersebut belum tentu sepenuhnya benar dan terbukti secara ilmiah. Namun berikut ini beberapa klaim mengenai manfaat infused water beserta faktanya.

Sebagai sarana detoks untuk memperlancar metabolisme tubuh

Potongan lemon yang dimasukkan dan dikonsumsi bersama dengan air mineral diklaim sebagai sarana detoks yang baik bagi tubuh. Ide detoks berasal dari kepercayaan bahwa racun dapat menumpuk di dalam tubuh. Dan dengan mengubah pola makan khusus atau detoks, racun ini dapat dihilangkan. Namun belum ada bukti bahwa racun menumpuk di dalam tubuh seiring waktu berjalan. Jika memang benar demikian, maka tubuh tentulah akan sering sakit. Sehingga diet atau pola makan detoks pun tidak terbukti secara klinis berguna bagi tubuh.

Anti penuaan dini

Air mineral yang dipadukan dengan berbagai buah-buahan yang kaya akan antioksidan, seperti delima dan stroberi, dianggap dapat menjadi obat yang ampuh untuk melawan efek penuaan.

Antioksidan berguna sebagai penangkal radikal bebas yang berdampak buruk bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayur-sayuran akan menunjukkan hasil positif dalam menghambat proses penuaan.

Minum infused water akan memberikan manfaat lebih dalam anti-penuaan dibandingkan dengan minum air putih saja. Namun jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka jumlah antioksidan di dalam porsi makanan Anda haruslah lebih banyak, atau jangan hanya bergantung kepada infused water saja. Konsumsilah beragam buah-buahan dan sayur-sayuran secara teratur.

Dapat menurunkan berat badan menjadi lebih ideal

Dengan mengkonsumsi infused water diklaim dapat menurunkan berat badan menjadi lebih sehat.  Namun hingga kini belum ada penelitian medis yang membuktikan kebenaran klaim tersebut. Berat badan ideal yang sehat paling baik dapat dicapai dengan olahraga teratur dan menerapkan pola makan yang sehat.

Meski belum dapat terbukti mengenai manfaat kesehatannya, bukan berarti infused water sama sekali tidak ada manfaatnya. Minuman ini sangatlah bermanfaat, khususnya bagi Anda yang kurang suka mengonsumsi air mineral dan juga anak-anak yang kurang suka mengonsumsi buah-buahan. Seseorang yang tidak suka minum air mineral biasanya memenuhi kebutuhan cairan mereka dengan minuman seperti teh, kopi, atau soft drink. Padahal faktanya beberapa dari minuman jenis ini justru cenderung membuat tubuh Anda menjadi makin kekurangan cairan karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Selain itu, minuman-minuman tersebut, terutama minuman kemasan umumnya berharga lumayan mahal, mengandung kadar gula yang sangat tinggi, dan mengandung jumlah kalori yang tinggi dibandingkan dengan air mineral. Dengan mengkonsumsi infused water, maka Anda dapat memperoleh rasa air mineral yang unik, dengan aneka rasa buah-buahan berbeda yang dapat diganti tiap hari sesuai dengan selera. Berikut ini saya berikan tips beberapa cara membuat infused water dengan berbagai varian buah yang dapat Anda coba di rumah.

  • Siapkan 2 buah potongan lemon segar, setengah buah potongan mentimun diiris tipis, 10-12 lembar daun mint, lalu masukkan ke dalam 3 liter air. Aduk, tutup dengan rapat, kemudian simpan di dalam lemari pendingin selama 2 jam. Pastikan infused water yang Anda buat rasanya tidak terlalu asam. Jika infused water terasa asam, maka tambahkanlah air secukupnya.
  • Siapkan 1 liter air, setengah cangkir buah stroberi yang telah dipotong, dan setengah cangkir buah nanas yang telah dipotong. Masukkan buah stroberi dan nanas ke dalam air, aduk sebentar, tutup dengan rapat, kemudian simpan di dalam lemari pendingin.
  • Bekukan sekitar 300 gram biji buah delima ke dalam cetakan es batu dengan diisi air. Setelah benar-benar beku, masukkan ke dalam 2 liter air mineral yang sebelumnya telah ditambahkan irisan lemon, lalu diamkan di dalam lemari pendingin.

Ketika Anda akan membuat infused water, maka pastikan bahwa air yang digunakan adalah air matang dan buah yang digunakan masih segar dan telah dicuci bersih.

Infused water dapat menjadi solusi alternatif bagi Anda yang kurang begitu suka mengonsumsi air mineral. Pastikan kebutuhan cairan tubuh Anda sudah terpenuhi dengan mengonsumsi sekitar 2 liter cairan setiap hari. Dengan mengkonsumsi cairan yang cukup, baik itu air mineral biasa ataupun infused water sangatlah penting untuk fungsi normal tubuh karena dapat mencegah dehidrasi. Selain itu akan menjaga ginjal Anda tetap sehat agar Anda terhindar dari penyakit seperti konstipasi, batu ginjal, dan wasir.

menguasaienglish

author
Penulis: 
Ternyata Berhenti Merokok itu Sangat Mudah!
Ternyata Berhenti Merokok itu Sangat Mudah!
Untuk kamu para perokok berat, berhenti dari
Tips Cara Menambah Berat Badan Secara Efektif
Tips Cara Menambah Berat Badan Secara Efektif
Memiliki berat badan dan tinggi yang ideal,
Diet Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Hasil Yang Cepat
Diet Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Hasil Yang Cepat
Wanita itu memang hobinya makan, ngemil, tapi

Tinggalkan pesan "Hidup Sehat Dengan Mengkonsumsi Infused Water"

Baca Juga×

Top