Bingung Memilih Antara Sewa Apartemen atau Sewa Rumah Kost

Di Properti

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dsk, kost-kosan menjadi salah satu pilihan favorit sejumlah kaum urban modern. Alasannya? Jarak yang dekat dengan tempat kerja atau tempat beraktivitas sehari-hari, biasanya menjadi alasan utama masyarakat kota memilih untuk tinggal di rumah kost. Selain itu juga, dari segi biaya lebih efisien juga menjadi pertimbangan mereka. Harga sewa rumah kost tentu saja relatif lebih murah jika dibandingkan dengan mengontrak sebuah rumah. Dengan budget pengeluaran yang minimalis, maka sebagian gaji Anda pun bisa ditabung untuk keperluan lainnya.

menguasaienglish

Namun tidak bisa dipungkiri, banyak juga aspek yang terlupakan jika Anda hanya terlalu fokus pada biaya sewa saja. Akibatnya Anda akan cenderung menutup diri dari opsi tempat tinggal yang lain selain kost-kosan, seperti Apartemen misalnya. Sekilas memang bagi kalangan bawah memilih properti jenis ini dirasa tak akan terjangkau dari sisi finansial. Tapi, tidak ada salahnya untuk sekedar mempertimbangkan dan mengetahui fasilitas apa saja yang bisa Anda dapatkan jika memilih untuk menyewa sebuah apartemen. Fasilitas atau kelebihan tersebut tentu tidak akan Anda dapatkan jika Anda memilih tinggal di sebuah rumah kost

Apa sajakah itu?, Tips dani akan membagikannya untuk Anda yang mungkin saat ini sedang galau diantara dua pilihan untuk memilih antara apartemen atau rumah kost.

Lokasi yang strategis

Sangat berbeda dengan kost-kosan yang lokasinya kebanyakan berada di pinggiran kota, lokasi apartemen umumnya dibangun di tengah-tengah kota atau pusat kota. Maka sangat lazim jika kita menemukan sebuah apartemen yang lokasinya sangat dekat dengan kawasan perkantoran, mall atau pusat perbelanjaan, pusat-pusat hiburan, serta berbagai fasilitas penunjang gaya hidup masyarakat modern. Akses yang lebih mudah dan terbebas dari kemacetan. Bandingkan saja apabila Anda tinggal di sebuah kost-kosan yang terletak di pinggiran kota. Maka otomatis jarak yang harus Anda tempuh setiap hari pulang-pergi ke kantor akan lebih lama, belum lagi tingkat stres di jalan cenderung lebih tinggi, yang tentunya cukup jauh juga dari titik-titik lifestyle modern.

Kemudahan akses transportasi

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, karena lokasi sebuah apartemen biasanya berada di kawasan-kawasan utama jantung kota, maka akses transportasinya pun jauh lebih gampang dan cepat pula. Sehingga Anda pun tidak perlu mengalokasikan biaya tambahan hanya untuk transportasi. Belum lagi Anda dapat menghemat waktu karena dapat dengan mudah pergi ke tempat kerja dalam waktu yang singkat.

Furniture lengkap

Sebagian apartemen ditawarkan dengan fully–furnished (dilengkapi perabotan), dan sebagian lainnya semi–furnished. Dengan demikian, Anda tak perlu lagi mengalokasikan dana untuk sekedar membeli barang perabotan ini dan itu. Sehingga Anda bisa menikmati fasilitas furniture yang berkualitas dengan dilengkapi tempat tidur, lemari, sofa, AC, meja makan, bahkan LED TV, dsb. Kaku Anda bandingkan dengan kost-kosan, yang hanya menyewakan kamar saja tanpa ada apapun di dalamnya. Kalaupun misalnya tersedia berbagai fasilitas seperti perabotan, tentulah harganya akan cenderung tinggi, bahkan mungkin saja dengan harga sewa sebuah apartemen.

