Cara Mengecek No Resi JNE

PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir atau yang sering kita sebut JNE berdiri pada tahun 1990. Saat ini JNE mempunyai jaringan di kota besar di seluruh Indonesia. Layanan JNE telah tersedia di lebih dari 1000 lokasi, termasuk di dalamnya lebih dari 150 lokasi agen yang telah terhubung secara online. Kantor pusat JNE berada di Jl. Tomang Raya No 11 Jakarta Barat 11440. Banyak toko online atau perusahaan besar maupun kecil yang menggunakan jasa pengiriman JNE untuk mengantarkan barang atau dokomen yang dipesan oleh konsumen mereka. E-commerce dan marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Shopee, Blibli, Zalora, Berrybenka, Elevania dan Matahari mall pun menyediakan pilihan JNE untuk kurir pengiriman mereka.

Lantas bagaimana cara mengecek no resi JNE? Para pengguna layanan JNE dapat melakukan tracking melalui website resmi JNE yaitu www.jne.co.id. Caranya pun sangatlah mudah, anda tinggal memasukan no resi, lalu isi captcha dan klik cari. Selain itu resi JNE juga dapat dicek melalui aplikasi MyJNE berbasis android. Jika anda pengguna android, maka anda dapat mendownload dan instal aplikasinya di Google Play Store. Setelah anda berhasil mendownload aplikasi MyJNE tersebut maka anda dapat menggunakannya untuk mengecek no resi JNE, caranya masukkan no resi yang akan dicek kemudian klik cari.

JNE mempunyai empat layanan yaitu JNE Express, JNE Logistic, JNE Freight dan E-Commerce. JNE sendiri mempunyai jenis layanan dalam pengiriman, seperti JNE REG (Reguler), JNE YES (Yakin Esok Sampai) dan JNE OKE ( Ongkos Kirim Ekonomis). Jika anda menginginkan pengiriman paket yang lebih cepat, maka anda dapat menggunakan JNE YES. Dengan menggunakan layanan JNE YES maka dipastikan paket atau barang yang anda kirim akan sampai di tujuan pada keesokan harinya termasuk pada hari libur nasional dan hari Minggu. Namun perlu anda ketahui bahwa layanan JNE YES ini tidak tersedia di semua kota. JNE juga menyediakan layanan JNE OKE ke berbagai kota di Indonesia. Layanan JNE OKE ini cocok sekali untuk anda yang menginginkan ongkos kirim yang lebih murah.

Ada beberapa istilah penting dalam status pengiriman JNE yang mesti anda ketahui. Dalam tracking resi JNE, kita akan menemukan sejumlah istilah atau kode yang memberitahukan perpindahan paket kiriman dari satu kota ke kota lainnya. Istilah-istilah tersebut antara lain:

  1. Manifested yaitu paket atau barang yang akan dikirim telah diterima oleh pihak JNE, sudah siap dan tinggal menunggu proses pengiriman.
  2. On Transit yaitu paket atau barang yang dikirim sedang dalam proses pengiriman oleh pihak JNE dan selanjutnya akan diikutkan dengan jadwal pengiriman menuju ke kota tujuan.
  3. On Process yaitu paket atau barang yang dikirim sedang dalam proses pengiriman. Pada tahap ini biasanya akan sedikit lama dalam menunggu pemberitahuan selanjutnya.
  4. Received on Destination yaitu paket atau barang telah diterima oleh pihak JNE di kota tujuan pengiriman, namun paket atau barang masih belum dikirim ke alamat yag dituju.
  5. Delivered yaitu paket atau barang telah diterima oleh penerimanya di alamat tujuan.
  6. AU (Antar Ulang) yaitu paket atau barang anda telah dikirim namun karena belum sempat diantar oleh pihak JNE pada hari sebelumnya maka paket atau barang tersebut pun akan diulangi kembali hari ini.

Cara Mengecek No Resi JNE | tipsdani | 4.5