Cara Melukis Henna Sendiri

Kita sering melihat perempuan yang memakai henna di film India. Biasanya mereka memakainya saat pernikahan mereka. Henna tersebut dilukis di punggung tangan dan kaki dengan motif-motif yang cantik. Namun kini, di Indonesia juga sering kita lihat perempuan memakai henna di tangan dan kaki mereka saat pernikahan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan beberapa daerah di Indonesia sendiri yaitu di Aceh dan Padang, sebenarnya juga mempunyai adat budaya yang disebut Malam Bainai yang merupakan salah satu ritual sebelum pernikahan. Jika di Aceh dan Padang menggelar malam bainai sebelum pernikahan, di India calon mempelai perempuan akan menggelar Pesta Mehdi. Pesta ini digelar 2 atau 3 hari sebelum hari pernikahan. Pesta ini digelar bersama keluarga dan teman-teman. Hennanya pun akan menghias tangan calon mempelai perempuan dari ujung jari sampai siku, dan dari ujung kaki sampai lutut.

Kata Henna sendiri yaitu merupakan bahasa Latin untuk tanaman Lawsonia Inermis dan diucapkan oleh orang Arab sebagai Hinna. Tinggi dari tanaman Henna ini bisa mencapai 4 hingga 6 kaki. Kita bisa menemukannya di negara-negara seperti India, Pakistan, Mesir, Afganistan, Yaman, Suriah, Maroko, Uganda, Senegal, Kenya, Tanzania Palestina dan Iran.

Henna juga ternyata mempunyai manfaat yaitu memberi warna alami pada kuku, sebagai penghias tangan dan kaki, melindungi kuku dari jamur, serta dapat menguatkan kuku karena sebuah protein bernama keratin yang terkandung dalam henna.

Mungkin Anda merasa kagum pada mereka yang menggunakan henna karena motif-motifnya yang menarik sehingga membuat tangan mereka terlihat cantik. Jika Anda juga ingin mencoba melukisnya sendiri, kita akan paparkan langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah melukis bentuk tangan Anda dengan prosestracing. Gunakan pensil dan kertas untuk melakukan proses ini. Letakkan tangan Anda si atas kertas, renggangkan jari-jari Anda, dan gambarlah tangan Anda pada kertas tersebut.
  2. Setelah selesai menggambar tangan Anda pada selembar kertas, lukislah gambar henna. Anda bisa menggambar henna dengan motif yang Anda suka mulai dari motif bunga, tribal, tetesan air, abstrak, batik dan sebagainya. Anda bisa mencari referensinya di internet.  Lukislah gambar henna tersebut dari bagian jari, punggung tangan, telapak tangan dan pergelangan tangan.
  3. Setelah itu, kita bisa membuat pola dan motif henna pada kertas yang bergambar tangan Anda yang Anda buat tadi. Gambarlah pada bagian punggung tangan terlebih dahulu. Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Jika Anda sudah selesai, Anda bisa menebalkannya dengan ballpoint dan memberi warna pada gambar motif henna.
  4. Setelah selesai menggambar motif pada punggung tangan, sekarang Anda bisa menggambar pada area jari tangan.
  5. Lalu, gambarlah motif henna pada telapak tangan Anda.
  6. Jika sudah selesai menggambar henna pada punggung, jari dan telapak tangan, sekarang Anda tinggal menggambar pola atau motif pada pergelangan tangan Anda. Biasanya, pada area ini dapat dibuat dari pola garis horizontal yang saling berhubungan satu sama lain.
  7. Setelah Anda selesai membuat gambar henna di kertas, kini Anda tinggal mengaplikasikannya di tangan Anda dengan mengikuti gambar yang telah Anda buat tadi.

Demikianlah langkah-langkah melukis henna sendiri bagi Anda yang masih pemula. Jika Anda sudah profesional, Anda tentu tidak perlu lagi menggunakan kertas untuk membuat polanya terlebih dahulu.  Selamat mencoba!

Cara Melukis Henna Sendiri | John Oces | 4.5