Cara Autentikasi Akun Google

Apakah Anda pernah mengalami Play Store di smartphone Anda tidak bisa dibuka dan perlu autentikasi akun Google? Pertama mungkin Anda merasa bingung karena saat Anda melihat sinyal di smartphone Anda baik-baik saja dan tidak sedang mengalami gangguan. Saat Anda membuka aplikasi di Google Play Store tiba-tiba muncul seperti ini, “Authentication is required. You need to sign into your Google Account. Try Again”. Jika Anda menemukan pesan tersebut, Anda jangan terburu-buru memutuskan untuk membuat email baru untuk mengganti email yang sudah terhubung di Google Play saat ini di smartphone Anda. Kenapa demikian? Karena sesungguhnya ada beberapa cara untuk menyelesaikan masalah tersebut.

  1. Cara pertama, Anda bisa mengautentikasi akun Google Anda dengan menghapus cache data di Play Store. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  2. Masuklah ke “Pengaturan” smartphone Anda atau “Setting”.
  3. Pilihlah “Aplikasi” atau “Manager aplikasi”. Jika smartphone Anda Xiaomi MIUI 8, pilihlah “Aplikasi terinstal”.
  4. Pada bagian “Semua”, pilihlah “Google Play Store”
  5. Langkah selanjutnya, pilihlah “Hapus data” dan “Hapus cache”
  6. Setelah itu, matikan smartphone Anda dan kemudian nyalakan lagi. Buka aplikasi Play Store dan mulailah mendownload.
  7. Cara kedua, Anda bisa mengautentikasi akun Google Anda dengan cara menghapus cache data di Google Play Service. Hal ini bisa Anda lakukan jika cara pertama di atas belum berhasil. Langkah-langkah cara menghapus cache data di Google Play Service adalah sebagai berikut.
  8. Masuklah ke “Setting” atau “Pengaturan” di smartphone Anda seperti yang Anda lakukan di cara pertama di atas.
  9. Pilihlah “Aplikasi” atau “Manager aplikasi”
  10. Pada bagian “Semua”, pilihlah aplikasi “Layanan Google Play”.
  11. Setelah itu, lakukan “Hapus data” dan juga “Hapus cache”.
  12. Jika sudah selesai, matikan smartphone Anda lalu nyalakan lagi. Cobalah buka dan download aplikasi di Play Store.
  13. Cara yang ketiga untuk mengautentikasi akun Google Anda yaitu dengan menghapus akun Google Play Store. Proses penghapusan yang dimaksud adalah bukan penghapusan akun secara permanen. Anda hanya akan keluar untuk kemudian masuk lagi ke Android untuk proses autentikasi. Bagaimana cara melakukan proses ini? Berikut langkah-langkahnya.
  14. Masuklah ke “Setting” atau “Pengaturan” atau juga “Setelan”.
  15. Setelah itu, pilihlah “Akun lain”.
  16. Jika sudah, kliklah “Google”. Di sini Anda akan menghapus Gmail.
  17. Lalu, Anda akan melihat daftar e-mail. Jika di sana terdapat banyak alamat e-mail, pilihlah alamat e-mail yang Anda gunakan untuk masuk ke Play Store. Namun, jika di sana hanya terdapat satu e-mail saja, Anda bisa langsung memilih e-mail tersebut.
  18. Langkah selanjutnya, lihatlah di bagian paling bawah. Di sana Anda akan melihat tombol “Lainnya” yang icon-nya biasanya berupa titik tiga. Sentuh tombol tersebut.
  19. Setelah menyentuh tombol tersebut, maka akan muncul “Hapus akun”. Klik tombol tersebut.
  20. Setelah itu akan muncul konfirmasi penghapusan. Klik “Hapus akun”.
  21. Jika sudah selesai, masukkan Gmail Anda lagi seperti ketika Anda mendaftar akun baru. Perbedaannya, Anda akan login atau masuk dengan akun yang sama. Jika Anda mengalami lupa password, Anda bisa meresetnya terlebih dahulu dengan nomor telepon pemulihan.

Begitu mudah, bukan? Anda tinggal pilih salah satu cara di atas atau jika cara pertama belum berhasil, Anda bisa cara kedua atau cara ketiga. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Cara Autentikasi Akun Google | John Oces | 4.5