Cleft Center Bandung – Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit-langit (YPPCBL)

Pertama kali saya tahu informasi tentang Cleft Center di Bandung yaitu dari seorang sahabat nyokap di Tanjungsari, Sumedang, yang kebetulan cucunya dari Ibu tersebut mau konsul pasca operasi bibir sumbing (labioplasty) dan gusi depan, sekalian saja kami sekeluarga ikut karena kebetulan anak pertama saya diberi kelebihan oleh Allah SWT berupa celah bibir depan dan langit-langit (Bibir sumbing), istilahnya cleft lip atau labioschizis.

Informasi ini mungkin bisa sangat membantu bagi buah hati atau sodara anda yang kebetulan punya kelainan yang sama.

Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit-langit (YPPCBL) Gedung CLEFT CENTER beralamat di:

Jalan Sekeloa Selatan No. 1, Bandung – Jawa Barat 40132, Indonesia.

Website: 

www.indonesiancleftcenter.org

news.unpad.ac.id/?p=57065 (YPPCBL di FKG Unpad)

twitter.com/idn_cleftcenter

Petunjuk Jalan:

Kalau anda dari arah GASIBU, Ikutin aja arah jalan Dipati Ukur setelah kampus UNPAD ke arah kampus UNIKOM. Masih di daerah Dipati Ukur kurang lebih 1 km kemudian akan ketemu POM BENSIN (posisi sebelah kiri). Lalu dari SPBU tersebut nyebrang saja ke arah kanan, ada sebuah jalan kecil ke bawah (bisa masuk mobil) lalu jalan terus. Sekitar 2 km nanti ada INDOMARET, lalu belok kanan dan jalan terus sekitar 1 km anda akan menemukan Fakultas Kedokteran Gigi Unpad. Masuk aja belok kiri (dekat ATM BNI) ke tempat parkir, di belakang gedung RSGM (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) terdapat CLEFT CENTER.

PETA LOKASI CLEFT CENTER – BANDUNG

(Silahkan klik peta untuk memperbesar gambar / MAP)

Note: Bagi Anda yang dari luar kota dan belum mengenal daerah Bandung, khususnya Dipati Ukur, bisa pakai GPS dan arahkan saja ke UNIKOM. Selanjutnya ikuti rute seperti Peta di bawah ini:

peta lokasi cleft center bandung

cleft center

Begitu masuk Cleft Center, anda akan disambut dengan ramah sama staf dan dokter di sana. Kalau udah di sini anda akan diarahkan untuk konsultasi segala hal tentang penanganan anak bibir sumbing. Pokoknya semua pelayanan sangat ramah dan detail sekali.

Inilah jagoan kecilku Alfin baru pertama kali konsul kemarin, masih berumur 1,5 bulan dan baru berbobot 4,7 Kg.

Jpeg

Jpeg

Dia pertama lahir bobotnya 3,6 Kg. Mudah-mudahan pas waktu operasi nanti bisa 6 Kg. Sekarang nyusunya masih pake Dot susu Asi + Formula (lactogen) dengan bantuan langit-langit buatan atau palatum obturator. Dan pas konsul kemaren disarankan untuk dicabut dulu palatum buatannya dan dikasih tahu tutorial cara benar menyusui bayi CBL memakai sendok khusus agar bayi tidak mudah cape dan susu cepat habis dibandingkan dengan Dot.

Jadi rencananya konsul lagi nanti setelah 3 bulan buat pemeriksaan dan persiapan operasi bibir depan (labioplasty) setelah berat badan minimal 5,5Kg.

Data dari twitter @idn_cleftcenter

syarat operasi bibir sumbing

Banyak juga pasien yang datang dari berbagai luar kota ke sini, karena saya lihat dan ngobrol dengan beberapa orang bahwa di sini penanganannya detail banget. Mungkin anda juga bisa membandingkan dengan konsul di RSU pada umumnya, kalo saya pribadi sudah jatuh hati dengan Cleft Center.

Biaya untuk konsul, cek laboratorium, rumah singgah, operasi serta perawatan sampai anak dewasa nanti semua gratis dari Yayasan. Kita cuma tinggal menyiapkan saja SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari desa – kecamatan), informasi lengkap bisa anda baca juga pada website di atas tadi.

Semoga informasi tentang Cleft Center ini bisa bermanfaat.

Cleft Center Bandung – Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit-langit (YPPCBL) | Dani Ai | 4.5