Cara Mengecek Saldo Jamsostek

Bagi Anda pengguna Jamsostek, kini Anda bisa mengecek saldo Jamsostek Anda lebih mudah dengan adanya internet. Selain Anda bisa mendatangi kantor Jamsostek, kini Anda juga bisa mengeceknya secara online dan juga melalui sms. Kemudahan ini diberikan oleh pihak Jamsostek untuk mengembangkan dan memperbaiki pelayanan konsumen.

Pada umumnya, data lengkap yang berkaitan dengan saldo Jamsostek akan dikirim ke tempat Anda bekerja satu tahun sekali oleh pihak Jamsostek. Namun, mungkin Anda ingin mengetahuinya sekarang tanpa harus menunggu satu tahun. Bagaimana cara mengecek saldo Jamsostek? Berikut cara-caranya.

1.       Mendatangi Kantor Jamsostek

Anda bisa mengetahui jumlah saldo Jamsostek Anda dengan mendatangi kantor cabang Jamsostek yang dekat dengan rumah atau tempat Anda bekerja. Saat Anda tiba di kantor Jamsostek, Anda harusmenunjukkan nomor kartu Jamsostek Anda. Maka setelah itu, karyawan Jamsostek akan melayani Anda dengan segera. Namun, jika Anda datang ke kantor Jamsostek hanya untuk melihat saldo, rasanya kurang efektif. Apalagi jika Anda harus antri bersama orang lain sehingga memakan waktu yang cukup lama. Jika Anda malas datang ke kantor cabang Jamsostek dan malas untuk antri, maka kedua cara selanjutnya yang akan dibahas di bawah ini bisa menjadi solusi.

2.       Melaui SMS

Cara mengecek saldo Jamsostek yang lebih mudah adalah dengan melalui SMS. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan data Anda terlebih dahulu agar Anda bisa memperoleh nomor ID. Cara mendaftarnya yaitu dengan mengetik: REG#NoJamsostek#Tgl_lahir#Nama_Ibu_Kandung. Kirim pesan tersebut ke nomor 08111009696. Anda akan mendapat balasan yang berisi nomor ID Anda. Dan setelah itu, Anda bisa melihat saldo Jamsostek dengan mengirim SMS dengan mengetik: Saldo#No_Id dan kirim pesan terebut ke nomor yang sama saat Anda registrasi.

3.       Melalui Internet

Cara mengecek saldo Jamsostek melalui internet, Anda harus mempersiapkan detil nomor kepesertaan Jamsostek Anda dengan mempersiapkan kartu Jamsostek Anda. Lalu kunjungi www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Jika Anda sudah sampai di situs tersebut, klik di kolom tenaga kerja lalu Anda akan masuk ke halaman login dan registrasi. Lakukan login di laman ini dengan klik login. Masukkan user ID dan juga password akun BPJS Anda dan klik Sign In. Jika Anda sudah memiliki akun lama di Jamsostek, Anda tinggal login menggunakan akun tersebut. Tapi, jika Anda belum terdaftar, pada situs ini Anda bisa klik kolom tenaga kerja dan masuk ke halaman login dan registrasi sama seperti cara Anda hendak login tadi. Namun, langkah selanjutnya bukanlah mengklik Login melainkan Registrasi. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi data-data.Maka isilah data tersebut sesuai dengan yang diminta dan jika sudah selesai, klik Submit data. Anda akan mendapat pemberitahuan bahwa akun Anda sudah aktif dan Anda bisa mengecek saldo Jamsostek Anda dengan user ID dan juga password Anda. Untuk melihat informasi saldo, pilihlah Buku JHT yang terletak di bagian kanan atas, maka Anda akan bisa melihat saldo Jamsostek Anda.

4.       Melalui ATM BNI

Jika Anda adalah nasabah BNI, maka Anda bisa mengecek saldo Jamsostek Anda dengan menggunakan kartu ATM BNI Anda. Namun perlu diingat bahwa saldo tersebut hanya bisa Anda cek saja tanpa bisa dilakukan penarikan.

Demikian cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pengecekan saldo Jamsostek Anda. Anda bisa memilih salah satu dari cara-cara yang telah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat!

Cara Mengecek Saldo Jamsostek | John Oces | 4.5