Cara Cek Saldo TCash

TCash adalah salah satu layanan Telkomsel yang memberi layanan uang elektronik. Dalam layanan ini, Anda bisa menyimpan uang Anda dan menggunakannya untuk berbagai transaksi. Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan layanan TCash karena Telkomsel sudah memiliki izin resmi dari Bank Indonesia untuk menyediakan layanan ini.

Jenis Layanan TCash

Bagi Anda pelanggan Telkomsel baik prabayar maupun pascabayar, Anda bisa menggunakan layanan TCash ini. Layanan TCash terdiri dari 2 jenis:

1. Basic Service. Pada layanan ini saldo maksimum Anda yaitu Rp 1.000.000 dan maksimum transaksi sebesar 20.000.000/ bulan.

2. Full Service. Pada layanan ini saldo maksimum Anda sebesar Rp 10.000.000 dan maksimum transaksi sebesar Rp 20.000.000/ bulan.

Kedua layanan TCash di atas bisa melakukan isi saldo, bayar dengan TAP, belanja online, dan bayar beli di HP. Tapi, untuk berbagi uang dan tarik saldo hanya bisa dilakukan oleh layanan TCash Full service.

Cara Mengaktifkan Layanan TCash

Bagaimana cara mengaktifkan layanan TCash? Anda bisa mengaktifkannya dengan menghubungi *800*88*6digitPin#. Jika Anda pengguna baru, Anda bisa menentukan Pin Anda sendiri. Lalu bagaimana jika kita ingin mengisi saldo? Anda bisa melakukannya di GraPARI terdekat, BCA, jaringan ATM bersama, Indomaret, Alfamart atau agen tertentu lainnya yang terdaftar dalam layanan TCash.

Cara Mengecek Saldo TCash

Jika Anda sudah mengaktifkan TCash Anda, lalu Anda ingin mengecek saldo TCash Anda, Anda bisa menghubungi *800#, lalu pilih cek/ isi saldo. Setelah itu, Anda akan menerima notifikasi yang memuat informasi saldo Anda saat ini. Untuk kemudahan dan tampilan yang lebih menarik, Anda bisa menggunakan aplikasi TWALLET. Sangat mudah bukan?

Layanan TCash TAP

Diatas sudah dijelaskan mengenai fungsi dari layanan TCash. Salah satunya adalah melakukan pembayaran TAP. Apa itu TCash TAP? TCash TAP adalah layanan dari TCash yang mengembangkan metode pembayaran TCash pada merchant fisik menggunakan media stiker dan EDC. Setiap transaksi melalui stiker ini, saldo akun TCash Anda akan terpotong. Stiker ini bisa Anda dapatkan di GraPARI terdekat. Semua pelanggan Telkomsel dapat menikmati layanan TCASH TAP. Namun ketersediaan merchant partner mungkin akan beragam, tergantung dari lokasi Anda. Stiker tersebut dijual seharga Rp 5.000 (termasuk PPN).

Jika Anda ingin menikmati fitur TCash TAP, Anda harus terdaftar sebagai pengguna TCash. Setelah itu dapatkan stiker TCash TAP di GraPARI Telkomsel. Setelah mendapatkan stikernya, tempelkan stiker tersebut pada handphone Anda. Lalu lakukan pengisian saldo (cash in) TCash di GraPARI, ATM bersama atau Merchant TCash. Terakhir, lakukan pembayaran dengan cara menyentuh (tap) stiker yang telah ditempelkan di handphone ke terminal reader (mesin EDC).

Saldo maksimal pada TCash TAP adalah Rp 1.000.000 untuk basic service dan Rp 5.000.000 untuk full service. Ketentuan lainnya yaitu:

1. Pada basic service, maksimal saldo TCash adalah Rp 1.000.000

2. Pada full service, maksimal saldo TCash adalah Rp 10.000.000

3. Maksimal transaksi adalah Rp 20.000.000/ bulan

4. Maksimal transfer adalah Rp 1.000.000/hari

5. Maksimal transfer Rp 1.000.000/ transaksi

6. Minimal transfer adalah sebesar Rp 10.000/ transaksi

Proses tap ke mesin EDC ketika melakukan transaksi harus dilakukan sekitar 3-5 detik hingga keluar bukti berhasil melakukan transaksi. Dan ingat, stiker harus ditempelkan di handphone Anda agar mempermudah pengecekan status transaksi dan penerimaan notifikasi SMS.

Cara Cek Saldo TCash | John Oces | 4.5