Cara Membuat Komik di Webtoon

Webtoon adalah layanan atau aplikasi pembaca komik digital buatan Line yang disediakan untuk pengguna yang ingin membaca komik buatan anak local atau luar. Selain membaca komik pada webtoon, kita juga dapat membuat atau memasukkan karya komik kita di webtoon. Untuk membuat komik di webtoon kita harus membuat komik yang diminati para pembaca. Saat membuat komik, perhatikanlah narasi dan juga jalan ceritanya. Cerita yang kuat akan membuat para pembaca ingin selalu membaca dan mengikuti serial komik tersebut. Dalam membuat komik di webtoon juga diperlukan sikap disiplin dan konsisten dalam membuat karya komik. Karena jika kita ingin menjadi seorang komikus maka kita harus mampu menyetor naskah komik setiap minggunya secara rutin. Jadi patuhilah deadline dan bagilah waktu sebaik mungkin. Selain itu untuk membuat komik di webtoon, kita diharapkan cermat dan cerdik dalam membaca tren dan minat pasar.

Jika kita senang membuat komik maka tidak ada salahnya kita mengikuti webtoon challange. Line menyediakan kegiatan Webtoon challange dengan tujuan untuk membantu mengorbitkan komikus amatir. Dengan mengikuti webtoon challenge maka komikus amatir dapat mempublikasikan karya komik mereka secara gratis di situs tersebut. Keuntungan yang kita dapat jika mempublikasikan karya komik kita di webtoon maka kita tidak perlu mencari publisher ataupun mengeluarkan dana untuk mencetak komik. Kita pun dapat lebih mudah mengumpulkan pembaca setia karena jangkauan yang luas dari media internet. Kabar baik nya lagi jika kita berhasil membuat animo pembaca tinggi dan karya komik kita dianggap bagus dan layak maka bisa saja pihak webtoon akan menawarkan kontrak kerja kepada kita. Adapun kekurangan yang kita dapat jika kita membuat komik di webtoon yaitu kita tidak akan mendapat profit jika kita masih di webtoon challange. Kita hanya akan dapat profit jika kita sudah dikontrak kerja menadi komikus di webtoon. Selain itu kita juga akan dihadapkan dengan komentar pembaca yang terkesan semena mena. Saingan di webtoon cukup keras jadi kita pun harus berjuang dengan sekeras mungkin jika ingin mendapatkan kontrak kerja dari pihak webtoon.

Untuk mengupload komik di webtoon tentunya kita harus mempunyai akun webtoon terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara membuat akun webtoon:

–          Kunjungi link webtoon lalu masukkan email dan password yang telah anda daftar kan pada line anda.

–          Jika login sudah berhasil maka anda akan mendapatkan pesan dari Line bahwa anda sudah terdaftar di webtoon.

–          Edit profil dengan klik nama anda di pojok kanan atas lalu klik akun dan sesuaikan sendiri pengaturannya.

Jika kita sudah mempunyai akun webtoon,barulah kita dapat mengupload karya komik kita di webtoon. Berikut ini adalah cara mengupload komik di webtoon:

–          Pertama tama kunjungi link webtoon.

–          Klik “terbitkan” yang ada di sebelah di pojok kanan atas tepatnya di sebelah nama kamu.

–          Isilah genre komik, judul dan ringkasan komik yang akan anda upload di webtoon. Buatlah ringkasan komik semenarik mungkin.

–          Pastikan bahwa ukuran gambar dari cover komik anda adalah 436px x 436px.

–          Setelah itu masukkan komik di webtoon dengan membaginya sesuai dengan episode atau serial.

–          Pastikan bahwa ukuran gambar dari isi komik anda adalah 700px x 1000px.

–          Setelah semuanya selesai anda upload dan data data nya sudah terisi dengan benar maka anda dapat memasukkan karya komik anda di webtoon dengan cara klik “terbitkan”.

–          Akhirnya karya komik anda telah dapat dinikmati oleh para pembaca di seluruh dunia.

Cara Membuat Komik di Webtoon | John Oces | 4.5