Cara Melelehkan Coklat Batang

Anda pecinta coklat? Coklat memang banyak disukai oleh anak anak hingga dewasa. Pasal nya coklat ini memiliki rasa yang enak dan kebanyakan orang menganggap bahwa coklat dapat membuat mood kita menjadi lebih baik. Coklat sendiri terbuat dari buah cokelat atau buah kokoa yang sudah diolah dan diproses sehingga biji kokoa tersebut menjadi coklat yang manis. Coklat merupakan bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue, minuman dan lain lain. Coklat terdiri dari berbagai bentuk, ada coklat dalam bentuk batang, ada yang sudah cair dan diolah menjadi berbagai macam makanan atau kue. Untuk coklat yang masih batangan, memang cukup keras dan tidak mudah patah. Jika anda pernah mengalami kesulitan dalam melelehkan coklat batang, berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara melelehkan coklat batang. Dalam membuat makanan atau minuman, banyak sekali yang menggunakan coklat sebagai bahan perisa wajib yang digunakan dan kebanyakan nya menggunakan coklat cair. Yuk langsung saja simak cara melelehan coklat batang berikut ini.

Berikut ini kami paparkan tiga cara melelehkan coklat batang menjadi cair. Namun sebelumnya untuk mencairkan cokelat batangan menjadi cokelat cair, anda sebaiknya memotong nya kecil-kecil terlebih dahulu agar metode ini bisa dilakukan dengan sempurna. Hal terpenting dalam melelehkan coklat batang adalah cokelat yang anda cairkan nanti jangan sampai gosong. Oleh karena itu cermati dengan seksama langkah langkah nya dalammelelehkan coklat batang.

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk melelehkan coklat batang yaitu dengan cara dipanaskan langsung. Cara ini merupakan cara yang terbilang paling mudah yang dapat anda lakukan untuk melelehkan coklat batang. Cara ini juga merupakan cara yang paling banyak dilakukan oleh kebanyakan orang dalam melelehkan coklat batang. Dalam proses memanaskan langsung sebaiknya tidak perlu menggunakan api yang besar, gunakan saja api yang kecil. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya gosong pada coklat. Karena jika coklat gosong maka rasanya pun akan terasa pahit dan tidak enak. Begitu pun dengan warnanya akan terlihat jelek. Jika anda menggunakan cara ini, maka yang harus anda lakukan yaitu letakkan potongan coklat yang akan anda cairkan ke dalam sebuah panci. Kemudian panaskan dengan suhu api yang rendah sambil terus di aduk sampai coklat perlahan mencair. Jika coklat sudah mencair, ratakan coklat yang sudah cair tersebut dan segera campurkan dengan bahan lain agar coklat batangan tersebut tidak mengeras kembali.

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk melelehkan coklat batang yaitu dengan cara Double Boiler. Cara ini juga banyak digunakan oleh orang orang. Meskipun prosesnya lebih lama dibandingan dengan cara yang pertama namun dengan cara ini hasilnya akan lebih bagus. Pertama tama siapkan dua panci untuk memanaskan coklat batang anda. Pada panci pertama panaskan air hingga air tersebut mendidih. Kemudian letakkan panci yang sudah terisi dengan coklat batang atau potongan coklat di atas air mendidih. Aduklah hingga colat tersebut meleleh.

Cara ketiga untuk melelehkan coklat batang yaitu dengan cara menggunakan microwave. Cara ini juga terbilang mudah. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah masukkan coklat yang sudah anda potong potong ke dalam mangkuk microwave. Kemudian panaskan dengan suhu tinggi kira kira selama dua menit. Tunggulah hingga coklat benar benar menjadi cair. Apapun cara yang anda gunakan dalam melelehkan coklat batang, lakukanlah dengan benar dan hati hati untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Cara Melelehkan Coklat Batang | tipsdani | 4.5