Cara Menghias Kue Ulang Tahun untuk Pemula

Ulang tahun identik dengan kue ulang tahun, maka tak sedikit orang yang membeli kue ulang tahun untuk merayakan ulang tahun mereka. Biasanya mereka membeli kue ulang tahun yang memang kue tersebut di hias untuk acara ulang tahun. Harga kue ulang tahun nya pun bervariasi tergantung besar dan kecil nya kue serta tingkat kesulitan nya dalam membuat kue ulang tahun tersebut. Lalu apakah anda juga pernah membeli kue ulang tahun untuk merayakan ulang tahun anda, anak anda atau teman anda? Jika anda biasanya membeli kue ulang tahun, kali ini anda dapat mencoba membuat kue ulang tahun sendiri. Membuat kue ulang tahun bagi seorang pemula memang terasa sulit apalagi dalam menghias kue ulang tahun tersebut, diperlukan kemampuan dan ketelitian dalam membuatnya. Nah, pada kesempatan ini kami akan mengajak anda untuk mengetahui bagaimana cara menghias kue ulang tahun untuk pemula. Yuk langsung saja simak pembahasan nya di bawah ini.

Bagi pemula, anda dapat memulai belajar menghias kue ulang tahun dengan menggunakan butter cream, berikut langkah langkah nya:

  1. Pertama tama letakkan terlebih dahulu kue ulang tahun di atas meja putar kemudian rapikan potongan kue ulang tahun pada bagian samping dan atas dengan menggunakan pisau bergerigi tajam supaya permukaan kue menjadi halus.
  2. Lalu poleslah kue ulang tahun tersebut dengan buttercream secara tipis tipis dulu menggunakan pisau oles atau spatula.
  3. Setelah kue ulang tahun tersebut muali terlihat halus dan rapi, kemudian lapisi kembali dengan lapisan selanjutnya. Masukkanlah butter cream ke dalam plastik segitiga atau piping bag dan semprotkan secara merata di seluruh dinding kue ulang tahun dan bagian atasnya.
  4. Gunakanlah scrapper atau alat berbentuk seperti papan tipis yang dapat terbuat dari plastik atau stainless stell untuk merapikan polesan kue ulang tahun di bagian pinggir atau dinding kue dan juga di bagian atas nya kue.
  5. Jika anda menginginkan hasil kue ulang tahun yang lebih halus maka semprotkanlah kue ulang tersebut dengan sedikit air menggunakan sprayer lalu rapikan kembali kue ulang tahun tersebut dengan cara memutar meja putar.
  6. Setelah itu jangan lupa untuk memasukkan kue ulang tahun tersebut ke dalam kulkas kurang lebih sekitar 3 jam agar butter cream nya padat dan kokoh.

Setelah anda belajar menghias kue ulang tahun dengan menggunakan butter cream, anda juga dapat mencoba menghias kue ulang tahun dengan butter cream cokelat yang dipagari dengan wafer, berikut langkah langkah nya:

  1. Siapkan terlebih dahulu bahan bahan yang diperlukan seperti butter cream cokelat, kue dasar yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas, wafer berlapis cokelat misalnya snicker atau kit kat dan permen cokelat seperti m&m atau cha cha. Perlu diingat bahwa kue ulang tahun yang dipakai harus lebih pendek atau paling tidak sama tingginya dengan wafer lapis cokelat.
  2. Kemudian poleslah kue ulang tahun tersebut dengan butter cream menggunakan pisau oles atau spatula secara merata ke semua dinding kue, di bagian atas kue atau bagian samping kue. Perbanyak lah olesan pada dinding kue bagian samping.
  3. Tempelkan wafer lapis cokelat pada dinding kue ulang tahun yang telah anda olesi dengan butter cream, lakukan pada seluruh bagian kue hingga kue tertutupi dengan wafer lapis cokelat.
  4. Lalu letakkan permen cokelat yang telah anda siapkan sebelumnya  dia atas kue dan ratakan sampai bagian permukaan atas kue tertutup seluruhnya.
  5. Langkah terakhir, simpanlah kue ke dalam kulkas selama 3 jam sebelum disajikan.

Cara Menghias Kue Ulang Tahun untuk Pemula | John Oces | 4.5