Cara Memakai Tespek dengan Benar

Jika Anda adalah pasangan yang baru menikah, Anda mungkin akan bingung untuk mengetahui apakah Anda sudah hamil atau belum. Anda sudah telat datang haid beberapa hari tapi Anda ragu. Anda bisa mengeceknya dengan memakai tespek. Tespek bisa dengan mudah Anda beli di toko obat dan farmasi dan harganya pun terjangkau.

Cara kerja dari tespek yaitu benda tersebut akan mendeteksi level hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin). Hormon tersebut adalah hormon yang diasosiasikan dengan kehamilan Anda yaitu pada urin Anda. Hormon HCG diproduksi oleh sel yang kemudian akan berkembang menjadi plasenta. Hormon ini akan masuk ke dalam aliran darah terlebih dahulu ketika sel telur yang telah dibuahi mulai menempel pada dinding rahim Anda. Kemudian, jumlah HCG di tubuh Anda akan meningkat dalam beberapa minggu kemudian dengan cepat.

Sebelum mengetahui cara mengecek kehamilan dengan tespek, sebaiknya kita cari tahu terlebih dahulu faktor-faktor yang mempengaruhi akurasinya berikut ini.

  1. Hari saat sel telur yang telah dibuahi mulai menempel pada uterus.
  2. Tanggal menstruasi serta waktu ovulasi yang bisa saja tidak teratur.
  3. Beberapa tespek memiliki tingakat sensitivitas yang berbeda terhadap hormon HCG.

Saat menggunakan tespek, Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

  1. Lihatlah tanggal kadaluarsa pada alat tersebut. Karena jika Anda membeli tespek yang sudah kadaluarsa, maka hal itu akan mempengaruhi akurasi hasil tes Anda.
  2. Pilih tespek yang membutuhkan sedikit kadar HCG dengan bertanya pada apoteker tempat Anda membeli tespek.
  3. Supaya tidak keliru, bacalah petunjuk penggunaannya terlebih dahulu.
  4. Lakukan pengujian pada pagi hari pada urin pertama.
  5. Sebelum melakukan tes, jangan terlalu banyak minum agar tidak mempengaruhi hasil tespek Anda.

Lalu bagaimana cara memakai tespek dengan benar misalnya cara memakai tespek Sensitif? Berikut langkah-langkahnya.

  1. Jika tespek yang Anda gunakan berbentuk Strip, hal yang harus Anda lakukan adalah menampung urin pertama Anda pada pagi hari pada sebuah wadah. Wadah tersebut harus bersih dan kering agar tidak tercemar oleh zat lain yang bisa mempengaruhi hasil tes. Setelah itu, keluarkan tespek Sensitif strip dari kemasannya dan celupkan ke dalam urin dalam wadah tadi sampai batas maksimum selama kurang lebih setengah menit. Hasilnya bisa dilihat dalam waktu 1-3 menit setelah tes. Jika positif, maka akan muncul dua garis merah pada strip tes. Namun, jika hasil menunjukkan bahwa hanya satu garis merah pada strip, artinya hasilnya negatif.
  2. Jika tespek yang Anda gunakan berbentuk compact, hal yang harus Anda lakukan adalah membuka kemasan compact. Setelah itu, pegang benda tersebut ke arah kucuran urin Anda saat buang air kecil. Anda harus memegang dengan posisi ujung resapan menghadap ke bawah selama kurang lebih 10 detik. Perlu diingat bahwa Anda tidak boleh membasahi area penunjuk hasil. Sedikit berbeda dengan tespek strip, tespek compact ini bisa dilihat hasilnya setelah kurang lebih 3 menit. Jika garis merah penunjuk hasil belum juga muncul, Anda bisa menunggu sekitar 1 menit lagi. Lama atau tidaknya hasil tergantung dari jumlah hormon HCG. Jika positif, maka akan muncul garis merah pada jendela kontrol yang berbentuk bulat dan jendela hasil yang berbentuk persegi. Namun, jika hasil menunjukkan garis merah hanya terdapat pada jendela kontrol, maka artinya hasilnya negatif.

Demikian cara memakai tespek yang benar. Melakukan tes kehamilan dengan menggunakan tespek memiliki akurasi mencapai 99% selama Anda memakai dengan cara yang benar. Semoga informasi ini bermanfaat.

Cara Memakai Tespek dengan Benar | John Oces | 4.5