Cara Mengkompres File PDF

Pada era yang serba canggih seperti sekarang ini, segala sesuatu menjadi lebih mudah dengan kemajuan teknologi. Namun, karena kecanggihan tersebut yang seharusnya memudahkan, tidak jarang menjadi hal yang justru menyulitkan bagi sebagian orang karena gaptek. Misalnya, untuk mengirim tugas kepada dosen atau bahkan mengirim lamaran kerja ke perusahaan bisa melalui e-mail. Tidak jarang mereka meminta agar file yang dilampirkan berupa PDF. Bahkan biasanya file tersebut berukuran kecil. Nah, bagaimana cara memperkecil file PDF tersebut? Anda tidak perlu khawatir disebut gaptek lagi. Berikut kita akan paparkan langkah-langkahnya.

Memperkecil ukuran file PDF bisa dilakukan secara online maupun offline. Secara online Anda bisa melakukannya melalui situs-situs penyedia layanan kompres pdf. Salah satu situs online yang menyediakan layanan kompres file pdf adalah smallpdf.com. Untuk melakukan kompres file pdf Anda di website tersebut langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut.

1. Pertama, ketik www.smallpdf.com pada address bar di browser Anda.

2. Pada homepage website tersebut, Anda akan melihat banyak pilihan seperti mengompres PDF, merubah PPT ke PDF, PDF ke PPT, JPG ke PDF, PDF ke JPG, Excel ke PDF, PDF ke Excel, Edit PDF, Word ke PDF, PDF ke Word, menggabungkan PDF, memisahkan PDF, memutar PDF, tanda tangan PDF, membuka kunci PDF dan melindungi PDF. Karena di sini Anda akan memperkecil ukuran file PDF Anda, maka yang harus Anda klik adalah “Mengompres PDF” jika web tersebut dalam bahasa Inggris pilih Compress PDF.

3. Pada sisi atas sebelah kanan terdapat Login dan Sign Up, apakah kita harus sign up dan login terlebih dahulu. Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi online ini bisa digunakan tanpa melakukan Sign in ataupun Login. Anda cukup klik “Letakkan PDF di sini Pilih File” yang terletak di tengah persegi panjang berwarna oren.

4. Pilih file yang akan Anda kompres dari PC Anda.

5. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga proses upload mencapai 100%, proses kompres akan berjalan secara otomatis.

6. Jika proses kompres sudah selesai, klik “Unduh File Sekarang”. Jika Anda ingin melakukan proses lain, seperti merubah file non PDF ke PDF atau sebaiknya, Anda tinggal klik “Tools” di sebelah kiri atas dan pilihlah salah satu pilihan sesuai kebutuhan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengkompres file PDF Anda secara offline menggunakan Microsoft Word dan gunakanlah aplikasi Office 2013 ke atas. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Buka program Microsoft di komputer atau laptop Anda.

2. Pilih File, Open dan carilah file PDF yang akan Anda kompres.

3. Saat Anda membuka file PDF di Microsoft Office, secara otomatis file tersebut akan diconvert ke Microsoft Word terlebih dahulu. Jika muncul pop up pemberitahuan klik “Ok”.

4. Jika dokumen sudah terbuka, klik Save As atau CTRL + S sehingga file tersebut akan kembali menjadi PDF.

5. Pilih Save as type PDF dan Optimize for minimum size (publishing online), lalu klik Save agar hasil kompres Anda tersimpan.

Mudah bukan? Namun Anda harus ingat, jika Anda mengkompres file PDF Anda, periksa kembali hasil dari proses kompres tersebut karena jika dalam file tersebut terdapat gambar, maka proses ini bisa mengurangi kualitas gambar atau bahkan membuat dokumen tersebut menjadi tidak begitu bagus atau blur.

Cara Mengkompres File PDF | John Oces | 4.5