Cara Menyelesaikan Rubik 3×3

Pernahkah anda memainkan rubik? Berapa lamakah anda dapat menyelesaikan nya? Bagi anda yang sudah mahir memainkan rubik pastinya anda akan dapat menyelesaikan dengan waktu yang singkat. Namun bagi pemula memainkan rubik memang cukup sulit dan membutuhkan waktu yang lama bahkan berjam jam atau malah anda tidak dapat menyelesaikan permainan rubik tersebut. Rubik  merupakan permainan dalam mengolah otak yang memang benar benar membutuhkan trik khusus agar dapat menyelesaikn nya. Jika anda penasaran ingin memainkan rubik namun anda belum dapat menyelesaikan nya karena anda belum mahir, nah, jangan khawatir karena pada kali ini kami akan memaparkan bagaimana cara menyelesaikan rubik 3×3. Mungkin anda bertanya kenapa kita harus  menguasai trik menyelesaikan rubik 3×3 terlebih dahulu? Kenapa tidak belajar dulu rubik 2×2? Alasannya karena untuk menyelesaikan rubik 2×2 maka anda harus dapat menguasai rubik 3×3 terlebih dahulu. Teknik yang digunakan dalam menyelesaikan rubik 3×3 itu lebih gampang daripada teknik dalam menyelesaikan rubi 2×2. Kebanyakan orang pun mengatakan bahwa dalam menyelesaikan rubik 2×2 itu agak sulit dibandingkan rubik 3×3.

Berikut cara menyelesaikan rubik 3×3:

–         Pertama tama buatlah cross (+) putih dengan center kuning.

–         Lalu cari semua edge putih. Perhatikanlah warna edge yang bersebelahan dengan edge putih tadi. Misalkan pada edge warna biru, maka anda harus sejajarkan atau putar ke sisi yang terdapat center biru dan putar 180 derajat. Begitupun dengan warna yang lainnya, misalnya edge merah, maka kita pun harus sejajarkan dengan center merah lagi dan putar 180 derajat. Lakukan hingga semua edge putih terorientasi dengan warna sisi sebelahnya.

–         Setelah cross putih jadi maka langkah selanjutnya yaitu meratakan sisi bawah menjadi putih semua. Caranya dengan mencari corner yang mengandung warna putih.

–         Perhatikanlah warna yang bersebelahan dengan corner putih tersebut, misal warna sebelahnya merah. Posisi putih di kanan dengan warna di sebelahnya merah maka posisikan merah sebagai muka.

–         Jika ada corner putih yang masih di bawah maka kita harus pindahkan ke atas. Karena jika di kiri maka L’ U L dan jika di kanan R U’ R’. Apabila putih telah di atas lalu gunakan algoritma RUR/LUL untuk menyelesaikan semua putih di bawah.

–         Jika sisi bawah sudah putih semua dan layer pertama sudah membentuk teratur dengan center maka langkah selanjutnya yaitu mertakan layer dua.

–         Carilah pasangan edge yang tidak mengandung warna kuning. Kita dapat memilih warna merah dan hijau atau biru dan orange. Misal kita memilih merah dan hijau maka putarlah sisi atas hingga edge hijau bertemu dengan center hijau. Perhatikanlah edge merah nya, kemudian kita letakkan di sisi merah. Hijau jadi muka, merah harus dikumpulkan di sisi yang terdapat center merah. Jika sisi center mereh ada di kiri maka gunakan algoritma U’ L’ U L U F U’ F’. Jika sisi yang terdapat center merah ada di kanan maka gunakan algoritma U R U’ R’ U’ F’ U F. Jika anda menemukan warna lain misalnya edge warna orange dan hijau maka gunakan juga algoritma yang sama.

anda juga bisa menonton video ini untuk dijadikan sebagai referensi;

–         Setelah layer dua selesai maka buatlah cross kuning pada sisi atas.

–         Jika sudah terbentuk cross kuning maka langkah selanjutnya yaitu ratakan sisi atas dengan kuning semua. Kemudian buat corner layer 3 terorientasi dan posisikan sisi yang warna nya sudah lengkap di belakang.

–         Perhatikanlah warna pada edge. Gunakan algoritma F 2 U L R’ F2 L’ R U F2 jika searah jarum jam.  Jika tidak searah jarum jam maka gunakan algoritma F2 U’ L R’ F2 L’ R U’ F2. Akhirnya rubik 3×3 selesai.

Cara Menyelesaikan Rubik 3×3 | John Oces | 4.5