Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Tahukah anda apa itu mikrometer sekrup? Mikrometer sekrup merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengukur ketebalan, diameter dan panjang suatu benda. Alat mikrometer sekrup ini memiliki tingkat keakuratan yang sangat tinggi yaitu mencapai 0,01 mm atau lebih tinggi tingkat ketelitiannya dibandingkan dengan jangka sorong yang hanya mampu mencapai keakuratan nya sampai 0,1 mm.

Oleh Karena tingkat keakuratan nya yang sangat tinggi ini, maka mikrometer sekrup sering digunakan untuk mengukur benda benda yang berukuran sangat kecil. Apakah anda tahu bagaimana cara membaca mikrometer sekrup? Jika anda belum paham mengenai mikrometer sekrup, beruntung sekali anda berada di halaman ini karena pada kesempatan ini kami akan memaparkan bagaimana cara membaca mikrometer sekrup. Namun sebelum kita mengetahui bagaimana cara membaca hasil mikrometer sekrup, maka sebaiknya anda pahami terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan mikrometer sekrup.

Berikut adalah cara menggunakan mikrometer sekrup:

  1. Pastikanlah terlebih dahulu bahwa pengunci poros geser sudah dalam keadaan terbuka sehingga poros geser dapat digerakan.
  2. Perhatikanlah dengan cermat saat poros tetap dan poros geser bertemu, apakah skala utama dan skala putar sudah menunjukan angka nol atau belum.
  3. Putarlah pemutar agar rahang poros geser dapat bergerak mundur. Ambillah benda yang akan diukur ketebalan, diameter atau panjang nya. Setelah itu letakanlah di antara poros geser dan poros tetap.
  4. Putarlah pemutar poros agar poros geser dapat menjepit benda yang akan kita ukur.
  5. Jika benda yang akan kita ukur sudah terjepit sempurna, maka putarlah pengunci sehingga poros gerak tidak berubah lagi.
  6. Setelah kita memastikan bahwa pengunci sudah diputar dan benda yang akan diukur pun sudah terjepit sempurna, maka barulah kita dapat membaca skala hasil pengukuran dari alat mikrometer sekrup tersebut.

Apabila kita sudah paham bagaimana cara menggunakan mikrometer sekrup, kali ini kita akan melanjutkan bagaimana cara membaca hasil pengukuran mikrometer sekrup. Cara membaca mikrometer sekrup sangatlah mudah, yuk langsung saja simak langkah langkah nya di bawah ini.

  1. Posisikanlah mikrometer sekrup searah dengan pandanan agar kita dapat melihat skala hasil pengukuran dengan jelas.
  2. Bacalah skala utama pada mikrometer sekrup. Di bagian atas garis menunjukkan angka bulat dalam satuan mm seperti 1 mm, 2 mm, 3 mm dan seterusnya. Kemudian di garis skala bagian bawah menunjukan bilangan 0,5 mm. Contohnya saat kita membaca hasil pengukuran suatu benda, kita melihat bahwa pada garis skala atas menunjukan angka 5 mm dan pada garis skala bawah  menunjukan 0,5 mm. Jumlahkanlah kedua hasil angka tersebut maka skala utama pada mikrometer  itu menunjukan angka 5,5 mm.
  3. Setelah itu bacalah skala nonius atau skala putarnya yaitu garis yang berada tepat segaris dengan garis pembagi pada skala utama. Hal yang perlu anda ingat yaitu setiap garis di skala nonius menunjukan 0,01 mm. Contohnya saat kita membaca mikrometer sekrup, kita melihat bahwa skala nonius menunjukan angka 30, kalikanlah dengan 0,01 mm sehingga skala noniusnya menunjukan 0,30 mm.
  4. Langkah selanjutnya adalah jumlahkanlah hasil pengukuran dari skala utama dengan hasil pengukuran dari skala nonius. Pada contoh di atas diperoleh hasil pengukuran skala utama 5,5 mm dan skala nonius 0,3 mm. Jadi 5,5 mm + 0,3 mm = 5,8 mm.

Demikianlah cara menggunakan dan membaca mikrometer sekrup, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup | John Oces | 4.5