Cara Membuat Tas Tali Kur Bagian Bawah

Tas tali kur adalah salah satu jenis tas yang memiliki desain yang cantik, unik dan menarik. Motif tas tali kur pun sangat beragam, ada yang motif bunga, daun, sisik ikan, kerang dan lain lain. Kerajinan tas tali kur ini sebenarnya terkenal dengan nama Macrame. Namun di Indonesia sendiri terkenal dengan nama tali kur. Kata Macrame berasal dari penenun Arab tepatnya pada abad ke 13 yang mana saat itu mereka senang membuat simpul dari benang benang. Simpul simpul tersebut mereka rangkai hingga ke tepi kain sambil menggerakkan tangan sehingga membentuk anyaman yang dekoratif dan indah seperti syal atau kerudung.

Akhir akhir ini kerajinan tali kur seperti kalung, gelang dan tas menjadi popular digunakan di Indonesia. Banyak sekali kaum wanita yang senang memakai tas tali kur. Sebagian mereka mengatakan bahwa mereka senang memakai tas tali kur karena desain nya yang unik dan cantik. Selain itu kelebihan dari tas tali kur juga dikarenakan bahannya yang sangat kuat sehingga membuat tas tali kur ini lebih awet dan bertahan lama. Lantas bagaimana cara membuat tas tali kur? Sebenarnya cara membuat tas tali kur sangatlah mudah bagi mereka yang sudah mahir membuatnya. Namun bagi pemula, anda pun dapat membuat tas tali kur asalkan anda mau belajar dan tentunya harus dengan ulet. Ternyata dalam membuat tas tali kur dimulai dari bagian atas lalu terakhir adalah bagian bawahnya. Bawah tali kur merupakan kunci utama dalam membuat tas tali kur agar tas tali kur tersebut dapat dipakai. Mungkin bagi sebagian orang akan merasa kesulitan dalam membuat tas tali kur pada bagian bawahnya. Tas tali kur akan terlihat bentuknya ketika bagian bawahnya selesai. Lantas bagaimana cara yang baik dan benar dalam membuat tas tali kur bagian bawah? Nah pada kesempatan ini kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat tas tali kur bagian bawah. Yuk langsung saja simak pembahasan nya berikut ini.

Cara pertama membuat tas tali kur bagian bawah yaitu dengan menganyamnya seperti anyaman bagian atasnya. Anyamlah dari dua bagian ujung sisi tas tali kur dengan membentuk segitiga sama kaki. Setelah itu anyamlah dengan meninggalkan beberapa tali. Sebelum anda melakukan cara ini, jangan lupa rapikan dulu tas tali kur nya. Ukurlah seberapa lebar bagian bawah tas tali kur agar ketika bagian bawah tas tali kur sudah selesai, bagian bawahnya tidak kekecilan dan akan terlihat seimbang juga rapi.

anda dapat melihat video panduan dibawah ini;

Cara kedua dalam membuat tas tali kur bagian bawah adalah dengan meninggalkan satu persatu talinya sambil diukur seberapa lebar bagian bawah tas nya. Kemudian mulailah menganyam dari ujung sisi tas. Anyamlah dengan rapi. Cara ini mungkin akan cocok dibuat untuk tas tali kur dengan motif sisik ikan.

Jika anyaman tas tali kur bagian bawah sudah hampir selesai barulah tas tali kur anda balik untuk menyelesaikannya. Lama proses pembalikan yaitu selama dua kali. Pertama yaitu untuk menyelesaikan anyaman tas tali kur bagian bawah, seperti menyimpul tali, merapikan dan mengunting tali sehingga hasil tas tali kur akan terlihat rapi dan cantik. Kedua yaitu untuk membalikan pada posisi yang pertama. Setelah itu jadilah tas tali kur yang cantik dan siap dipakai. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa.

Cara Membuat Tas Tali Kur Bagian Bawah | John Oces | 4.5