Cara Membuat Masker Kefir Sendiri

Kecantikan merupakan sesuatu yang sangat berharga, terutama bagi wanita. Wajah menjadi bagian penting ketika berbicara mengenai kecantikan. Setiap orang mendambakan wajah bersih dan mulus tanpa ada noda sedikitpun. Bukan hanya soal make up dan penampilan, kecantikan wajah secara umum memang sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu perawatan wajah yang dapat Anda lakukan adalah dengan masker wajah.

Banyak masker wajah instan yang dijual di toko kosmetik atau supermarket. Anda dapat memilih berbagai jenis masker wajah dengan berbagai macam bahan, aroma, dan bentuk. Dengan membeli masker instan, Anda dengan mudah merawat wajah Anda tanpa perlu mencampur-campur bahan. Namun, tidak semua bahan yang terkandung dalam masker wajah instan aman untuk dikonsumsi. Kulit merupakan salah satu bagian sensitif wajah yang perlu dijaga. Jangan sembarangan untuk memakai sebuah produk kosmetik demi kesehatan kulit Anda. Sebagai alternatif, sebaiknya Anda mulai beralih ke masker wajah alami. Salah satu masker wajah alami adalah masker kefir. Apa itu masker kefir?

Kefir dikenal sebagai susu sapi atau susu kambing yang difermentasikan menyerupai yoghurt. Dengan memfermentasikan seperti yogurt, masker ini dapat dengan mudah diserap oleh kulit. Banyak manfaat yang akan dirasakan langsung setelah menggunakan masker kefir. Satu keuntungan lain adalah Anda dapat membuat masker kefir sendiri di rumah. Bagaimana cara membuat masker kefir sendiri?

Untuk membuat masker kefir sendiri, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan khusus. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah 1 liter susu murni dan 50 gram bibit kefir. Anda dapat mendapatkan bibit kefir dengan membelinya di toko-toko atau di pasar dengan harga sekitar Rp. 100.000 hingga Rp. 120.000. Untuk susu murni, Anda dapat dengan mudah menemukannya di supermarket. Anda dapat menggunakan susu murni sapi atau susu murni kambing. Pilihlah sesuai selera Anda. Selain bahan, Anda juga perlu menyiapkan alat-alat seperti toples kaca, kain, spatula, serta saringan untuk mengolah semua bahan tersebut. Alat terakhir yang perlu Anda siapkan adalah freezer.

Setelah Anda mempersiapkan alat dan bahan, langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah mencampur, mengaduk, dan menutup. Sebagai langkah awal, campur kedua bahan yaitu susu murni dan bibit kefir ke dalam toples kaca. Aduk keduanya secara perlahan dengan spatula. Penggaunaan spatula digunakan agar bahan-bahan tersebut menyatu dengan rata. Kemudian, tutup toples kaca dengan kain. Diamkan toples yang berisi campuran susu dan kefir di sebuah ruangan gelap selama 24 jam. Setelah 24 jam, buka toples dan aduk kembali. Jika sudah diaduk, Anda harus menutupnya kembali dan mendiamkannya selama 12 hingga 24 jam. Waktu yang digunakan memang terkesan terlalu lama, namun waktu tersebut diperuntukan agar proses fermentasi menjadi lebih sempurna.

Sebagai langkah terkahir, Anda perlu menyaring dan mendinginkan campuran susu murni dan kefir ke dalam freezer. Anda membutuhna waktu selama 48 jam agar bagian atas susu dapat diangkat dengan spatula. Pisahkan bagian tersebut dengan bagian bawah dengan menempatkannya di wadah berbeda.  Kemudian, gunakan spatula kembali untuk mengaduk bagian bawah campuran susu murni dan kefir tersebut. Selanjutnya, saring secara perlahan dan masukkan kefir ke dalam freezer. Akhirnya, Anda dapat menggunakan masker kefir buatan Anda sendiri.

Bagaimana dengan cara membuat masker kefir sendiri ini? Cukup mudah kan? Bijaklah dalam mengaplikasikan sesuatu ke wajah Anda. Kesehatan wajah Anda lebih penting dari pada kecantikannya.

Cara Membuat Masker Kefir Sendiri | John Oces | 4.5