Cara Membuat Kamera Tembus Pandang dengan Bungkus Rokok

Selama ini kertas perak atau kertas emas yang terdapat dalam bungkus rokok mungkin selalu Anda abaikan. Ketika rokok Anda habis, mungkin Anda membuangnya begitu saja. Tapi, tahukah Anda bahwa kertas rokok tersebut bisa berguna untuk membuat kamera tembus pandang? Jika Anda seorang yang kreatif, mungkin Anda sering mengkreasikan sesuatu dari benda-benda bekas. Dan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat kamera tembus pandang dengan menggunakan kertas bungkus rokok.

Sebenarnya kamera yang akan kita buat ini tidak benar-benar tembus pandang. Ini hanyalah permainan efek Sephia dan autofocus pada kamera Anda sehingga akan memberikan efek transparan pada objek.

Yang perlu Anda siapkan cukup mudah, yaitu:

  1. Handphone berkamera dengan merek apapun yang memiliki efek Sephia dan autofocus
  2. Kertas bungkus rokok (biasanya berwarna perak atau emas)
  3. Jarum

Bagaimana cara membuatnya? Kita ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah menyiapkan alat-alat di atas adalah merobek kertas emas atau kertas perak rokok tersebut dari bungkusnya.
  2. Setelah merobek kertas dari bungkusnya, lubangi kertas tersebut dengan jarum yang sudah Anda siapkan tadi. Lubangi kertas tersebut sebesar jarum tersebut.
  3. Lalu, letakkan kertas tersebut tepat di depan lensa kamera ponsel.
  4. Geserkan kamera Anda ke arah objek. Jika kamera Anda sudah fokus pada objek, pindahkan setting kamera Anda ke efek Sephia.
  5. Maka Anda akan melihat bahwa objek seperti tidak menggunakan pakaian.

Hal ini bisa Anda lakukan untuk mengelabui atau menjahili teman-teman Anda. Tapi ingat, hal ini hanya bisa bekerja jika objek menggunakan pakaian yang berbahan kain. Jika si objek menggunakan pakaian yang berbahan sintetis, cara ini tidak bisa bekerja secara efektif.

VIDEO

Jika handphone Anda tidak memiliki efek Sephia, Anda jangan langsung mengganti handphone Anda dengan yang baru. Kini banyak aplikasi di Play Store yang bisa Anda gunakan untuk membuat kamera Anda memiliki efek Sephia. Beberapa diantaranya adalah Camera Fun Free, Camera 360 Free, Retro Camera, Little Photo, dan Sepia Camera. Berikut penjelasan singkat mengenai aplikasi-aplikasi tersebut.

  1. Camera Fun Free menyediakan efek Sephia gratis. Selain itu, efek Canvas, Sketch, Color X-Ray, Pinch dan Mirror juga tersedia di aplikasi ini.
  2. Camera 360 Free sepertinya sudah banyak digunakan. Anda bisa menemukan efek Sephia pada Effect Mode. Selain itu, Anda juga bisa menemukan efek-efek lain seperti efek hitam-putih, LOMO, dan retro pada aplikasi editing foto.
  3. 3. Retro Kameramenyediakan 12 efek yaitu Sephia, Vintage, Dreams, Paper, Film, Postcard, Rusty, Old Photo, Push Process, Cross Process, dan Black and White.
  4. Little Photo mempunyai lebih dari 70 efek dan efek Sephia tentu saja termasuk di dalamnya. Aplikasi ini mudah digunakan sehingga pemula atau orang awam pun bisa dengan mudah mengoperasikannya.
  5. Sepia Camera, selain bisa mengambil gambar dengan efek sephia, juga bisa mengedit foto di galeri handphone ataupun Facebook Anda dengan efek Sephia. Aplikasi ini menawarkan cukup banyak kombinasi warna dari efek Sephia seperti Green Tone, Blue Tone, Red Tone, dan juga kombinasi warna baru yang bisa dibuat sendiri oleh Anda.

Itulah sedikit informasi mengenai cara membuat kamera tembus pandang dari bungkus rokok beserta aplikasi kamera yang bisa digunakan jika kamera Anda tidak mempunyai efek Sephia. Selamat mencoba!

Cara Membuat Kamera Tembus Pandang dengan Bungkus Rokok | John Oces | 4.5