Cara Melipat Dasi

Pada kesempatan ini kami akan memaparkan bagaimana cara melipat dasi. Tentunya anda sudah tahu bahwa dasi sering dipakai orang orang misalnya saat pergi ke kantor, sekolah atau dalam acara pesta dan lain lain. Dengan memakai dasi penampilan kita akan terlihat rapi dan berwibawa. Melipat dasi memang sangat mudah, orang orang pun pastinya akan bisa melakukan nya. Namun tak banyak orang tahu bahwa ada banyak jenis simpul dalam melipat dasi. Nah, sebelum kita melangkah ke penjelasan cara melipat dasi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis jenis simpul dasi.

Simpul dasi terdiri dari:

–          Simpul biasa, simpul ini disebut juga dengan simpul four in hand. Simpul biasa ini merupakan simpul dasi yang paling umum dan sering dipakai oleh kebanyakan orang karena cara melipat nya sangat mudah dan cocok dengan macam macam dasi serta kerah kemeja. Simpul biasa ini akan membuat lebih sempurna jika dipakai oleh pria yang mempunyai tubuh tinggi atau sedang. Simpul biasa ini berbentuk sempit bila dipakai pada dasi yang tipis dan akan berbentuk lebih lebar jika dipakai pada dasi yang tebal.

–          Simpul ganda, simpul ini mirip sekali dengan simpul biasa atau simpul four in hand namun bedanya pada simpul ini membutuhkan putaran kedua. Di awal nya ujung dasi yang lebar diputar sebanyak dua kali mengelilingi ujung dasi yang kecil. Simpul ganda ini terlihat lebih tebal daripada simpul biasa. Simpul ini cocok untuk semua jenis dasi namun untuk dasi yang terlalu tebal simpul ini tidak akan cocok untuk dipakai.

–          Simpul Windsor, Simpul ini terlihat segerti gaya ala Inggris dan berasal dari nama Duc of Windsor. Biasanya simpul ini dipakai saat acara acara penting. Simpul ini bentuknya lebar maka sebaiknya dipakai untuk kerah yang memiliki ukuran lebar seperti kerah Windsor atau kerah Italia. Simpul Windsor ini agak sulit dibentuk. Untuk hasil yang sempurna, simpul ini harus berada tepat di tengah kedua ujung kerah dan dapat menutupi kancing kemeja paling atas.

–          Simpul half wandsor, simpul ini mirip dengan simpul Windsor hanya saja simpul half Windsor ini tidak terlalu lebar dan lebih mudah dibuat daripada simpul Windsor. Simpul half Windsor ini cocok dipakai pada dasi yang tipis atau dasi yang tidak terlalu tebal. Simpul ini menghasilkan bentuk yang anggun dan segitiga. Jika anda ingin menggunakan simpul ini maka gunakanlah kemeja yang berkerah klasik atau kemeja yang berkerah terbuka.

–          Simpul kecil, simpul ini sesuai dengan namanya yaitu simpul yang bentuknya kecil. Simpul kecil ini cocok dipakai untuk dasi dasi yang tebal atau kemeja yang berkerah sempit dan jangan dipakai  pada kemeja berkerah panjang atau lebar. Simpul ini cukup mudah dibuat meskipun harus diputar 180 derajat. Simpul kecil ini merupakan simpul yang paling sederhana untuk melipat dasi.

Baiklah kali ini kita akan lanjut pada pembahasan mengenai cara melipat dasi, berikut ini merupakan cara melipat dasi yang umum digunakan oleh kebanyakan orang. Pertama tama kalungkan dasi pada kerah kemeja anda lalu silangkan satu sama lain. Lingkarkan pada bagian yang lebar. Tarik kuat kuat ke samping bawah dan tarik ke samping hingga membentuk sudut 90 derajat. Setelah itu lingkarkan sekali lagi. Buat simpul dan tarik ke samping atas. Kemudian putar sisi yang lebar ke bawah. Masukkan pada lubang simpul dan tarik ke bawah. Setelah tarik ke bawah lanjut tarik kencang simpul dan selesai.

Cara Melipat Dasi | John Oces | 4.5