Cara Membuat Setrum Ikan dengan CDI Motor

Mencari ikan merupakan salah satu kegemaran bagi laki-laki, umumnya bagi laki-laki di pedesaan. Sungai-sungai dan rawa-rawa menjadi tempat terfavorit bagi mereka yang gemar mencari ikan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan ikan. Memancing mungkin menjadi teknik mendapatkan ikan yang paling popular. Teknik lain yang tak kalah popular adalah mendapatkan ikan dengan menggunakan jala, menombak, meracuni ikan, menggunakan setrum, dan lain sebagainya. Dalam kesempatan ini, Anda akan mengetahui lebih jauh tentang teknik mendapatkan ikan dengan menggunakan setrum.

Sebenarnya, teknik mendapatkan ikan dengan menggunakan setrum termasuk teknik yang kurang baik dan tidak dianjurkan. Meski demikian, tidak ada larangan dari pemerintah atau pihak terkait tentang ini. Mendapatkan ikan dengan menggunakan setrum akan menyiksa ikan-ikan yang ada. Namun, tetap saja banyak yang memilih teknik ini untuk mendapatkan ikan.

Setrum ikan dapat Anda rakit dengan memanfaatkan barang-barang sederhana atau bekas yang dapat ditemui dengan mudah di rumah dan sekitarnya. Ada berbagai macam setrum ikan yang dapat dibuat dengan barang-barang yang berbeda. Salah satu setrum ikan yang paling terkenal adalah setrum ikan dengan CDI Motor. Barang-barang yang perlu dipersiapkan untuk membuat setrum ikan dengan CDI motor diantaranya adalah akumulator atau accu 10 Ah. Gunakan 2 accu agar lebih maksimal. Selain itu, Anda juga membutuhkan platina yang dapat digunakan dengan CDI motor bekas, condesator untuk menfilter atau meredam percikan yang tinggi, saklar untuk menyalakan dan mematikan saluran accu yang dihubungkan ke spool, stik dan jaring sebagai ouput rangkaian setrum ikan. Untuk platina, Anda tidak diharuskan menyediakannya. CDI motor bekas sudah cukup untuk membuat setrum ikan. CDI motor dapat membuat semuanya lebih praktis karena dengan ini Anda dapat melihat dan mengontrol vollage dan frekuensi yang dikeluarkan oleh rangkaian.

Membuat setrum ikan sendiri dengan CDI motor tidaklah sulit. Anda hanya perlu keterampilan dan ketelitian yang tinggi untuk membuatnya. Untuk membuat setrum ikan dengan CDI motor, langkah pertama adalah mempersiapkan inti besi lunak. Lapisi inti besi tersebut dengan plastik mika atau prespan. Jika tidak ada, anda dapat menggunakan kertas semen bekas.Selanjutnya, gulung kawat email secara rapih tanpa celah. Gulung semuanya hingga ujung. Lalu, lapisi kembali dengan prespan atau kertas semen bekas diatasnya. Gulung kembali kawat tersebut. lakukan langkah ini sebanyak 3 kali. 2 ujung kawat akan digunakan sebagai terminal kumparan primer. Langkah berikutnya, gulung kawat email baru di atas lilitan primer yang telah dibuat. Lakukan dengan cara yang sama dengan jumlah lapisan lebih banyak mencapai 5 hingga 6 lapis. 2 ujung kumparan akan digunakan sebagai terminal coil sekunder.

Ukuran kawat email berpengaruh terhadap hasil. Ukur terlebih dahulu tegangan dan arus output rangkaian menggunakan multimeter atau lampu bohlam. Umumnya, ukuran kawat email yang digunakan berukuran 0,6 mm untuk kumparan primer dan 0,9 mm untuk kumparan sekunder.Selain cara diatas, mengubah output bisa dilakukan dengan mengganti diameter kawat email sesuai dengan kebutuhan.

Bagaimana dengan cara membuat setrum ikan dengan CDI motor ini? Apakah langkah-langkahnya terdengar mudah untuk dilakukan? Mintalah bantuan kepada orang lain yang mengetahui tentang membuat setrum ikan jikalau Anda tidak terlalu percaya diri untuk membuatnya sendiri. Semoga Anda berhasil dengan percobaan ini dan semoga Anda mendapatkan hasil yang banyak dalam mencari ikan.

Cara Membuat Setrum Ikan dengan CDI Motor | John Oces | 4.5