Cara Melihat Saldo Jamsostek

Apakah Anda salah satu pekerja yang diberi fasilitas kesehatan Jamsostek dari perusahaan tempat kerja Anda? Apakah Anda belum mengetahui tentang cara melihat saldo Jamsostek dan ingin mengetahuinya?

Biasanya, informasi mengenai jumlah saldo Jamsostek akan dikirimkan oleh pihak Jamsostek rutin setiap tahun dalam bentuk laporan. Laporan tersebut diberikan ke perusahaan tempat Anda bekerja. Namun, jika Anda ingin mengetahui saldo Jamsostek tanpa perlu menunggu laporan yang dimaksud, Anda dapat mengeceknya sendiri.

Ada beberapa cara untuk melihat saldo Jamsostek, diantaranya adalah dengan datang langsung ke kantor Jamsostek, via ATM BNI, mengecek secara online, dan via SMS.

Jika Anda ingin melihat saldo Jamsostek langsung ke kantor Jamsostek itu sendiri, carilah kantor cabang Jamsostek yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda atau yang paling dekat dengan tempat Anda bekerja.

Bagi Anda nasabah BNI, urusan Anda dengan Jamsostek menjadi lebih mudah. Anda dapat melihat saldo Jamsostek melalui ATM BNI secara real time. Perlu diingat bahwa Anda hanya dapat melihat saldo Jamsosteknya saja, Anda tidak dapat menyambilnya.

Dua cara untuk melihat saldo Jamsostek yang disebutkan diatas tergolong mudah, tetapi ada cara lain yang lebih mudah dari keduanya. Mengecek secara online adalah cara lebih mudah yang dimaksud. Untuk mengecek saldo Jamsostek secara online, Anda dapat mengeceknya di website resmi Jamsostek, caranya adalah dengan menyiapkan nomor KPJ atau kartu Jamsostek Anda terlebih dahulu. Kemudian, masuk ke website resmi Jamsostek. Di halaman depan website, login atau masukkan ID pengguna dan password Jamsostek Anda. Jika belum mempunyai akun, lakukan pendaftaran dengan mengklik Sign Up atau Daftar Baru terlebih dahulu. Setelah itu, pilihlah keanggotaan Tenaga Kerja. Pilih Setuju pada halaman Ketentuan Penggunaan Layanan Web Jamsostek.  Selanjutnya, lengkapi form yang disediakan sesuai dengan data lengkap yang Anda miliki. Lalu, klik Daftarkan. Beberapa saat kemudian, Anda akan mendapatkan pemberitahuan yang menyebutkan bahwa akun Anda telah aktif dan dapat digunakan untuk melakukan pengecekan saldo Jamsostek dengan ID pengguna dan password yang tadi. Langkah terakhir, klik Buku JHT. Menu ini ada di bagian kanan atas. Pada menu ini, Anda dapat melihat saldo Jamsostek yang Anda miliki.

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan untuk melihat saldo Jamsostek adalah via SMS. Seperti cara-cara sebelumnya, cara ini juga tidak kalah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan nomor KPJ atau kartu Jamsostek Anda. Setelah itu, daftarkan data Anda untuk mendapatkan nomor ID. Untuk mendaftarkan diri Anda, Anda hanya perlu mengirim SMS dengan format REG#NoJamsostek#TglLahir#NamaIbuKandung. Kirim SMS tersebut ke 08111009696. Dalam beberapa saat, Anda akan mendapatkan balasan yang berisi nomor ID Anda. Setelah Anda mendapatkan nomor ID nya, Anda dapat mengecek saldo Jamsostek dengan cara mengirim SMS lain. Kali ini, SMS harus dikirim dengan format Saldo#No_Id. Kirim SMS kedua ini ke nomor yang sama dengan SMS pertama yaitu 08111009696. Tunggu beberapa saat karena Anda akan mendapatkan informasi seputar saldo Jamsostek Anda beberapa saat kemudian.

Dengan beberapa alternatif untuk melihat saldo Jamsostek, Anda dapat memilih mana cara yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Seperti yang telah disebutkan tadi, semua cara untuk mengecek saldo Jamsostek sangat mudah. Selain datang langsung ke kantor Jamsostek, sekarang Anda dapat mengeceknya dengan cara yang lebih mudah yaitu melalui telepon genggam Anda tanpa perlu membuang tenaga untuk mengunjungi kantornya.

Cara Melihat Saldo Jamsostek | John Oces | 4.5