Cara Bermain Rubik 3×3

Rubik 3×3 termasuk ke dalam rubik standard. Rubik ini juga dikenal dengan sebutan rubik’s cube. Dalam dunia rubik, terdapat beberapa istilah yang perlu diketahui agar lancar dalam bermain rubik. Yang pertama adalah Center Pieces. Ini adalah sisi rubik yang hanya mempunyai 1 sisi warna. Semuanya berjumlah 6 dan letaknya ada di tengah sehingga dijadikan pusat untuk memutar sisi rubik. Yang kedua adalah Edge Pieces. Ini merupakan sisi rubik yang mempunyai 2 warna. Jumlahnya ada 12 dan terletak di bagian tepi yang digunakan untuk membatasi sisi yang satu dengan yang lainnya. Yang ketiga adalah Corner Pieces. Ini merupakan sisi rubik yang memiliki 3 warna. Ada 8 sisi ini yang terletak di bagian sudut. Istilah selanjutnya berhubungan dengan pergerakan rubik. R mempunyai arti Right atau kanan, L kependekan dari Left yang berarti kiri, U berasal dari Up berarti atas, D berarti Down atau ke bawah, F dari Front yang artinya depan, dan B untuk Back yang berarti belakang. Istilah disebut dimaksudkan sebagai petunjuk untuk pergerakan searah dengan jarum jam. Jika Anda menemukan istilah seperti R’, L’, U’, atau yang lainnya, itu berarti Anda harus memutar sisi rubik berlawanan dengan jarum jam.

Untuk memainkan rubik 3×3 ini, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Langkah-langkah yang akan dijalani tidak akan trlalu sulit, terlebih untuk pemula. Yang pertama adalah menyelesaikan first layer. Pada langkah ini, sisi depan adalah sisi berwarna putih. Cek kembali agar potongan-potongan rubik Anda berada di posisi yang benar. Setelah first layer selesai, tempatkan sisi putih sebagai sisi bawah dan sisi merah sebagai sisi atas. Langkah kedua adalah menyelesaikan second layer. Lapisan ini berada di tengah. Akan ada beberapa kasus yang membutuhkan alogaritma. Dalam langkah ini, 2 alogaritma yang dapat digunakan adalah U F’ R’ U’ R F R’ U R dan U’ F L U L’ F’ L U L’. Kedua alogaritma tersebut dapat digunakan untuk menukar posisi satu edge piece pada lapisan terakhir dengan posisi satu edge piece pada lapisan kedua.

Langkah ketiga adalah membuat cross. Akan dibutuhkan alogaritma seperti F U R U’ R’ F’ dan F R U R’ U’ F’ pada tahap ini. Keduanya dapat ditambahkan dengan notasi U seperti F U R U’ R’ F’ + U + F R U R’ U’ F’. Langkah keempat adalah memenuhi last layer. Hanya ada 1 alogaritma untuk menjawab kasus-kasus pada langkah ini yaitu R U R’ U R U2 R’. Langkah kelima adalah PPL atau membetulkan posisi sudut. Langkah ini juga hanya terdapat 1 alogaritma yaitu I U’ R D2 R’ U’ R’ D2 R2. Alogaritma ini untuk menukar 3 posisi corner pieces pada lapisan terakhir tanpa membuyarkan orientasinya. Langkah terakhir adalah membetulkan posisi tepi. Pada bagian ini, Anda akan membetulkan posisi edge pieces dan menyelesaikan seluruh bagian rubik.

Bagaimana cara bermain rubik 3×3 ini? Apakah terdengar mudah? Ikuti langkah-langkahnya dengan baik dan seksama. Lakukan secara perlahan agar Anda menjalankannya dengan benar. Dalam bermain rubik, diperlukan kecerdasan dan kesabaran. Jangan pernah menyerah jika terdapat kesukaran. Ulangi kembali dan terus mencoba hingga Anda berhasil menyelesaikan rubik 3×3 ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Cara Bermain Rubik 3×3 | John Oces | 4.5