Cara Melatih Merpati Kolongan

Apakah Anda menyukai binatang? Jenis binatang seperti apa yang Anda sukai? Jika jawaban Anda untuk pertanyaan pertama adalah iya, maka Anda di halaman yang tepat. Disini, Anda akan mendapatkan informasi seputar binatang yang bisa menjadi kegemaran Anda.

Kegemaran tidak melulu soal teknologi, olahraga, seni, dan lain-lain. Dunia binatang juga bisa Anda tekuni sebagai kegemaran Anda. Jika Anda pecinta binatang, Anda dapat menggabungkan kegemaran dengan binatang kesayangan Anda. Salah satu binatang yang sering menjadi binatang peliharaan adalah burung merpati. Burung merpati adalah salah satu burung yang indah dan mudah diatur. Dalam kaitannya dengan kegemaran, banyak orang seringkali mengurus dan  melatih burung merpatinya setiap hari agar burung tersebut berkembang dengan baik. Ada satu istilah menarik dalam dunia merpati bernama merpati kolongan.

Merpati kolongan adalah sebuah seni dalam dunia merpati. Ada banyak jenis seni bermain merpati yang mungkin Anda ketahui. Permainan merpati kolongan ini dikenal sebagai kompetisi untuk si merpati dan pemilik merpatinya. Pihak penyelenggara yang diwakili oleh para juri akan menilai seberapa besar kemampuan serta pengalaman Anda dalam dunia merpati. Merpati yang lihai dan pemilik yang handal tentu akan keluar sebagai juara di kompetisi ini. Untuk menjadi yang terbaik, Anda perlu melatih merpati Anda secara rutin. Berikut ini adalah cara melatih merpati kolongan bagi Anda pecinta merpati.

Latihan pertama adalah bermain garis atau line. Sebagai permulaan, sebaiknya merpati tersebut berlatih sendiri, tanpa harus dibantu oleh burung pelatih lain. Jika merpati yang Anda miliki susah di Unthuli, maka, penggunaan burung pelatih menjadi sesuatu yang diperbolehkan. Mulai latihan dengan jarak dari 300 meter hingga 1,2 kilometer. Kemudian, gandeng burung merpati yang Anda miliki dengan burung tinggian. Sebagai informasi, burung kolong murni membutuhkan ketinggian, berbeda dengan burung yang ada di Jawa Tengah bagian barat atau daerah lain yang terbang rendah. Langkah selanjutnya adalah melepas burung merpati sendiri hingga 1 kilometer. Hal ini baik dilakukan untuk melatih memori otak burung merpati tersebut.  Langkah terakhir, tarik kembali burung merpati Anda. Usahakan untuk membuatnya naik dan terbang tinggi.

Ada beberapa masukan tambahan untuk Anda pecinta burung merpati. Jika Anda berniat untuk mengikuti kompetisi tersebut, sebaiknya burung merpati yang Anda miliki tidak dimasukkan ke kandang pada hari-hari selain beberapa hari menjelang kompetisi. Biasanya, kompetisi berlangsung pada hari Sabtu atau hari Minggu. Masukkanlah burung merpati Anda ke kolongnya pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Dalam hal lomba, ada beberapa hal yang patut Anda ketahui. Menurut utusan Pertsatuan Merpati Indonesia, biasanya tinggi pal tiang setinggi 8 meter untuk ukuran standar. Sebagai latihan, Anda perlu membuat tiang yang lebih tinggi dari standar lomba. Anda bisa membuatnya setinggi 9 atau 10 meter. Hal ini dimaksudkan untuk melatih burung merpati Anda agar dengan mudah untuk melewati tinggi 8 meter.

Untuk pengembangbiakkan, carilah burung merpati betina yang subur. Hal ini dapat dengan mudah untuk dilatih. Jika memungkinkan, dapatkan burung merpati betina yang memiliki warna yang berbeda. Burung merpati yang berbeda atau burung bule dapat dengan mudah dikenali. Bicara tentang perkembangbiakkan, jangan biarkan burung merpati mengerami telurnya hingga pecah. Ketika sang merpati mengerami telurnya sendiri, maka tenaganya akan berkurang. Ini akan menjadi hal yang tidak baik bagi burung merpati yang akan mengikuti kompetisi.

Cara Melatih Merpati Kolongan | John Oces | 4.5