Cara Merawat USB Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak

Di Komputer

Siapa yang tidak kenal dengan USB Flashdisk, dimana flashdisk merupakan media penyimpanan data yang sering digunakan para pengguna computer di dunia. Flashdisk memiliki segudang kelebihan, inilah yang sering membuat orang ingin selalu menggunakannya, karena bentuknya yang mungil, mudah dibawa kemanapun, dan terlebih lagi bisa sebagai tempat penyimpanan data. Tidak hanya itu saja, penggunaan flashdisk juga semakin digemari dalam dunia teknologi informasi, mulai dari untuk penyimpanan data berupa musik yang nantinya akan terhubung dengan pemutar musik, dsb. Hal ini tentu juga membuat kegunaan flashdisk semakin dirasakan oleh banyak orang.

menguasaienglish

Selain itu juga telah banyak sekali flashdisk yang dijual dengan berbagai merk serta harga yang murah meriah, dari tahun ke tahun harganya selalu menurun mulai dari kapasitas 2 GB yang terbesar sekarang mencapai 3 TB tentunya dengan perbedaan dan kelebihannya masing-masing. Untuk merawat sebuah flashdisk tidaklah sulit, hanya diperlukan perlakuan yang khusus, untuk itu bisa langsung disimak tips yang akan saya berikan dibawah ini:

  1. Back-up data
    Cobalah selalu melakukan back up data, dalam hal ini sangat penting sekali ketika Anda menyimpan data pribadi dan sejumlah file-file penting untuk dimasukkan ke hardisk komputer, karena jika sewaktu-waktu flashdisk terkena virus atau tidak terbaca jangan dibiarkan namun langsung format saja, agar virus bisa hilang seketika.
  1. Simpan di tempat yang kering
    Simpanlah flashdisk di tempat yang tidak basah atau tempat kering dengan suhu ruangan yang baik. Hal ini penting sekali karena jika disimpan ditempat yang lembab akan merusak komponen dari flashdisk itu sendiri.
  1. Cara remove yang benar
    Ketika melakukan remove atau mencabut flashdisk sebaiknya lakukan dengan cara “Safely Remove USB Mass Storage Device”. Hal ini terlihat sepele, tapi sering diabaikan oleh para pengguna komputer, maka tidak heran jika banyak sekali flashdisk yang rusak. Jadi cobalah untuk lebih memperhatikan hal yang kecil namun penting seperti ini.
  1. Gunakanlah seperlunya
    Menggunakan Flashdisk seperlunya saja, yang dimaksudkan disini adalah jangan terlalu sering menghubungkan flashdisk dengan komputer atau PC karena pada dasarnya setiap flashdisk memiliki life time atau masa penggunaan. Jadi biasanya jika flashdisk semakin sering digunakan untuk membaca data atau memindahkan data, maka akan semakin cepat mengurangi masa waktu pemakaiannya. Maka gunakanlah flashdisk dengan cara seefektif mungkin. Janganlah dibiarkan menempel secara terus menerus di port USB, dan ketika selesai dipakai, cabutlah flashdisk tersebut dengan cara yang telah dijelaskan pada point ke-3 di atas.
  1. Scan dan bersihkan secara berkala
    Jangan lupa untuk selalu membersihkan flashdisk Anda. Hal ini dimaksudkan ialah bahwa setiap konten atau isi flashdisk rentan terhadap serangan virus. Maka cobalah langsung membasminya dengan menggunakan antivirus, dan janganlah dibiarkan begitu saja karena hal ini akan berbahaya pula untuk komputer Anda, karena ketika terkoneksi dengan computer Anda maka secara otomatis flashdisk tersebut akan menularkan infeksi virusnya.
  1. Deteksi dini terhadap kerusakan
    Kenali kerusakan pada flashdisk Anda, jika flashdisk tiba-tiba tidak terbaca, mungkin inilah gejalanya awal kerusakan pada flashdisk Anda. Sebelum hal ini terjadi ada baiknya Anda pintar dalam mendeteksi jika adanya kerusakan pada flashdisk Anda, agar setiap data yang Anda simpan di dalamnya bisa terselamatkan.

Jadi itulah beberapa tips Cara Merawat USB Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak yang tentunya bisa Anda coba terapkan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada benda mungil yang satu ini.

Terlebih lagi di dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali para pengguna flashdisk seringkali kehilangan atau lupa dimana dia meletakkan flashdisk-nya setelah selesai dipakai. Hal ini juga harus Anda perhatikan karena memang pada dasarnya flashdisk memiliki ukuran yang kecil dan tentu akan mudah sekali trerselip atau hilang jika tidak diletakan pada tempat yang benar.

Semoga tips yang diberikan kali ini bisa bermanfaat.

menguasaienglish

author
Penulis: 
Perbaiki Sendiri Keyboard Laptop yang Rusak dengan Cara Ini
Perbaiki Sendiri Keyboard Laptop yang Rusak dengan Cara Ini
Pernahkan kamu ketika sedang bekerja dengan laptop
Cara Mengembalikan Data yang Terformat di Flashdisk/Hardisk
Cara Mengembalikan Data yang Terformat di Flashdisk/Hardisk
Anda tidak perlu panik jika mengalami data

Tinggalkan pesan "Cara Merawat USB Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak"

Baca Juga×

Top