Cara Pindah Hosting WordPress

Di Wordpress

Sebelumnya saya sudah membuat ebook cara pindahan hosting WordPress dari domain lama ke domain baru, silahkan dibaca-baca dulu agar mengerti perbedaannya dengan tutorial di bawah ini. Tentu saja berbeda.

menguasaienglish

Berikut ini saya bikin tutorial aman pindahan hosting WordPress dari server lama ke server hosting yang baru dengan domain tetap (domain lama). Ini memang cara pindahan hosting paling umum dipakai dan tentu saja berhasil dengan sempurna.

Alasan paling umum kenapa seseorang pindah hosting, diantaranya mungkin saja server hosting yang lama sering down bikin jengkel, so pengen nyari rumah yang paling bagus dan lebih kenceng. Kalo saya sendiri merekomendasikan hosting lokal di Dracoola.com (support bagus dan fast response) dan kalo hosting luar negeri di Hostgator. Kalo agan punya rekomendasi lain bisa dikasih tahukan saja di kolom komentar ya..

Oke lanjut ke tutorial:

Teknik Pindah Hosting WordPress yang paling baik (aman) adalah tanpa eksport artikel yaitu dengan meng-copy semua data yang ada pada File Manager di blog agan.

Oke, Ane pandu langkah-langkahnya:

1. Login ke cPanel agan biasanya kek gini http://www.namadomainanda.com/cpanel

Masukan username cPanel + passwordnya ya

pindahan hosting wordpress

2. Setelah login, langsung masuk ke File Manager blog yang mau dipindahkan hostingnya.

pindahan hosting wordpress2

3. Nanti di File Manager kan udah terpilih folder domain mana yang mau dipindah (root domain target). Silahkan centang tulisan “Select All” lalu “Compress” ke format Zip. Liat tanda panah ane kalo masih kurang jelas!

pindahan hosting wordpress3

4. Setelah ini akan ada 1 file (folder) Zip hasil kompressan tadi yang berukuran besar MB-nya. Nama file zip ini bisa apa aja (acak) misalnya wp-admin.zip atau apa aja.. perhatikan aja ukuran filenya yang paling gede.

pindahan hosting wordpress4

Download file Zip tersebut dan simpan di komputer agan.

5. Next! tahap selanjutnya adalah mendownload atau export database phpMyAdmin nya. Silahkan cari SQL databasenya yang sesuai dengan blog agan di halaman phpMyAdmin tersebut. Pilih “Check All” lalu klik “Export”

pindahan hosting wordpress5

Save dalam bentuk SQL sehingga nanti filenya ber-ekstensi .Sql

6. Sekarang ganti Nameserver yang ada di Domain agan yaitu NS1 dan NS2. Setting dengan Nameserver hosting baru misalnya saja Hostgator (sebagai contoh saja).

7. Login ke cPanel hosting yang baru, tambahkan Add On Domain. Lalu pergi ke File Manager-nya dan upload file Zip compressan tadi dan jangan lupa di Extract !! Catatan: untuk memindahkan file berukuran besar banget, silahkan memakai teknik ini.

8. Pada point no. 7 agan udah berhasil mengimport data file hosting lama. Nah, sekarang tinggal ikuti panduan Membuat Database cPanelnya 

9. Setelah agan membuat database MySQL silahkan import file database .Sql (SQL hasil download tadi) lewat menu phpMyAdmin.

10. Kalu udah selesai, Masuk lagu ke File Manager dan lakukan settings/mengedit wp-config.php yang selanjutnya tampilannya seperti notepad:

pindahan hosting wordpress6

Pada file wp-confiq ini, agan integrasikan saja dengan database yang telah dibuat, lihat gambar:

pindahan hosting wordpress7

DB_NAME agan di user cPanel biasanya XXXX_google dan DB_USER agan XXXX_google dan isi pasword sesuai dengan pada waktu membuat database di cpanel. Lalu SAVE. Done!! Website agan akan terintegrasi terhadap hosting yang baru. NOTE: Proses propagansi DNS terkadang membutuhkan waktu 24-48 jam.

Ok, Pindahan hosting WordPress selesai sampai di sini. Silahkan kalau ada yang mau bertanya.

menguasaienglish

Tags: #cpanel #hosting

author
Penulis: 
Cara Membuat Database di CPanel Hosting WordPress
Cara Membuat Database di CPanel Hosting WordPress
Kali ini saya akan share cara membuat
  1. author

    Fadhly1 tahun yang lalu

    Nice. Saya pernah pindah hosting, pas dicoba ternyata ada beberapa artikel yg hilang.

    Balas
    • author
      Penulis

      Dani Ai1 tahun yang lalu

      Itu disebabkan proses pindahan hosting memakai metoda di Dashbord wordpress (tool importer). Cara tersebut kurang efektif. Kalau ingin 100% tuntas tanpa ada yang tertinggal kebanyakan blogger memakai cara manual yang saya tulis di atas, Yaitu backup manual Database + Semua file di Root dengan dicompress. Cara aman ini sering digunakan oleh para penyedia jasa pindahan hosting.

      NOTE: Kalo setelah pindahan hosting masih ada gambar yang tidak keload (hilang) itu sebenarnya tidak hilang cuma nama file media attachment yang berubah. Hal ini disebabkan karena ada nama file gambar yang kepanjangan (karakternya) dan memakai simbol atau karakter seperti tanda apostro ‘ atau tanda kutip “” dan & atau simbol keyboard lainnya. Jadi saran terbaik saya kalo mau upload gambar di Media WordPress sebaiknya nama filenya itu jangan kepanjangan dan hindari karakter aneh tersebut.

      Semoga membantu,
      Kang Dani

      Balas
  2. author

    sarmila certy spd1 tahun yang lalu

    Bismillahirahmanirahim
    Assalamu Alaikum Wr. Wb.

    KUNCI KEBERHASILAN SAYA JADI PNS
    4 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil Sampai sekarang ini. PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia, Terbukti setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag. Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua. Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SD 001 Pagaran Tapah Riua, Sudah 8 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk AIDU TAUHID, SE., M.Si beliau selaku (Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Beliau
    Bpk Aidu Tauhid, SE., M.Si
    No Hp 085-29-860-860-9,
    siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS. Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 02 Desember 2015 kemarin saya melakukan komunikasi pembicaraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS. Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Aidu Tauhid, SE., M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,
    Waalaikumsalam Wr. Wb

    Balas
  3. Cara Cepat Pindahan Hosting antar Server cPanel Berapapun Besar File-nya dalam 1 Menit | Tips Dani11 bulan yang lalu

    […] yakin kebanyakan teman blogger sudah mahir dalam pindahan hosting wordpress dengan ukuran file wp folder yang rata-rata kecil misalnya 100-300 MB. Nah, masalahnya bagaimana […]

    Balas

Tinggalkan pesan "Cara Pindah Hosting WordPress"

Baca Juga×

Top