Cara Untuk Mempermudah Pengajuan Kredit Pemilikan Rumah Kepada Bank

Di Properti

Setiap manusia tentunya butuh rumah, itu sudah sangat pasti. Hal yang tersulit adalah mencari rumah dengan harga terjangkau, apalagi dengan tren harga yang selalu naik dari tahun ke tahun. Rumah yang masih bisa Anda beli di bulan ini belum tentu masih bisa Anda beli di bulan berikutnya. Itulah sebabnya, alternatif untuk mengajukan kredit rumah pada akhirnya akan menjadi pilihan bagi banyak orang.

menguasaienglish

Anda tak perlu ragu jika ingin mengajukan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. Meski beredar kabar bahwa sangat sulit untuk bisa mendapatkan KPR, apalagi jika Anda memilih untuk mengajukan KPR pada bank ternama, tentu pihak bank tersebut akan sangat berhati-hati serta selektif sekali dalam memilih para calon debitur atau penerima KPR-nya. Namun sebenarnya, untuk bisa mendapatkan serta mampu membayar KPR tidaklah sesulit yang Anda bayangkan, selama Anda bisa mengatur keuangan dengan baik.

Adapun keuntungan dengan menggunakan KPR dari bank pun ada banyak, diantaranya adalah:

  • Bisa segera memiliki rumah yang diinginkan – dengan kata lain Anda bisa segera memiliki serta menempati rumah yang Anda inginkan walaupun status rumah tersebut belum lunas, atau Anda masih berhutang kepada pihak Bank.
  • Dapat meringankan beban keuangan – pada saat Anda akan membeli rumah yang diinginkan, maka Anda tidak harus membayar secara langsung dengan jumlah besar ratusan atau miliaran rupiah, tetapi Anda dapat mencicilnya sesuai dengan kemampuan Anda.
  • Waktu cicilan yang relatif lama – rata-rata umumnya pihak bank akan memberikan Anda jangka waktu minimal 10 hingga 20 tahun untuk mencicil rumah yang Anda inginkan. Bahkan ada beberapa bank yang mengizinkan Anda untuk memperpanjang tenor atau waktu untuk mencicil hingga 25 tahun.
  • Adanya jaminan asuransi – jika Anda membeli rumah dengan cara kredit, maka rumah Anda juga akan terlindungi dari berbagai hal yang tidak diinginkan dengan adanya perlindungan jaminan asuransi.
  • Mendapatkan sertifikat resmi – setiap rumah yang dibeli dengan cara KPR bisa dipastikan telah memiliki sertifikat resmi, sehingga akan terbebas dari berbagai masalah sengketa, karena bank tentu tidak akan mau meminjamkan dana jika rumah tersebut tidak mempunyai sertifikat resmi atau masih bermasalah.

Anda bahkan akan mendapatkan banyak sekali keuntungan, jika Anda bisa bekerja sama dengan pihak pengembang dan bank yang bersangkutan.

Demi kelancaran pengajuan KPR Anda agar pihak bank segera menyetujui, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Kemampuan financial untuk membayar
    Bank tentunya tidak akan mau mengabulkan permohonan KPR Anda, jika mereka menilai Anda tidak akan mampu untuk membayar angsuran bulanan. Jadi hitunglah dulu penghasilan Anda tersebut, lalu nilainya dikalikan 30%. Hasil perhitungan inilah yang nantinya harus Anda keluarkan sebagai cicilan setiap bulan.
  1. Kelengkapan dokumen yang Anda miliki
    Pihak bank akan meminta dokumen lengkap dari Anda, meliputi semua biodata Anda, slip gaji, SIUP jika Anda adalah seorang pengusaha, dsb. Intinya adalah penuhi terlebih dajulu apa saja yang disyaratkan oleh pihak bank, dan berikanlah data Anda selengkap-lengkapnya.
  1. Sejarah perkreditan yang pernah Anda lakukan
    Lagi-lagi pihak bank akan melihat sejarah perkreditan yang pernah Anda lakukan. Bank akan mencari tahu siapa diri Anda yang sebenarnya, apakah Anda seorang yang disiplin dan tidak pernah mempunyai catatan hitam dalam urusan perkreditan?, atau malah sebaliknya Anda adalah seorang yang pernah terlibat kasus kredit macet. Semua itu akan menjadi bahan pertimbangan pihak bank dalam mengambil keputusan nantinya.
  1. Menjadi nasabah di bank yang bersangkutan
    Proses approval tentunya akan lebih mudah, jika Anda sebelumnya telah menjadi nasabah dari bank tersebut, karena pasti bank telah mengetahui data-data Anda secara lengkap.

Jika Anda memang merasa sudah bisa memenuhi semua tersebut, maka kemungkinan besar bank akan segera memberikan persetujuan terhadap permohonan KPR Anda.

Hal lain yang tak kalah penting adalah keputusan Anda dalam memilih tenor atau waktu pembayaran. Contohnya jika ada pilihan tenor antara 10, 15, atau 20 tahun, alangkah lebih baiknya Anda pilih saja tenor 20 tahun, karena kemungkinan permohonan KPR Anda akan disetujui sangatlah besar. Hal ini dikarenakan jika semakin lama tenornya, maka akan semakin kecil pula angsuran yang akan Anda bayar per bulannya.

Adapun faktor lain yang akan mempermudah proses pengajuan KPR Anda adalah:

  • Akses jalan yang baik
    Pilihlah rumah yang mempunyai akses jalan yang sangat mudah, contohnya bisa dilalui mobil, akses langsung ke jalan raya, letaknya tidak terpencil, dsb.
  • Developer yang terpercaya
    Pilihlah rumah dengan developer atau pengembangnya ternama yang telah menjalin kerjasama dengan beberapa pihak bank, sehingga Anda akan lebih dipermudah oleh bank tersebut.
  • Bebas dari masalah sengketa
    Hindarilah membeli rumah yang masih dalam status sengketa atau bermasalah.
  • Rumah yang sudah layak huni
    Bank akan melihat apakah rumah yang ingin Anda beli secara KPR sudah benar-benar layak huni atau sebaliknya. Ini juga akan menjadi pertimbangan pihak bank dalam mengambil keputusan, karena rumah yang layak huni tentu saja mempunyai nilai jual yang baik.

Itulah tadi beberapa tips yang telah saya berikan untuk sekedar memberikan gambaran kepada Anda bahwa mengajukan permohonan KPR bisa dibilang gampang-gampang susah. Setidaknya Anda sekarang telah mempunyai planning untuk menentukan masa depan Anda, karena rumah adalah kebutuhan dasar bagi manusia.

menguasaienglish

author
Penulis: 
Tips Merenovasi Rumah Dengan Anggaran Yang Terbatas
Tips Merenovasi Rumah Dengan Anggaran Yang Terbatas
Rumah merupakan istana bagi para pemiliknya, sehingga
Bingung Memilih Antara Sewa Apartemen atau Sewa Rumah Kost
Bingung Memilih Antara Sewa Apartemen atau Sewa Rumah Kost
Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dsk,

Tinggalkan pesan "Cara Untuk Mempermudah Pengajuan Kredit Pemilikan Rumah Kepada Bank"

Baca Juga×

Top