Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Warnanya Tercampur

Di Printer

Jika Anda memiliki printer yang masih dalam keadaan baru, mungkin pada saat proses mencetak dokumen masih berjalan lancer dan baik, namun seiring waktu berjalan mesin printer lambat-laun pasti akan mengalami suatu masalah. Contohnya jika yang anda mengalami hasil cetakan yang sudah tidak normal seperti biasanya, maka anda bisa melakukan tips yang akan saya berikan berikut ini untuk menanganinya.

menguasaienglish

Penyebab Masalah

Seringkali kita tidak mengetahui apa penyebab dari terjadinya penyumbatan atau macet pada cartridge printer Anda. Hal inilah yang mengakibatkan peluang untuk terjadinya macet pada printer Anda akan lebih sering. Diharapkan dengan mengetahui apa saja hal-hal yang dapat memicu terjadinya macet tersebut, maka Anda dapat menghindarinya. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

  • Suhu head printer terlalu panas akibat dari terlalu banyaknya bekerja dalam melakukan proses pencetakan. Sebaiknya beri jeda waktu disaat ada banyak dokumen yang harus dicetak, istirahatkanlah sebentar lalu lanjutkan kembali agar suhu head tetap normal dan stabil.
  • Printer sering menganggur atau tidak dalam keadaan digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Jarang melakukan maintenance head cleaning terhadap printer.

Jika Anda biasa mengisi tinta printer dengan cara disuntik, mungkin karena lupa atau terburu-buru pernah melakukan kesalahan dalam mengisi tinta yang tidak sesuai dengan warnanya. Misalkan saja warna magenta Anda isi dengan tinta warna cyan. Hal inilah yang biasanya sering terjadi pada jenis printer yang menggunakan teknik menggabungkan warna (magenta,cyan,yellow) dalam satu wadah cartridge saja.

Apabila Anda sudah terlanjur salah mengisi tinta, maka berikut ini saya akan berbagi tips pengalaman cara memperbaiki cartridge yang warnanya sudah terlanjur tercampur. Dalam hal ini saya menggunakan printer merk Canon type ip2770 dengan jenis cartridge warna type PG-811. Namun jika Anda menggunakan printer merk lain, tidak masalah asalkan saja cartridge yang Anda pakai sejenis dengan cartridge type PG-811, maka kemungkinan juga bisa. Ada dua langkah mudah yang bisa sobat lakukan, dengan cara sebagai berikut:

Langkah Pertama

Alat-alat yang diperlukan

  • Beberapa suntikan baru yang masih belum pernah digunakan
  • Beberapa lembar tissue

Cara pengerjaan

  1. Ambil suntikan yang masih baru, lalu masukkan jarumnya ke dalam lubang tinta catridge yang warnanya sudah tercampur.
  2. Sedotlah tinta dari dalam tangki cartridge yang warnanya tercampur tersebut sampai benar-benar habis.
  3. Lalu bersihkan dengan menggunakan tissue pada ujung head catridge tinta, dimana hal ini juga berguna untuk membantu proses pengurasan sisa tinta agar lebih bersih sempurna.
  4. Kemudian isi kembali catridge dengan warna yang semestinya sesuai dengan tata letaknya ke dalam lubang catrige, dengan menggunakan suntikan baru secara perlahan-lahan.
  5. Lakukanlah pengecekan dengan cara mencetak gambar (usahakan agar gambar yang akan dicetak tersebut terdiri dari gabungan beberapa warna-warni yang tercampur. Misalnya jika warna magenta yang tercampur, maka sebaiknya carilah file gambar yang lebih dominan menggunakan warna magenta tersebut. Dan jika warna yang dihasilkan cartridge printer Anda masih belum normal atau masih tercampur, maka ulangi lagi langkah point ke-1 hingga point ke-4 seperti yang saya berikan di atas.

Langkah Kedua (Alternatif)

 Alat-alat yang diperlukan

  • Sebuah obeng minus (-) atau pisau jenis cutter.
  • Beberapa lembar tissue
  • Perekat jenis isolatip

Cara pengerjaan

  1. Bukalah penutup cartridge dengan cara dicongkel menggunakan obeng minus (-) atau pisau cutter sampai terbuka dan terlihat busa catridge-nya.
  2. Ambilah busa dari dalam cartridge tersebut, lalu bersihkanlah busa dengan menggunakan air panas agar sisa tinta yang menempel tersapu bersih dengan baik.

  3. Lalu keringkan busa catridge tersebut.
  4. Setelah busa kering, masukkan kembali busa catridge pada tempatnya semula.
  5. Isilah tangki catridge dengan warna yang semestinya, lalu tutup kembali catridge dengan menggunakan isolatip seal agar tutupnya merekat kembali dengan baik.

Catatan:

Hati-hatilah dalam melakukan 2 langkah cara diatas, seperti kita tahu bahwa pada bagian depan cartridge terdapat titik-titik kecil berwarna emas yang disebut catridge chip. Bagian tersebut sangatlah sensitif, maka jangan sampai Anda menyentuhnya dengan tangan ataupun terkena tumpahan tinta, karena ini akan berpengaruh terhadap kinerja catridge printer Anda.

Demikian tips kali ini, semoga sedikit membantu sobat tips dani dalam memperbaiki cartridge printer-nya yang mungkin tanpa sengaja telah tercampur warnanya.

menguasaienglish

author
Penulis: 
No related post!

Tinggalkan pesan "Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Warnanya Tercampur"

Baca Juga×

Top