Cara Mematikan Timer AC Panasonic

Mungkin Anda baru saja membeli AC dengan merek Panasonic dan masih belum tahu bagaimana cara menggunakan remotnya terutama cara mematikan timer AC Panasonic dengan remot. Anda tidak perlu khawatir karena di sini kita akan membahas mengenai hal tersebut. Remot memang merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari AC. Untuk menyalakan, mengatur suhu, mengatur timer dan lain-lain kita harus melakukannya lewat remot. Untuk AC Panasonic, jika Anda ingin melakukan pengaturan, hal tersebut sangat mudah dilakukan.

Anda juga mungkin mengalami situasi di mana AC Anda hidup mati bahkan AC sampai tidak bisa dimatikan hingga AC bagian luar menyala secara terus menerus. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu apa penyebab dari keganjilan AC Anda. Salah satu keganjilan tersebut bisa terjadi karena timer AC Anda menyala dan Anda mungkin lupa pernah mengaktifkannya atau Anda secara tidak sengaja pernah memencet tombol pengaktif timer. Aktifnya fitur timer tersebut ditandai dengan lampu timer di dalam ruangan (indoor) berkedap-kedip. Lalu bagaimana cara mematikannya? Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, cabut stop kontak terlebih dahulu.
  2. Tunggu sekitar 2 sampai 5 menit. Setelah itu, colokan kembali.
  3. Langkah selanjutnya, lepaslah kedua baterai pada remot dan pasang kembali.
  4. Sekarang, nyalakan AC dan AC Anda akan berjalan normal kembali.

Keganjilan yang terjadi pada AC Andac selain karena Anda lupa mematikan fitur timer yaitu bisa disebabkan karena beberapa hal di bawah ini.

  1. Berkurangnya tekanan freon. Kurangnya freon ini bisa terjadi karena penyambungan pipa tidak sempurna, nepel kendor karena getaran mesin atau bisa juga karena kebocoran halus di pipa instalasi, kondensor atau evaporator.
  2. Kerusakan termis/ sensor suhu. Termistor memiliki fungsi sebagai pengatur kerja kompresor berdasarkan suhu ruangan. Jika suhu ringan telah mencapai dingin yang maksimal, itu artinya termis akan mematikan kerja kompresor dan apabila termis rusak, lampu timer akan berkedip-kedip. Maka dalam hal ini, Anda perlu mengganti termis.
  3. Kerusakan mikroprosesor. Kerusakan mikroprosesor bisa terjadi karena korsleting listrik yang sering sekali terjadi atau fluktuasi tegangan listrik PLN yang tidak stabil pada tegangan 220 volt. Hal ini juga bisa menyebabkan lampu timer atau lampu indikator berkedap-kedip yang menunjukkan adanya kerusakan AC.
  4. Kompresor AC bermasalah. Kompresor yang bermasalah bisa terjadi pada komponen elektronik kompresor seperti overload, kapasitor running atau kabel penghubung yang terputus.

Jika remot AC Panasonic Anda rusak, Anda bisa menggunakan remot AC universal. Dan cara untuk melakukan pengaturan timer Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Nyalakan AC Panasonic terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol sekitar 5 detik.
  3. Tekan tombol temp.
  4. Lalu masukkan kode AC Panasonic Anda.
  5. Aturlah timer sesuai keinginan Anda. Jika tidak berhasil, lakukan cara tersebut berulang-ulang sampai Anda benar-benar berhasil mengaturnya.

Bahkan dengan remot, Anda juga bisa mengetahui kerusakan AC. Caranya yaitu tekan tombol selama 5 detik. Tunggu dan tahan sampai ada bunyi bip. Lalu catat kode kesalahan yang muncul. Jika sudah, tekan kembali tombol selama 5 detik. Dan Anda bisa melaporkan kode kesalahan ini pada dealer resmi AC Panasonic.

Demikian cara mematikan timer pada AC Panasonic dan penjelasan tambahan yang berkenaan dengan AC. Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi dan berpikir untuk menemukan cara mematikan timer AC Panasonic tanpa remot karena Anda masih bisa mencoba melakukannya dengan remot.

Cara Mematikan Timer AC Panasonic | John Oces | 4.5