Cara Format HDD External ke FAT32 di Windows

Di Komputer

NTFS ke FAT32Anda berada di tempat yang tepat karena saya punya solusi ampuh cara merubah format harddisk external dari NTFS ke FAT32. Biasanya kan cuma ada opsi untuk memformat harddisk menggunakan format file NTFS saja. Dengan tutorial di bawah ini anda pasti bisa melakukannya bahkan untuk Harddisk external USB yang berukuran besar sekalipun atau HDD Firewire.

menguasaienglish

Kenapa harus format FAT32 bukan NTFS saja? kita tahukan kalo FAT32 low security dibanding NTFS? Sebenarnya ini bukan masalah keamanan tetapi lebih ke fungsinya. Kebanyakan yang mengconvert HDD External NTFS ke FAT32 adalah untuk keperluan agar bisa menyimpan data Game PS3. Jadi Savedata di Playstation 3 hanya bisa disimpan ke harddisk dengan format FAT32, jadi kalo beli HDD second bekas komputer (bukan dari konter PS), anda harus melakukan penyesuaian ini.

Format ke FAT32 dengan Tools Drive Khusus

Sebelum kita menggunakan metoda command prompt dan program pihak ketiga lainnya, perlu diketahui bahwa beberapa produsen harddisk telah menciptakan tool tersendiri untuk mengkonversi harddisk yang ukurannya lebih besar dari 32 GB untuk FAT32. Berikut softwarenya:

Seagate DiscWizard 

Western Digital FAT32 Formatting Tool

Format Harddisk External ke FAT32 menggunakan DOS

Buka program command window melalui Start, lalu Run dan ketik CMD.

Format Harddisk External ke FAT32 menggunakan DOS

Sekarang ketik perintah berikut:

format /FS:FAT32 X:

Ganti tulisan X dengan urutan HDD external anda di Windows. Proses windows akan memulai memformat drive dalam FAT32!

Format Harddisk External ke FAT32 menggunakan DOS1

Tampaknya juga menjadi masalah untuk beberapa user ketika menggunakan command line/baris perintah disamping masalah batas ukuran. Saya tidak yakin kenapa, saya sendiri pernah menunggu 5 jam proses ini tapi seluruh format ada yang gagal, bikin frustasi aja deh! Tips: jika format udah lebih dari 1 jam tapi belum kelar, coba salah satu metode di bawah ini.

Format ke FAT32 menggunakan Verbatim SmartDisk FAT32 Utility

Ada software utility gratis yaitu Verbatim FAT32 Tool yang mana mengijinkan anda tuk convert harddisk ke FAT32 dalam beberapa detik. Saya merekomendasikan sebuah program bernama SwissKnife, seperti yang saya sebutkan di bawah, tetapi tidak selamanya itu gratis dan gak perlu deh ngabisin duit $10 untuk mengkonversi harddisk dari NTFS ke FAT32. Ada banyak tool gratisan lainnya dan Verbatim ini adalah salah satu yang terbaik menurutku.

Download saja, unzip lalu langsung jalankan toolnya. Ini file EXE standalone, jadi anda gak perlu install di sistem. Kemudian pilih drive mana yang ingin diformat, berikan label/volume name dan klik Format Drive!

Format ke FAT32 menggunakan Verbatim SmartDisk FAT32 Utility

Program simple yang mudah digunakan dan bekerja dengan sangat baik. Jika anda tidak mau repot dengan command prompt, download dan gunakan saja tool gratis ini.

Format ke FAT32 menggunakan FAT32Format

FAT32Format adalah tool gratis lainnya yang bisa anda gunakan. Pilih drive, Allocation unit size, beri volume label, pilih apakah anda ingin mode quick format or tidak dan kemudian Start.

Format ke FAT32 menggunakan FAT32Format

Saya sarankan tidak mencentang Quick Format sehingga seluruh drive benar-benar ditimpa dan anda mulai dari awal. Saya sudah mencoba program ini dan ini dapat mengkonversi harddisk 1TB saya ke FAT32 tanpa masalah apapun. Meskipun ini memakan waktu lebih lama dari Verbatim, tapi saya tidak memilih Quick Format, yang mungkin akan menjadi lebih cepat.

Format ke FAT32 menggunakan FAT32Formatter

Opsi lainnya adalah FAT32Formatter program buatan Tokiwa. Menggunakan program ini, anda dapat melihat semua partisi yang berbeda dalam harddisk anda dan melakukan format hanya pada salah satu partisi ke FAT32 bukan seluruh drive. Lebih baik untuk tidak memiliki campuran partisi NTFS dan FAT32 dalam satu drive, tetapi anda dapat melakukannya jika anda menginginkannya untuk beberapa alasan. Dengan program ini tentu saja anda bisa melakukan itu semua.

Format ke FAT32 menggunakan FAT32Formatter

Format ke FAT32 menggunakan SwissKnife

SwissKnife adalah software kecil gratis yang bagus tuk digunakan, tapi sekarang tidak lagi, yang dapat anda gunakan untuk memformat berbagai jenis harddisk external seperti USB, Firewire, PCMIA, SATA dan SCSI. linknya menuju halaman CNET, yang masih memiliki versi lama gratis yang bisa anda download. Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat partisi pada harddisk external dan proses format lebih cepat daripada Windows.

Format ke FAT32 menggunakan SwissKnife

Dengan SwissKnife, anda mungkin mengalami masalah setelah konversi ke FAT32, free space HDD anda yang tersisa hanya sebagian kecil dari ukuran disk asli. Misalnya, jika anda memformat harddisk 1TB, anda mungkin melakukan konversi dan didapat free space 500 MB. Tenang saja, ini bisa diperbaiki dengan terlebih dahulu memformat drive dalam format NTFS dengan melakukan quick format.

Setelah anda memformat seluruh drive/harddisk menggunakan NTFS, pastikan untuk melihat free space tersedia di Explorer untuk memastikan ukurannnya sesuai aslinya. Setelah anda melakukan itu, gunakan SwissKnife untuk melakukan konversi ke FAT32.

Jadi lain kali jika anda ingin memformat harddisk ke FAT32 dan Windows hanya memberi anda pilihan untuk NTFS, pastikan untuk mengikuti salah satu metode yang disebutkan di atas. Selamat mencoba!

menguasaienglish

Tags: #Harddisk

author
Penulis: 
Perbaiki Sendiri Keyboard Laptop yang Rusak dengan Cara Ini
Perbaiki Sendiri Keyboard Laptop yang Rusak dengan Cara Ini
Pernahkan kamu ketika sedang bekerja dengan laptop
Cara Merawat USB Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak
Cara Merawat USB Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak
Siapa yang tidak kenal dengan USB Flashdisk,
  1. author

    Gustiawan2 bulan yang lalu

    Wah berguna banget mas. Ane ud coba pake harddisk 500gb dan berhasil. Lebih cepat pula dibanding cmd

    Balas

Tinggalkan pesan "Cara Format HDD External ke FAT32 di Windows"

Baca Juga×

Top