Cara Memperbaiki MicroSD yang Tidak Terbaca Pada Perangkat Android

Di Android

MicroSD atau yang biasa kita kenal dengan sebutan kartu memori eksternal merupakan salah satu perangkat yang paling dibutuhkan oleh para pengguna smartphone saat ini. Walaupun sudah banyak sekali gadget atau smartphone yang mempunyai kapasitas memori internal dalam ukuran yang sangat besar, tetapi tetap saja para pengguna smartphone masih membutuhkan adanya memori eksternal tambahan atau MicroSD pada perngkat yang mereka pakai, yang tujuannya adalah untuk menyimpan data-data penting milik mereka.

menguasaienglish

Saya yakin mungkin kamu pernah mengalami masalah dengan memori eksternal yang tidak terbaca (damage) atau rusak. Dengan memori yang tidak terbaca ini pastinya akan menyulitkan kamu ketika akan memindahkan file atau data-data yang ada di dalam memori tersebut. Saya akan berbagi cara untuk mengatasi masalah memory card yang tidak terbaca di petrangkat Android kamu, dan bisa dilakukan dengan sangat mudah untuk memperbaiki memori tersebut.

  1. Cobalah untuk Membersihkan Kartu Memori

  • Hal yang pertama untuk mengatasi masalah memory card rusak atau tidak terdeteksi adalah dengan cara mengeluarkan kartu memori tersebut terlebih dahulu dari gadget kamu. Sebelum melepasnya pastikan kamu sudah mematikan gadgetnya terlebih dahulu.
  • Pada bagian lempengan tembaga yang biasanya berwarna kuning keemasan bersihkanlah dengan menggunakan penghapus pensil yang berwarna putih. Gosoklah secara perlahan-lahan hingga bersih dari debu atau kotoran yang menempel.
  • Jika kamu yakin MicroSD tersebut sudah bersih, cobalah untuk memasukkan kembali MicroSD tadi ke dalam slot memori gadget-mu, lalu lakukan pengetesan apakah sudah kartu memori tersebut sudah terbaca atau belum.
  1. Lakukan Format Langsung dari Perangkat Android

  • Untuk melakukan format dari perangkat Android kamu caranya sangatlah mudah yaitu: masuklah ke menu Setting, kemudian pilih Storage.
  • Di dalam menu tersebut kamu akan melihat terdapat opsi pilihan Erase SD card, dan dengan memilih atau meng-klik opsi tersebut maka dapat dipastikan akan membuat memori eksternal kamu menjadi bersih seperti baru.
  1. Lakukan Pengecekan Error dari Komputer

  • Hubungkan perangkat Android kamu ke laptop atau PC melalui kabel data. Pastikan kamu untuk mengubah pengaturan perangkat Android kamu yang telah terhubung ke dalam mode Mass storage mode (MSC), dan bukan Media transfer mode (MTP).
  • Kemudian bukalah Windows Explorer pada komputer atau laptop kamu
  • Klik kanan pada drive kartu memori ekternal kamu, pilih tab Properties, Tools, lalu Error Checking, dan tunggulah hingga semua proses selesai dilakukan.
  • Setekah semua selesai, lepas atau Eject kartu memori kamu, lalu cek kembali apakah sudah terbaca atau belum.
  1. Lakukan Format dari Komputer

    Langkah terakhir jika MicroSD atau kartu memori eksternal kamu masih belum juga terbaca di perangkat Android-mu akan tetapi terlihat baik-baik saja di computer, maka cobalah cara ini:
  • Buatlah sebuah folder baru di Local Disk komputer kamu, beri nama apa saja, karena nanti folder baru tersebut akan menjadi tempat penyimpanan sementara atau backup folder dari semua data yang berada di dalam kartu memori yang rusak tadi.
  • Copy seluruh isi file dan data dari kartu memori yang rusak tersebut, lalu Paste ke dalam folder baru yang sudah dibuat di Local Disk komputer kamu tadi.
  • Jika kamu sudah yakin semua file dan data telah tersalin seluruhnya, maka lakukanlah format terhadap kartu memori tersebut.
  • Setelahnya kembalikan semua data-data yang ada di folder Local Disk komputer kamu tadi ke dalam memori yang sudah di-format tersebut.
  • Lakukan pengecekan ulang pada perangkat Android-mu, apakah sekarang memori eksternal tersebut terbaca atau tidak.

Demikianlah tips sederhana tentang Cara Memperbaiki MicroSD yang Tidak Terbaca Pada Perangkat Android. Sebagai catatan bahwa beberapa point langkah yang telah saya jelaskan di atas, tidak sepenuhnya 100% menjamin MicroSD kamu yang rusak akan menjadi bagus kembali. Semua sangat tergantung seberapa parah kerusakan yang terjadi pada MicroSD kamu. Jika kamu telah melakukan seluruh langkah di atas, namun masih saja MicroSD kamu rusak, maka belilah yang baru karena bisa jadi mugkin sudah waktunya kamu menggantinya dengan yang baru.

menguasaienglish

author
Penulis: 
Cara Screenshot Oppo Neo 7
Cara Screenshot Oppo Neo 7
Bagi kalian pngguna smartphone tentunya sudah terbiasa
Cara Melindungi Data dari Pencurian pada Aplikasi Perangkat Android
Cara Melindungi Data dari Pencurian pada Aplikasi Perangkat Android
Tanpa disadari, ternyata ada banyak aplikasi yang
Tips Cara Menggunakan Fitur Dasar di WhatsApp Messenger
Tips Cara Menggunakan Fitur Dasar di WhatsApp Messenger
Tahukah Anda sobat Tips Dani bahwa aplikasi
Cara Mudah Mengatasi Bootloop Pada Smartphone Berbasis Android
Cara Mudah Mengatasi Bootloop Pada Smartphone Berbasis Android
Apakah smartphone Android Anda mengalami bootloop, mati

Tinggalkan pesan "Cara Memperbaiki MicroSD yang Tidak Terbaca Pada Perangkat Android"

Baca Juga×

Top