Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke Eksternal SDCard

Di Gadget

Cara Memindah Aplikasi Android Ke Eksternal SDCard 2Banyak yang menanyakan cara menggunakan Link2SD lewat kontak form tujuannya untuk memindahkan aplikasi Android ke Memori Eksternal, tentu saja itu mudah untuk dilakukan hanya dengan mengikuti beberapa langkah dari tutorial di bawah. Idealnya trik yang akan kita lakukan untuk memindahkan aplikasi android ke SD Card adalah tanpa root agar garansi handphone kamu tetap berlaku, tetapi itu sulit untuk dilakukan dan oleh karena itu silahkan baca saja tutorialnya secara teliti agar tidak ada resiko. Seneng banget jika internal memori HP jadul seperti Xperia X8, Galaxy Young, Galaxy Mini, Galaxy Ace, dsb.. yang rata-rata 300MB – 1Gb bisa tetap di install banyak aplikasi karena penyimpanannya sudah bisa ditangani oleh external memori meskipun ada space yang tetap terpakai di memori internal tetapi jangan khawatir persentasenya kecil banget.

menguasaienglish

Ada hal yang perlu kamu ketahui kelemahan dari melakukan instal aplikasi android di external memori yaitu resiko penurunan performa Android karena saat ini teknologi kemampuan read & write internal memori masih lebih bagus daripada external memori meskipun dia kapasitas dan kecepatannya lebih gede dari internal HP kamu. Oleh karena itu, padai-pandailah memilih SD Card yang terbaik untuk Android.

Pada umumnya internal memori kapasitas 2Gb cukup untuk dimasukan sekitar 100 aplikasi. Jadi, pilihan tergantung pada anda?

Baik, kita mulai bagaimana cara memindahkan aplikasi Android ke eksternal memori (SDCard) memakai aplikasi gratis dan sangat mudah yaitu Link2SD. Di dalam tutorial ini juga dijelaskan cara mudah install Link2SD untuk keperluan tadi.

Silahkan membaca lebih dulu sebelum action agar tidak terjadi resiko yang tidak diinginkan, dan kalupun terjadi sepenuhnya resiko milik Anda, dan penulis tidak bertanggung jawab akan hal itu.

  1. Tahap 1, pastikan Ponsel Android kamu sudah dalam keadaan ter-root.
  2. Tahap 2, Memori SD Card yang harus kamu siapkan minimal 4GB selanjutnya nanti dipartisi ulang, karena ukuran external memori 1-2GB sangat tidak cukup! jadi kamu siapkan saja 4GB. Skema space partisinya seperti ini: 3,5GB untuk keperluan Data + 500MB tempat aplikasi.
  3. Bikin dulu Partisi kesatu (Primary – Fat32), dan Partisi kedua sebagai tempat menyimpan aplikasi android yang diarahkan oleh Link2sd (Primary – Fat32). Anda mungkin bertanya kenapa harus format FAT32? Silahkan dibaca tutorial Cara Benar Mempartisi SD Card Link2SD Android
  4. Kemudian sesudah SDCard dipartisi, install aplikasi Link2SD dari Google Playstore.
  5. Buka aplikasi Link2SD
  6. Pada waktu Link2SD pertama kali dijalankan, nanti muncul berbagai pilihan jenis dari sistem partisi SD Card kamu:
    Cara Memindah Aplikasi Android Ke Eksternal SDCard
  7. Pilih saja FAT32 / FAT16 kemudian tap tombol OK
  8. Tunggu sampai proses selesai dan muncul pop-up “Restart your smartphone _Mount script created and please restart your phone to mount the 2nd partition dst….“. Nah, sampai di sini kamu udah berhasil menginstall Link2SD dengan benar.
  9. Langkah paling akhir silahkan kamu link-kan berbagai aplikasi di perangkat android kamu ke dalam partisi yang udah dibuat sebelumnya dengan Link2SD.
  10. Done!!

Tutorial memindahkan Aplikasi Android ke SD Card se-sederhana itu saja. Sebagai referensi tambahan bisa juga membaca Panduan Cara Menggunakan Link2SD.

menguasaienglish

Tags: #Android

author
Penulis: 
Cara Memasang Sendiri Anti Gores Pada Layar Ponsel
Cara Memasang Sendiri Anti Gores Pada Layar Ponsel
Salah satu dari aksesori yang banyak diburu
Gambar DP BBM Lucu Bergerak Terbaru 2015
Gambar DP BBM Lucu Bergerak Terbaru 2015
Kumpulan foto dp bbm lucu bergerak suka
Aplikasi Download Video Youtube
Aplikasi Download Video Youtube
Cara download video Youtube di Android mudah

Tinggalkan pesan "Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke Eksternal SDCard"

Baca Juga×

Top