Cara Melacak HP Android yang Hilang dalam Keadaan Mati

Kehilangan handphone merupakan hal yang sangat mengesalkan, entah itu karena terjatuh ataupun dicuri. Apalagi jika banyak sekali data penting yang terdapat di dalamnya seperti foto, nomor kontak, dan lain sebagainya. Jika handphone kita hilang dan sayangnya handphone kita dalam keadaan mati apakah kita bisa menemukannya?

Ada beberapa cara untuk bisa menemukan handphone android Anda yang hilang dengan menggunakan aplikasi seperti misalnya Android Device Manager, Google Maps, dan Samsung Kendali Jarak Jauh. Namun, ketiga aplikasi ini menuntut agar handphone android Anda yang hilang dalam keadaan terhubung ke internet. Artinya, jika handphone android Anda hilang dalam keadaan benar-benar mati, tentu akan sulit untuk menemukannya sekalipun jika Anda ingin melacak keberadaan handphone Anda menggunakan nomor IMEI. Karena dalam keadaan handphone mati, transmit signal tidak akan bisa terjadi. Jadi, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menelusuri secara manual lokasi-lokasi yang Anda lalui sebelum handphone Anda hilang.

Meski demikian, kita akan membahas bagaimana cara menemukan handphone android dengan ketiga aplikasi yang telah disebutkan tadi.

  1. Android Device Manager

Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang bersifat gratis dari Google yang dimaksudkan untuk mengetahui lokasi android kita dengan mudah. Untuk menggunakan aplikasi ini, handphone android Anda yang hilang tersebut harus terkoneksi ke akun Google Anda. Artinya, handphone Anda harus dalam keadaan hidup. Selain untuk mengetahui lokasi handphone Android Anda, aplikasi ini juga bisa melakukan wiping dan dering. Fitur remote control dalam keadaan jarak jauh dapat membunyikan handphone android dan menghapus data secara langsung.

  1. 2. Google Maps

                Location history yang terdapat dalam Google Maps bisa melacak setiap kegiatan dengan menggunakan GPS. Yang perlu Anda ingat adalah, pernahkah Anda mengaktifkan atau memberi akses kepada Google untuk melacak setiap tempat atau lokasi yang Anda kunjungi saat sebelum handphone android Anda hilang? Jika tidak, maka aplikasi ini tidak dapat membantu. Pada fitur location history ini, Anda akan diberikan informasi detail secara lokal maupun ketika pergi ke luar negeri. Pada aplikasi tersebut, kita akan melihat garis berwarna merah yang disebut track sebagai tanda saat kita bepergian lengkap dengan tanggal, waktu, jam, serta tempat tertentu yang terdaftar pada Google Map.

  1. Samsung Kendali Jarak Jauh

Jika handphone android Anda bermerek Samsung, maka Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk menemukan handphone Anda yang hilang. Dalam handphone android Samsung, terdapat fitur remote control yang disebut Find My Mobile. Aplikasi ini membuat kita bisa mengendalikan handphone android kita dari jarak jauh seperti misalnya melacak, mengunci, membunyikan, menghapus data hingga mengirim SMS secara otomatis setiap handphone android Anda berganti kartu SIM. Misalnya si pencuri atau orang yang menemukan handphone android kita yang jatuh mengganti-ganti kartu SIM dengan berbagai operator, fitur ini akan terus mengirimi Anda SMS asalkan orang tersebut tidak melakukan factory reset kepada handphone android Anda. Namun sebelumnya, Anda harus pernah mengaktifkan fitur Samsung kendali jarak jauh ini.

Demikian penjelasan mengenai cara melacak handphone android yang hilang. Semoga ketiga cara yang telah disebutkan di atas bisa membantu. Jangan pesimis dulu. Mungkin saja pencuri handphone Anda atau orang yang menemukan handphone Anda yang hilang itu sedang menyalakan handphone Anda sekarang dan Anda bisa melakukan cara-cara di atas untuk mengecek keberadaan handphone android Anda. Selamat mencoba.

Cara Melacak HP Android yang Hilang dalam Keadaan Mati | John Oces | 4.5