Cara Melihat Password Wifi yang Tersimpan di Android tanpa Root

Sekarang ini, internet menjadi sebuah kebutuhan penting bagi hampir setiap orang terutama bagi mereka yang mempunyai telepon pintar (smartphone). Dengan adanya internet, kemudahan dalam mencari informasi maupun berkomunikasi melalui media sosial seperti Facebook, Whatsup, BBM, Line, Instagram dan lainnya menjadi semakin mudah. Untuk mendapatkan akses internet, tentu dalam smartphonekita harus ada paket atau bisa juga kita mengandalkan wifi. Itulah mengapa bagi sebagian besar pengguna smartphone, jika smartphonemereka mendeteksi keberadaan wifi, mereka akan sangat bahagia karena di sini mereka bisa mengakses internet secara gratis tanpa menghabiskan kuota mereka. Namun permasalahannya adalah, kebanyakan wifi tersebut dikunci oleh pemiliknya sehingga orang lain tidak bisa mengakses wifi tersebut.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena di sini kita akan paparkan cara melihat password wifi sehingga Anda bisa mengakses wifi tersebut untuk mengakses internet.

  1. Cara yang pertama, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan Wifi Master Key. Untuk melakukan cara ini, ikutilah langkah-langkah berikut.
  2. Anda harus mengunduh dan menginstall terlebih dahulu aplikasi Wifi Master Key di Play Store.
  3. Setelah aplikasi tersebut diunduh dan diinstall, buka aplikasi tersebut dan hidupkan wifi Anda.
  4. Pilihlah jaringan wifi yang menjadi target Anda.
  5. Klik tombol “Sambungkan” dan tunggu sampai aplikasi ini menghubungkan android ke router wifi.
  6. Pada tahap ini, sebenarnya Anda sudah terhubung ke akses internet dari wifi yang Anda targetkan tadi. Namun untuk mengetahui password, Anda harus membuka browser di smartphone Anda.
  7. Setelah itu, masukkan IP Address default dari wifi yaitu 192. 168. 1. 1/ 192. 168. 1. 2.
  8. Lalu Anda akan masuk ke panel router dan isilah username yaitu ‘admin’ dan password yaitu ‘admin’.
  9. Sekarang, tentukan menu Interface Setup Wireless, maka akan tampak password Wifi router yang sedang Anda gunakan.
  10. Cara yang kedua, Anda bisa melihat password wifi tanpa root dengan menggunakan ES file Explorer. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  11. Langkah pertama, unduh dan install aplikasi ES file Explorer. Ini akan membuat Anda terhubung ke folder sistem.
  12. Setelah Anda selesai mengunduh serta menginstall aplikasi tersebut, bukalah aplikasi tersebut dan masuk ke folder data/misc/wifi/ dan carilah file wpa_supplicant.conf.
  13. Jika sudah ditemukan, buka file tersebut dan pastikan aplikasi ES file Explorer telah mensupport text/HTML viewer untuk melakukan langkah ini. Pada file ini, Anda bisa melihat jaringan SSID dan juga passwordnya.
  14. Selain itu, di sini Anda juga akan melihat semua daftar jaringan wifi yang pernah terhubung dengan perangkat android itu. Tulislah nama SSID dan juga passwordnya. Anda harus ingat bahwa Anda tidak boleh melakukan pergantian apapun pada file wpa_supplicant.conf tersebut karena hal ini bisa merubah susunan yang telah ada.
  15. Cara yang ketiga, Anda juga bisa melihat password wifi dengan menggunakan aplikasi wifi Hacker Prank. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  16. Unduh dan install aplikasi Hacker Prank.
  17. Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan pilih “Start”.
  18. Langkah selanjutnya, pilihlah nama wifi yang akan menjadi target Anda.
  19. Proses selanjutnya, aplikasi ini akan melakukan proses scan. Jika proses scan ini sudah selesai, maka password wifi yang Anda targetkan tadi akan muncul.
  20. Sekarang, klik “Ok” atau “Copy”.

Demikian tiga cara untuk melihat password wifi yang tersimpan di Android tanpa root. Selamat mencoba!

Cara Melihat Password Wifi yang Tersimpan di Android tanpa Root | John Oces | 4.5