Fasilitas keamanan

Sebuah apartemen umumnya telah dilengkapi dengan beberapa kamera pengawas atau CCTV, sekaligus adanya personil sekuriti yang berjaga 24 jam penuh. Alhasil tentu saja rasa aman yang diberikan kepada semua penghuninya jauh lebih baik daripada tinggal di sebuah kost-kosan. Bahkan setiap kali Anda membutuhkan bantuan, pihak sekuriti akan selalu siap membantu Anda. Dan yang paling penting Anda bisa menyeleksi setiap tamu-tamu yang datang berkunjung, hanya yang benar-benar Anda kenal dan penting saja, sehingga Anda akan terhindar dari orang-orang yang tidak Anda kenal, ataupun orang yang berniat jahat.

Pemandangan indah

Gemerlap kehidupan di kota-kota besar selalu nampak lebih indah berkilau di malam hari. Pemandangan seperti ini hanya bisa Anda temukan dengan tinggal di sebuah lantai apartemen, apalagi jika kamar Anda berada di lantai atas sebuah apartemen. Pemandangan di jendela kamar Anda akan terasa lebih luas, dengan latar belakang cakrawala serta gemerlap kehidupan kota. Sesuatu yang tak akan bisa Anda dapatkan jika Anda hanya tinggal di sebuah rumah kost, yang umumnya berlokasi di sebuah gang sempit serta deretan rumah-rumah yang dibangun secara berdempetan.

Fasilitas air dan listrik

Jika Anda tinggal di sebuah apartemen, Anda tidak perlu lagi memikirkan tentang air dan listrik. Seperti kita tahu bahwa di Indonesia pasokan air bersih dan listrik masih menjadi barang yang mahal terutama di kota-kota besar. Belum lagi kita harus membayar tagihan air dan listrik di tempat yang berbeda setiap bulannya. Ini jelas sangat tidak efisien dan menghabiskan waktu, apalagi bagi Anda yang sangat sibuk. Dengan memilih tinggal di sebuah apartemen, maka seluruh urusan Anda tentang air dan listrik berikut tagihannya sudah beres, atau Anda hanya tinggal pakai saja.

Jasa kebersihan

Setiap hunian atau tempat tinggal semestinya tidak hanya dihuni begitu saja, melainkan haruslah dirawat agar nyaman. Jika Anda tinggal di sebuah rumah kost, mungkin setiap akhir pekan atau weekend biasanya waktu Anda hanya akan dihabiskan untuk membersihkan kost-kosan dari berbagai sampah, dan lainnya. Tapi tidak dengan apartemen, karena sejumlah manajemen apartemen telah menyediakan jasa perawatan kebersihan, yang akan menyapu, membersihkan, menyedot debu-debu, menyikat toilet, dsb. Jadi waktu luang Anda tidak akan habis percuma hanya untuk sekedar membersihkan kamar.

Demikian tips pembahasan mengenai perbandingan antara sewa rumah kost dengan sewa apartemen. Semua keputusan tergantung Anda sendiri, saya hanyalah memberikan referensi saja. Mudah2an sedikit membantu Anda yang saat ini mungkin sedang bingung menetukan tempat tinggal atau hunian mana yang akan dipilih.

Semoga bermanfaat.

menguasaienglish

author
Penulis: 
Tips Merenovasi Rumah Dengan Anggaran Yang Terbatas
Tips Merenovasi Rumah Dengan Anggaran Yang Terbatas
Rumah merupakan istana bagi para pemiliknya, sehingga
Cara Untuk Mempermudah Pengajuan Kredit Pemilikan Rumah Kepada Bank
Cara Untuk Mempermudah Pengajuan Kredit Pemilikan Rumah Kepada Bank
Setiap manusia tentunya butuh rumah, itu sudah

Tinggalkan pesan "Bingung Memilih Antara Sewa Apartemen atau Sewa Rumah Kost"

Baca Juga×

Top