pilih Application Manager -> pilih BBM -> tap Clear Data. Kemudian coba buka lagi" /> pilih Application Manager -> pilih BBM -> tap Clear Data. Kemudian coba buka lagi" />

Cara Mengatasi BBM Android Tidak Bisa Terhubung ke Internet

Sobat pasti pernah geram ketika udah install atau mau login BBM di Android malah tidak bisa tersambung ke koneksi internet, padahal kuota internet kamu masih banyak. Saya pun sering mengalami BBM Android tidak terhubung ke internet walaupun aplikasinya sudah diupdate ke versi terbaru, tampilannya ‘BBM Not Connection Found’ seperti ini kan?

Mengatasi BBM Android Tidak Bisa Terhubung ke Internet

Saya pikir Blackberry kurang serius mengembangkan aplikasi BBM di Android mulai dari rilis pertamanya sampe saat ini masih ada aja yang ga beres, ini yang bikin kesel! Tapi tenang saja saya punya tips jitu mengatasi stuck ketika login.

Baiklah, saya jelaskan dulu penyebab umum dari bug BBM for Android tidak terhubung ke internet:

  • Mungkin ada masalah dengan koneksi internet kamu semacam lemot kayak siput
  • Coba cek lagi Pengaturan Tanggal, Jam dan Tahun
  • Periksa “Setting Up BBM” yaitu adanya Setting Android yang mengganggu. Silahkan kamu Masuk ke menu Setting -> pilih Application Manager -> pilih BBM -> tap Clear Data. Kemudian coba buka lagi BBM kamu dan setting ulang.

Kalau ketiga langkah di atas sudah dilakukan dan masih ada masalah, silahkan ikuti tutorial berikut.

Secara default/bawaan pabrik, Access Point Name (APN) di HP android kamu ada 2 yaitu settingan Proxy & Port kosong, atau Proxy & Port ada yang udah terisi.
Berikut saya terjemahkan aja nama menu-menunya pake bahasa Indonesia:
Sekarang kamu buka menu Pengaturan -> Pengaturan lainnya -> Jaringan Seluler -> Nama Poin Akses.

Mengatasi BBM Android Tidak Bisa Terhubung ke Internet1

Pilih paket data yang digunakan saat ini.

Mengatasi BBM Android Tidak Bisa Terhubung ke Internet2

TIPS 1: Pengaturan Bawaan/Default dengan Proxy & Port yang Terisi

  1. Untuk dokumentasi, pastikan kamu mencatat nomor Proxy dan Port, kemudian kosongkan/hapus proxy dan port tersebut. Kemudian nyalakan lagi perangkat androidnya. Sekarang dicoba Login ke BBM Messenger kamu.
  2. Kalo masih gak mau login, hapus Username dan Password pada menu Edit poin akses tampilan di atas.
  3. Dengan cara ini masih tidak bisa login juga, silahkan hapus data BBM di menu Pengaturan -> Manajer aplikasi -> pilih BBM -> Hapus data (Sebelum menghapus kamu pastikan tidak lupa ID dan Password Login ke BBM).  Note: Data kontak BBM tetap aman karna ini yang dihapus cuma data pemakaian memori CPU aja. Sekarang coba login lagi ke BBM kamu, kalau berhasil semua Kontak teman akan tampil/pulih dan siap digunakan.
  4. Masih ada gagal? Coba ganti koneksi internetnya pake kartu provider lain, tapi sebelumnya hapus dulu ya data BBMnya seperti langkah no. 3 di atas.

TIPS 2: Kondisi Pengaturan Default Proxy & Port Kosong

Kamu bisa menanyakan kepada operator provider Konfigurasi GPRS atau bisa pake ini aja, berikut detail isian Proxy dan Port masing-masing operator:

  • Telkomsel -> Proxy : 10.1.89.13 Port : 8000
  • Xl -> Proxy : 202.152.240.050 Port : 8080
  • Axis -> Proxy : 10.8.3.8 Port: 9201 atau 8080
  • Indosat -> Proxy : 10.19.19.19 Port : 8080
  • 3 -> Proxy 10.4.0.10 Port: 3128
  • Smartfren -> Proxy 10.17.27.250 Port : 8080

Oke, sekarang coba Login ke BBM kamu. Semoga bisa ya!

  1. Seperti biasa, kalo masih gagal silahkan hapus data BBM di menu Pengaturan -> Manajer aplikasi -> pilih BBM -> Hapus data. Kemudian cobain Login ke BBM.
  2. Masih gagal juga? Coba ganti koneksi internetnya pake kartu provider lain, tapi sebelumnya hapus dulu data BBM kek di atas.

Jika Pending: Untuk sobat yang berhasil Login/Sign in ke BBM tapi selalu gagal mengirim pesan atau status pesannya malah pending, santai aja! Penyebabnya kalo kamu pernah mengganti kartu SIM jadi pengaturan APN harus disesuaikan dengan cara setting isi Proxy dan Port kek di atas.

Seharusnya dengan salah satu langkah dari saya tersebut kamu sudah bisa menggunakan BBM sekarang ini, tetapi kalau masih gagal juga, silahkan install BBM versi lama maksimal v 2.0.0.13, pokoknya yang belum ada fitur stiker.

====================================

PENGALAMAN TENTANG BBM VERSI LAMA:

Setting Up BBM

BBM baru banyak bug/cacat kek gini walaupun tidak semua orang sih! Kalo BBM kamu slalu tampil tulisan “Mengatur BBM” solusinya instal BBM versi lama yang menurut pengalamanku lancar jaya, kalaupun ada masalah cuma di awal-awal aja dan itu pun jarang terjadi, selanjutnya sih lancar terus. Itulah kelebihan BBM old version!

Cara Instal BBM Versi Lama

Jangan main Replace/timpa tapi Uninstall dulu BBM versi sekarang yang kamu pake, lalu install versi jadul mulai BBM v2.0.0.13 ke bawah (belum ada fitur stiker). Cari aja di mbah Google ya.. Pastikan kamu mencatat ID & Password sign in BBM sebelumnya.

Hey, Guys! kalo sebelumnya perangkat Android sobat sekalian pernah bisa dipake BBM-an dan sekarang masih tetep error Login, Langkah paling akhir adalah mengembalikan HP kamu ke setelan pabrik (FACTORY RESET) agar semuanya kembali ke pengaturan awal kamu beli HP. Otomatis di memori internal semua kontak nomor telepon, gambar, dan data lainnya hilang kecuali data atau file di SD Card. So pastikan kamu back up atau bikin cadangan dulu ya.

Jika kamu sudah lancar pake BBM versi lama, please jangan update dulu ke BBM versi baru. Kita cuma bisa menunggu informasi sampai pihak Blackberry memperbaiki Bug tersebut. Tapi kalo mau coba silahkan, cuma resikonya sobat melakukan langkah-langkah di atas.

Ini kemungkinan terakhir: seandainya di antara sobat sekalian masih terdapat gagal monggo tanyakan perihal ini ke operator seluler masing-masing, bisa jadi toh problemnya ada di salah satu jaringan internet mereka.

Cara Mengatasi BBM Android Tidak Bisa Terhubung ke Internet | Dani Ai | 4.5